KEMBANG GOYANG



Bismillahirrohmanirrohim

Repost lagi ya...masih belum sempat mindahin file foto. Udah beberapa kali posting tentang kembang goyang dan saya ternyata masih belum bosan fotoin kembang goyang ini heuheuheu. 
Kembang goyang, ada juga yang menyebutnya antari, mata'ari, matahari, kuih goyang atau bahkan bunga ros. Macam-macam ya namanya. Saya senang banget dengan jajanan tradisional ini, rasanya gurih manis dan teksturnya renyah. Bikin nagih deh pokoknya. Kembang goyang ini juga selalu bikin saya penasaran karena tiap bikin kok ya gak bisa cantik ya. Kalau soal rasa sih saya udah ngerasa pas, tapi ya itu kok ya gak bisa mulus.

Kembang goyang ini salah satu jajanan yang saya buat waktu Ramadhan kemarin. Bikin sedikit aja, itu juga gara-gara liat cetakan kembang goyang di laci dapur. Hasilnya sih masih tetap aja kurang cantik, tapi lumayanlah buat tombo pengen hihihi.






Resepnya saya tuliskan lagi disini ya

KEMBANG GOYANG

Bahan :
250 gr tepung beras
350 ml santan
2 butir telur, kocok lepas
5 sdm gula pasir
1/2 sdt garam halus
1 sdm wijen putih
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
1. Campur tepung beras, gula pasir dan garam halus. Aduk hingga rata.
2. Tuangkan kocokan telur dan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata kemudian saring. Masukkan wijen putih, aduk rata. 
3. Panaskan minyak, celupkan cetakan kembang goyang hingga panas. Celupkan cetakan ke dalam adonan kemudian masukkan kembali ke minyak panas sambil digoyang-goyangkan hingga terlepas dari cetakan. Goreng dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan.
4. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin baru disimpan di dalam wadah kedap udara.

Notes :
1. Pastikan cetakan dalam keadaan panas ketika dicelupkan ke adonan. Cetakan yang dingin menyebabkan adonan tidak menempel pada cetakan. 
2. Adonan yang tidak menempel pada cetakan bisa juga disebabkan karena adonan terlalu cair, jadi masukkan santan sedikit demi sedikit aja ya.
3. Pemakaian gula yang terlalu banyak mengakibatkan kembang goyang mudah gosong.
4. Goreng kembang goyang dalam minyak yang cukup banyak agar matang dan kering merata.
5. Jangan menumpuk kembang goyang ketika ditiriskan karena bisa menyebabkan kembang goyang terlalu berminyak


Ini foto versi terangnya yaaa...biar keliatan taburan wijennya hehehe.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Tuesday, 11 August 2015 at 17:39:00 GMT+7 delete

Namanya unik... :)

Bisa dicoba nanti di rumah :)

ditunggu kunjungan baliknya :)

Reply
avatar