OSENG PARE TERI MEDAN



Bismillahirrohmanirrohim

Olahan pare sebenarnya tidak termasuk dalam "list" masakan favorit saya. Bisa dibilang saya belum bisa menikmati makan pare, tapi suka atau tidak suka saya harus bisa bikinnya karena suami saya sangat suka dengan olahan pare. Biasanya saya mengolah pare dengan membuat oseng kering seperti ini atau dimasak dengan memakai santan. Sebenarnya suami saya juga sudah berusaha untuk "merayu" saya untuk mencoba menikmati pare, tapi saya-nya aja yang belum tertarik hihihi. Jadi biar kata suami saya, masakan saya ini enak tapi sebenarnya saya mah gak tau rasanya >_<

Lumayan lama juga saya gak bikin olahan pare, kayanya ada deh 2 bulan. Maklum selama Ramadhan kemarin, saya juga gak masak pare sama sekali. Kebetulan ada pare di tukang sayur, jadi lah saya bisa mengolah pare spesial untuk pak suami. Bikinnya pun juga gak banyak dan masih saya bagi-bagi dengan mbak yang bantu-bantu di rumah.







Bikinnya cukup iris-iris aja ya, tanpa harus uleg menguleg, jadi memang simpel banget . Bumbu irisnya juga kira-kira aja ya, disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau suka yang manis, tinggal tambahkan kecap manisnya aja. Monggo...sesuai selera aja.

OSENG PARE TERI MEDAN

Bahan :
500 gr pare, buang bijinya dan iris tipis
7 butir bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
3 cabe merah besar, iris serong
6 cabe rawit, iris halus
1 ruas lengkuas, memarkan
2 helai daun salam
1 buah tomat, belah 6
30 gr teri medan goreng
2 sdm kecap manis
1/2 sdt kecap ikan
50-100 ml air
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
3 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Remas-remas irisan pare dengan garam. Sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan lengkuas, daun salam, tomat, cabe merah dan cabe rawit. Aduk hingga rata.
3. Masukkan irisan pare, bumbui dengan kecap manis, kecap ikan, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk hingga rata.
4. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dan biarkan sebentar hingga pare matang dan bumbu meresap.
5. Test rasa hingga sesuai selera kemudian masukkan teri medan goreng. Aduk hingga rata.
6. Angkat dan sajikan.

Happy Cooking ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Saturday, 15 August 2015 at 10:21:00 GMT+7 delete

Pengen nyoba makan pare tapi masih kebayang rasa pahitnya, kalo diolah begini masih pahit ngk mba Nina ?

Reply
avatar
Friday, 21 August 2015 at 04:46:00 GMT+7 delete

Masih kerasa pahitnya Sashy, makanya aku juga belum bisa tuh maemnya. Tapi katanya sih udah gak begitu pahit

Reply
avatar