SUP IGA



Bismillahirrohmanirrohim

Haloo...apa kabar? In shaa Allah semoga sehat-sehat aja ya. Dalam bulan ini saya akan sangat-sangat slow response. Postingan saya di bulan ini juga sebenarnya adalah hasil dapur saya bulan lalu. Jadi mohon maaf ya kalau postingannya kok gak nambah-nambah, atau komen, WA dan inbox yang lamaa banget balasnya. In shaa Allah as soon as possible segera saya reply. Mohon pengertiannya ya. 

Sup iga ini adalah salah satu menu yang saya buat bulan lalu untuk keluarga saya. Entahlah yang namanya olahan iga kok ya belum ada bosennya. Mulai dari asem-asem iga, rawon iga, iga bakar...pasti deh laris manis. Waktu mudik lebaran kemarin, saya mampir di salah satu rumah makan yang beken dengan olahan iga dan sup buntut di Pekalongan, yaitu rumah makan Bu Leman. Aduduuuh....semua menunya endes pisan. Iga-nya juga empuk banget jadi anak-anak gampang maemnya. Rasanya sebanding banget lah dengan harganya hihihi. Nah karena teringat dengan sup iga Bu Leman, jadi saya bikin juga lah sup iga di rumah. Sup iga ini sebenarnya sama aja dengan sup buntut atau bahkan sup daging sapi. Bikinnya juga gampang, asal sabar nungguin iga empuk. Kalau mau praktis sebenarnya bisa dipresto, tapi menurut saya lain rasanya apabila dibandingkan dengan yang dimasak lama di atas kompor. Untuk sayuran pelengkapnya, biasanya juga lebih simpel apabila dibandingkan dengan sup biasa. Saya hanya menggunakan wortel dan kentang. Monggo kalau ingin menambahkan kubis, kol atau bahkan makaroni.




Untuk pelengkap sup iga ini, saya hanya membuat sambal kecap. Biar lebih segar, kucuri kuah sup dengan air jeruk nipis. Subhanallah...enak bangeeet.

SUP IGA

Bahan :
1 kg iga sapi, potong-potong
2 liter air atau tambahkan bila perlu
2 kentang, potong-potong
2 buah wortel, potong-potong
1/2 bawang bombay, cincang halus
5 siung bawang putih, cincang halus
1 butir pala, parut
1/2 sdt merica butiran, haluskan
2 batang seledri, diikat
2 helai daun bawang, potong-potong
garam dan gula pasir secukupnya
1 sdm minyak untuk menumis

Pelengkap :
bawang goreng
sambal kecap
air jeruk nipis
irisan seledri

Cara Membuat :
1. Rebus iga sapi dengan hingga setengah empuk.
2. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum kemudian masukkan ke dalam rebusan iga. 
3. Masukkan wortel dan kentang, bumbui dengan merica, pala, garam dan merica bubuk. Masak dengan api kecil hingga iga empuk. Apabila air menyusut dan iga belum empuk, bisa ditambahkan air sedikit demi sedikit dan sesuaikan lagi bumbunya ya.
4. Masukkan seledri, masak kembali hingga benar-benar empuk.
5. Menjelang diangkat, masukkan potongan daun bawang. Matikan api.
6. Sajikan hangat dengan pelengkap.






Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi buah dan sayur untuk "balance" ya. Jadi sesekali boleh laah makan makanan seperti ini, asal gak tiap hari lho ya. Olahraga tentunya juga penting. Btw...ada yang nanya olahraga saya apa siih? Karena saya udah gantung raket, jadi sekarang olahraganya cukup jalan kaki keliling kebun plus gowes sepeda statis sambil browsing atau BBM an di depan TV hahaha. Seriuuus...itu udah bikin berkeringat dan badan segar.

Happy Cooking...

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »