AYAM GORENG MENTEGA



Bismillahirrohmanirrohim

Simple menu lagi yuuk. Kalau menu yang 1 ini , yakin deh kalau semua juga bisa bikinnya, tapi gak apa-apa ya tetep diposting disini. Yuup...ayam goreng mentega memang salah 1 menu olahan ayam yang cukup populer. Selain mudah dan cepat, ayam goreng mentega ini juga enak. Kalau di bulan Ramadhan ini, cocok-cocok aja disajikan saat sahur atau berbuka. Selain menggunakan ayam sebagai bahan bakunya, olahan mentega ini enak banget kalau memakai udang, cumi atau bahkan kepiting. Saya paling sering mengolah dengan memakai ayam dan udang karena memang jadi favorit anak-anak saya.

Kemarin tuh awalnya juga tanya ke kakak Naira mau dimasakin apa. Yang ditanya kakak Naira, eeeh...jawabnya barengan dengan ayahnya kalau mereka pengen ayam goreng mentega ini. Senang lah bundanya karna berarti masak tanpa ribet dan tanpa lama. Ayam goreng mentega ini cocok banget lah untuk saya, yang gak mau lama-lama ribet di dapur tapi pengen makan enak hahaha. Untuk pelengkap ayam goreng mentega ini, biasanya saya membuat tumisan atau cap cay.




AYAM GORENG MENTEGA

Bahan :
1 ekor ayam, potong-potong
3 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
air secukupnya
minyak goreng secukupnya

1 buah bawang bombay, iris memanjang
4 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
6 sdm margarin atau butter
4-5 sdm kecap manis
4 sdm saus tiram
2 sdm kecap inggris
garam dan merica bubuk secukupnya

Cara Membuat :
1. Marinate potongan ayam dengan bawang putih halus, garam dan merica bubuk, diamkan di kulkas minimal 1 jam. Kalau saya lebih suka diungkep sebentar atau dimasak bersama air agar bumbu lebih meresap.
2. Panaskan minyak, goreng ayam sebentar saja hingga kecoklatan. Jangan digoreng hingga kering ya. Angkat dan tiriskan.
3. Panaskan margarin / butter, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan kedap manis, saus tiram dan kecap inggris. Aduk-aduk hingga rata kemudian koreksi rasanya. Bisa ditambahkan garam dan merica bubuk bila perlu.
4. Masukkan potongan ayam, aduk hingga ayam terbalut rata dengan saus.
5. Angkat dan segera sajikan.




Karena memakai margarin atau mentega, jadi ayam goreng mentega ini harus segera disantap sesaat setelah matang ya. Kalau kelamaan nanti margarin atau menteganya jadi keras kembali. Kalau mau cepat, ayamnya bisa diungkep atau digoreng dulu, nanti sesaat sebelum makan bisa langsung bikin sausnya. 

Happy Cooking ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »