KLAPPERTAART WITH LOCK & LOCK OVEN GLASS STEAM HOLE



Bismillahirrohmanirrohim

Klappertaart adalah salah 1 dessert favorit keluarga saya. Pada saat bulan Ramadhan seperti ini, klappertaart selalu ada dalam daftar request keluarga saya. Klappertaart dikenal sebagai kue khas dari Manado yang berbahan dasar kelapa, tepung, susu, mentega dan telur. Konon resep dasar klappertaart mendapat pengaruh dari makanan Belanda.

Klappertaart mempunyai tekstur yang lembut dengan isian berupa irisan kelapa muda yang berlimpah. Saat ini terdapat berbagai macam varian klappertaart, misalnya klappertaart dengan rasa coklat, durian, jeruk, pandan, cappuccino dan tentu saja versi originalnya. 




Kebetulan sekali, sekarang saya punya LOCK & LOCK Oven Glass Steam Hole yang bisa saya gunakan untuk membuat klappertaart favorit keluarga. LOCK & LOCK Oven Glass Steam Hole terbuat dari material borosilicate yaitu material heat resistant yang tahan panas sehingga aman digunakan dan tidak akan pecah karena perbedaan suhu panas ataupun dingin. Jadi LOCK & LOCK Oven Glass Steam Hole ini berbeda lho dengan produk yang memakai "tempered-glass" yang rawan meledak sehingga berbahaya apabila digunakan untuk peralatan makan ataupun memasak.




LOCK & LOCK Oven Glass Steam Hole juga dilengkapi dengan tutup silikon berwarna cerah dengan karakter smile yang ceria. Tuuh...keren kan. Bentuknya yang cantik membuat LOCK & LOCK Oven Glass Steam Hole ini bisa langsung digunakan untuk menyajikan makanan tanpa perlu memindahkannya lagi. Jadi hemat gak perlu cuci wadah banyak-banyak kan yaa.

Resep klappertaart yang saya pakai ini sebenarnya sama dengan yang pernah saya posting sebelumnya. Kali ini saya membuat 2 versi, yaitu versi original dan versi coklat. Untuk versi coklat saya menambahkan dark cooking chocolate pada adonannya, jadi klappertart-nya terasa banget coklatnya.

KLAPPERTAART

Bahan :
1 liter susu
50 gr tepung terigu
50 gr tepung custard
50 gr maizena
200 gr gula pasir
6 kuning telur
150 gr margarin / butter
1 sdt vanilla
100 gr dark cooking chocolate (bila ingin membuat versi coklat)
3 buah kelapa muda, keruk dagingnya

Topping :
6 putih telur
1 sdm air jeruk nipis
4 sdm gula pasir
2 sdm tepung terigu
kayu manis bubuk
almond slice
chocochips
bisa juga memakai kismis

Cara Membuat :
1. Larutkan tepung terigu, tepung custard, maizena dan telur dengan sebagian susu. Aduk hingga rata hingga benar-benar halus dan tidak bergerindil. Sisihkan.
2. Masak sisa susu bersama gula pasir kemudian masukkan campuran larutan tepung. Aduk hingga dasar panci hingga mengental dan meletup-letup. Matikan api.
3. Masukkan margarin / butter serta cooking chocolate apabila ingin membuat versi coklat. Aduk hingga margarin dan coklat larut serta tercampur rata.
4. Masukkan vanilla dan kelapa muda. Aduk hingga rata.
5. Tuang ke dalam LOCK & LOCK Oven Glass Steam Hole dan panggang dengan cara steam bake suhu 170'C selama kurang lebih 15 menit.
6. Topping : Kocok putih telur dan air jeruk nipis hingga berbusa. Masukkan gula pasir halus dan kocok hingga kaku (soft peak). Masukkan terigu dan aduk rata menggunakan spatula.
7. Keluarkan klappertaart dari oven, semprotkan adonan topping hingga cukup tinggi. Taburi kayu manis bubuk dan beri almond slice atau chocochips.
8. Panggang kembali hingga topping berwarna kecoklatan/
9. Angkat dan dinginkan.

Notes :
- Pastikan mengaduk klappertaart hingga dasar panci agar adonan yang ada di bawah tidak gosong.
- Panggang dengan cara steam bake / au bain marie adalah proses memanggang di atas air. Wadah yang berisi adonan diletakkan di dalam loyang yang sudah diisi dengan air panas hingga. Teknik memanggang dengan cara ini membuat tekstur kue menjadi lebih lembut.
- Apabila di tengah proses pemanggangan, air dalam loyang habis tetapi klappertaart belum matang, bisa ditambahkan lagi air panas secukupnya.
- Pengocokan putih telur untuk topping cukup hingga "soft peak", yaitu ketika gagang mixer diangkat, adonan akan membentuk jambul melengkung. Semprotkan topping hingga cukup tinggi karena setelah proses pemanggangan, topping akan sedikit "turun"


Tekstur bagian dalam klappertaar yang lembut


 Klappertaart coklat dengan isian kelapa muda yang melimpah


Nah ini dia LOCK & LOCK Oven Glass Steam Hole yang mempunyai beberapa keistimewaan, antara lain adalah :

1. Material kaca terbuat dari borosilicate yaitu material yang aman digunakan dan tidak perlu khawatir pecah karena perubahan suhu.

2. Tutup terbuat dari silikon yang aman ketika dimasukkan ke dalam microwave hingga suhu maximum 200'C.

3. Terdapat steam hole (lubang udara) untuk sirkulasi udara pada saat dimasukkan ke dalam microwave sehingga makanan tidak akan menjadi kering dan tidak menghilangkan cita rasa makanan.

4. Tutup silikon warna warni ceria dengan karakter smile yang lucu pada steam hole akan menambah ceria dapur kita.



Material Heat-Resistant Glass (borosilicate) yang terdapat pada LOCK & LOCK Oven Glass Steam Hole mempunyai beberapa keistimewaan, yaitu :

1. Tahan terhadap perubahan suhu sehingga tidak perlu khawatir akan pecah karena perubahan suhu itu sendiri (dingin-panas-dingin)

2. Aman digunakan di kulkas, microwave, oven dan dishwasher.

3. Mempunyai berat yang ringan dibandingkan dengan tempered glass.

4. Permukaan akan tetap bening walau sering digunakan atau disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Untuk memberikan sajian yang terbaik untuk keluarga, tentunya kita juga menggunakan peralatan yang aman pula. LOCK & LOCK Oven Glass Steam Hole adalah salah satunya.

Happy Baking....semoga bermanfaat yaa ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Thursday, 30 July 2015 at 16:00:00 GMT+7 delete

Halo mba nina, dimana bs dapat lock n lock kayak gitu ya?

Reply
avatar
Thursday, 30 July 2015 at 16:02:00 GMT+7 delete

Waktu dipanggang, apakah penutup lock n locknya jg ikt disertakan? Sebelum adonan dimasukkan, perlu dioles margarin ato mentega lg ngg lock n locknya? Thanks ya

Reply
avatar