CHURROS WITH CHOCOLATE SAUCE



Bismillahirrohmanirrohim

Kemarin saya bikin baked churros untuk cemilan di rumah dan baru ingat kalau saya masih punya foto churros yang belum diposting. Kalau baked churros-nya memang belum bisa diposting sekarang karena fotonya masih duduk manis di kamera dan belum diapa-apain...huhuhu...lagu lama bund!!

Pastinya udah pada tau churros kan, karena cemilan yang satu ini emang lagi happenin' banget dan dengan mudah ditemui di berbagai mall. Biasanya churros dijual dengan aneka pilihan topping, mulai dari topping original yang berupa taburan gula halus dan kayu manis sampai dengan aneka saus yang menggugah selera. Kalau bagi saya, churros itu ya sus goreng hihihi. Setidaknya itu yang familiar bagi saya sejak saya kecil, karena dulu Mama sering membuat sus goreng ini.




Churros yang saya buat ini sebenarnya resepnya sama aja dengan resep sus yang biasa saya pakai. Biasanya setiap membuat churros saya menggunakan tepung terigu protein tinggi agar teksturnya lebih kokoh dan tidak mudah "layu" walaupun sudah dingin. Bagi saya, churros itu paling nikmat dimakan hanya menggunakan taburan gula halus, seperti yang dulu Mama sering bikin, tapi anak-anak suka sekali dengan saus coklat. Jadi untuk pelengkapnya kali ini saya membuat saus coklat. Tadinya sih saya pengen bikin churros yang imut-imut, tapi udah bongkar-bongkar kotak spuit kok ya gak ketemu spuit bintang yang kecil. Jadilah churros kali ini lumayan besar hahaha. Alhamdulillah...lumayan sekali untuk camilan keluarga di rumah.

CHURROS

Bahan :
125 gr margarin
200 ml air
1/4 sdt garam
1 sdm gula pasir
150 gr tepung terigu protein tinggi
3 butir telur ukuran besar 
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
1. Masak margarin, garam, gula dan air hingga mendidih. Masukkan terigu yang sudah diayak kemudian aduk rata memakai sendok kayu hingga kalis. Matikan api dan biarkan hangat.
2. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata. Matikan mixer.
3. Tuang adonan ke dalam plastik segitiga yang sudah diberi spuit bintang.
4. Panaskan minyak, spuit memanjang churros ke dalam wajan dan goreng hingga berwarna coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.

CHOCOLATE SAUCE

Bahan :
100 gr dark cooking chocolate, cincang
1/2 cup susu cair
2 sdm gula palem
1 sdm unsalted butter
1/2 sdm maizena

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan dan rebus dengan api kecil hingga coklat leleh dan meletup-letup.
2. Dinginkan dan siap digunakan sebagai pelengkap.

Notes :
- Agar churros bisa lurus, gunakan wajan datar yang lebar.
- Goreng churros dalam minyak yang cukup banyak menggunakan api sedang agar matang sempurna.




Selamat mencoba....semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Tuesday, 25 August 2015 at 11:16:00 GMT+7 delete

waaaah camilan yang lagi kekinian ya bun hehe mau nyoba deh nanti waktu liburan :D

Reply
avatar