APPLE BREAD PUDDING



Bismillahirrohmanirrohim

Yang namanya makanan favorit itu pasti sering bikin dan sering diposting...ahahaha. Itu mah saya aja kali ya. Sering bikin dan sering difotoin karena favorit banget. Salah satunya adalah bread pudding ini, terutama bread pudding yang pakai apel alias apple bread pudding. Kalau gak salah ini adalah postingan apple bread pudding yang ke-3 di blog ini. Hadeeeh...kaya gak ada postingan lainnya aja ya, sampai si pudding ini harus muncul berkali-kali hihihi. Harap maklum yaa.

Kalau udah jadi favorit, biasanya mah saya tetap nekad aja bikin walau bahannya kurang. Seperti halnya apple bread pudding ini. Biasanya kalau bebikinan pakai apel, yang jadi bahan pendamping wajib bagi saya adalah kayu manis dan gula palem. Suka banget dengan aroma dari perpaduan apel, kayu manis dan gula palem. Tapi kali ini saya terpaksa skip gula palem karena memang lagi gak punya. Tetap nekad bikin dan ternyata hasilnya enak juga tuh. Entahlah ini pendapat obyektif atau subyektif...( haduuh bahasanya >_<). Maklum bisa jadi untuk hal-hal favorit bagi saya cuma ada kata enak dan enak sekali hihihi. Mulai deh...ngelantur kemana-mana.






Kebetulan saya juga tidak punya krim kental atau whipcream bubuk, jadi saya pakai full susu cair. Roti tawarnya juga cuma ada 6 lembar karena yang 4 lembar sudah dimakan pak suami dan anak-anak hehehe. 

APPLE BREAD PUDDING

Bahan :
6 lembar roti tawar, potong kotak
500 ml susu cair
90 gr gula pasir
3 butir telur
2 kuning telur
2 sdm butter / margarin leleh
kayu manis bubuk secukupnya untuk taburan

Bahan Filling / Topping Apel :
3 buah apel, kupas dan iris tipis
1 sdt air lemon atau air jeruk nipis
70 gr gula pasir
1 sdt kayu manis bubuk
1 sdm maizena

Cara Membuat Filling dan Topping Apel :
1. Campurkan apel dan air lemon. Aduk hingga rata kemudian masukkan gula pasir dan kayu manis bubuk. Aduk rata kembali.
2. Simpan ke dalam lemari es kurang lebih selama 15 menit hingga keluar juice-nya atau berair kemudian taburi dengan maizena. Aduk rata.
3. Panaskan apel beserta juice-nya di atas api kecil hingga mengental dan apel agak lunak. 
4. Angkat dan siap digunakan.

Cara Membuat Bread Pudding :
1. Panaskan oven 160'C, siapkan pinggan tahan panas, oles tipis dengan butter atau margarin. Siapkan pula loyang lebar untuk proses steam bake.
2. Dalam bowl, campurkan susu, gula, telur dan butter leleh. Aduk rata menggunakan whisker.
3. Tata potongan roti di dasar pinggan, siram dengan sebagian campuran susu. Biarkan sejenak hingga meresap kemudian tata sebagian apel di atasnya.
4. Tata kembali sisa roti di atas apel dan siram kembali dengan sisa campuran susu. Biarkan meresap.
5. Beri topping apel di atasnya dan taburi kayu manis bubuk.
6. Panggang dengan cara steam bake atau au bain marie, yaitu pinggan diletakkan di atas loyang yang berisi air panas. Panggang hingga set kurang lebih selama 40 menit. 
7. Angkat dan siap disajikan hangat atau dingin.






Happy Baking...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »