SAMBAL GORENG KENTANG ATI AMPELA



Bismillahirrohmanirrohim

Sambal goreng kentang ati ampela ini salah satu menu favorit yang biasanya ada di meja makan kita saat lebaran kan ya. Tapi bagi saya, bikin sambal goreng gak perlu nunggu lebaran, kelamaan donk secara saya hoby banget sama sambal goreng. Biarpun bikinnya ribet, tapi yang namanya hoby ya diniatin aja. Gimana gak ribet, karena harus goreng kentangnya dulu, trus kalau pakai ati ampela harus ngerebus sampai empuk dan digoreng lagi. Bumbunya juga harus dihaluskan, gak bisa diiris-iris kan hihihi. Tapi kan bisa disambi tuh ya, misalnya goreng kentang kan lama dan kita bisa menyiapkan bumbu halusnya. Atau malah bisa bikin masakan lainnya euy.

Kalau resep sambel goreng kentang, pastinya udah pada bisa donk ya. Tapi gak apa-apa ya, saya tulis lagi disini walaupun dulu-dulu juga kayanya udah pernah nulis juga beberapa kali.

SAMBAL GORENG KENTANG ATI AMPELA

Bahan :
500 gr kentang, cuci bersih, potong dadu dan goreng
250 gr ati ampela, rebus hingga empuk kemudian goreng dan potong-potong
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, memarkan
300 ml santan kental
2 sdm kecap manis (optional)
garam, merica dan gula secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
100 gr cabe merah besar
5 cabe rawit
1 sdm gula pasir
1 sdt garam

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan daun salam dan lengkuas. Aduk hingga rata.
2. Masukkan ati ampela, aduk-aduk hingga rata.
3. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk, bumbui lagi hingga sesuai selera dan masak hingga mendidih.
4. Masukkan kentang goreng, aduk hingga rata dan masak hingga santan menyusut dan bumbu meresap.
5. Matikan api, sajikan dengan taburan bawang goreng.

Pelengkapnya opor ayam atau sayur lodeh...Alhamdulillah nikmat. Kalau gak pas puasa, biasanya saya jadikan pelengkap lontong sayur. Pas banget deh...bisa bikin nambah-nambah hihihi.




Happy Cooking ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »