KASTENGEL BUNGA ALA NCC



Bismillahirrohmanirrohim

Ternyata mengumpulkan semangat dan mood untuk membuat cookies itu gak mudah buat saya. Tiap mau bikin adaa aja alasannya untuk menunda lagi menunda lagi. Hadeeh...itu mah namanya pemalas ya >_<. Padahal mungkin teman-teman yang lain udah jadi bertoples-toples ya cookiesnya atau kalau yang jualan ladi kejar tayang menuntaskan jualan. Tadinya saya malah gak niat bikin cookies tahun ini, tapi ternyata cookies ada di list permintaan pak suami yang disodorin ke saya hahaha. Jadi saya harus tetap bikin, walau cuma sedikit dan untuk dinikmati bersama keluarga. 

Yang pertama saya buat adalah nastar klasik dan kastengel. Semua resepnya sebenarnya sudah ada di blog ini, bahkan ada beberapa resep. Untuk kastengel saya bosan dengan bentuk yang panjang kecil-kecil itu jadi saya ganti dengan bentuk bunga. Resepnya sih tetap aja memakai resep andalan dari NCC. Untuk alternatif resep kastengel lain bisa dilihat disini ya atau yang versi eggless bisa dilihat disini.

Kastengel yang enak tentunya adalah kastengel yang ngeju. Ya iyaa lah namanya juga kastengel, ngeju is a must. Saya biasanya menggunakan keju edam atau parmesan atau boleh juga dimix dengan keju cheddar agar lebih ekonomis. Kalau membuat kastengel untuk keluarga, saya biasanya memakai full butter, tapi monggo aja ya kalau mau dimix dengan margarin. Dulu waktu masih aktif jualan, untuk menyesuaikan selera customer dan tentunya mengurangi harga, saya juga membuat kastengel yang memakai kombinasi margarin dan butter.




KASTENGEL BUNGA ALA NCC

Bahan :
300 gr butter
200 gr keju tua, parut (saya pakai edam)
400 gr tepung terigu
2 sdm susu bubuk
2 butir kuning telur

Olesan dan taburan :
2 kuning telur, kocok lepas
keju cheddar parut secukupnya

Cara Membuat :
1. Kocok butter dan telur sebentar saja, asal tercampur rata. Matikan mixer.
2. Masukkan keju parut, aduk rata kemudian masukkan tepung terigu. Aduk rata kembali.
3. Tipiskan adonan kemudian cetak sesuai selera.
4. Tata di loyang yang sudah dioles tipis margarin, olesi kuning telur dan taburi keju cheddar parut.
5. Panggang dalam oven dengan suhu 120-130'C hingga matang dan berwarna coklat keemasan.
6. Angkat, dinginkan di cooling rack baru kemudian dimasukkan ke wadah kedap udara.




Ketika buka puasa tiba, setelah minum minuman hangat, langsung deh ngicipin kastengel ini. Alhamdulillah...tetap enaak hahahaha. 

Buat yang belum bikin cookies atau yang lagi males seperti saya, hayuuk kumpulin semangat buat nge-cookies. Cookies buatan sendiri pasti selalu jadi favorit keluarga.

Happy Baking....semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

8 komentar

komentar
Sunday, 12 June 2016 at 13:27:00 GMT+7 delete

Mba ...meggunakan tepung protein sedang atau tinggi ya, thx

Reply
avatar
Friday, 17 June 2016 at 07:48:00 GMT+7 delete

kalau cookies pakai protein rendah atau sedang mbak

Reply
avatar
Tuesday, 21 June 2016 at 12:54:00 GMT+7 delete

Boleh tau hasil jadinya untuk resep segitu ?

Reply
avatar
Friday, 24 June 2016 at 11:41:00 GMT+7 delete

Saya gak pernah nimbang mbak Melisa, coba ditotal aja dari berat bahannya

Reply
avatar
Tuesday, 28 June 2016 at 05:19:00 GMT+7 delete

Mbak ...itu ketebalan adonannya sebelum dicetak berapa mm ya

Reply
avatar
Tuesday, 28 June 2016 at 19:40:00 GMT+7 delete

Maaf mba kmrn aku bikin resep ini kok adonan aga sulit dipulung yaaa mgkn krna aku pke terigu ny yg protein rendah ya? Dan aku pke telur yg di lemari es apa kah ngaruh ke adonan jd aga benyek?trs aku pke keju ny chedar

Reply
avatar
Monday, 4 July 2016 at 20:01:00 GMT+7 delete

saya gak ngukurin mbak Hanif, dikira-kira aja

Reply
avatar
Monday, 4 July 2016 at 20:02:00 GMT+7 delete

bukan karena pakai terigu protein rendah mas karena justru untuk cookies disarankan pakai yang protein rendah. Bisa juga karena faktor telur dari kulkas. Sulit dipulung ini maksudnya terlalu lembek atau terlalu kering?

Reply
avatar