RISOLES AYAM



Bismillahirrohmanirrohim

Gorengan...gorengan !! Bagi saya, gorengan adalah jajanan yang gak ada bosennya. Kalau diturutin, bisa-bisa setiap hari makan gorengan, karena ya itu saya hobby banget dengan aneka gorengan, bukan makan penggorengan lho yaa hihihi. Mulai dari bakwan, pisgor, lumpia, tahu isi, tahu bakso, mendoan atau risoles saya suka. Risoles ini saya buat beberapa waktu yang lalu. Kebetulan di freezer masih ada 3 risoles frozen, lumayan lah buat cemilan sore menemani sepiring bakwan (teteuup gorengan).

Risoles bisa diisi dengan aneka variasi isian. Mulai dari yang ala-ala bule, yaitu risol mayo yang berisi keju-smoked beef-mayonaise, risol rhogurt, risol sayur, risol pisang coklat, risol ayam jamur, risol bihun dan lain-lainnya. Kalau saya sih suka-suka aja, menyesuaikan yang ada di kulkas. Seperti yang saya buat ini, judulnya sih risol ayam tapi ternyata isiannya campur-campur, yaitu ayam cincang, wortel, kentang dan telur. Kok jadi campur aduk gitu yak? Karena memang ayamnya cuma punya sedikit hihihi, jadi ditambahkan macam-macam biar isiannya jadi banyak. Percaya deh...tetap enaak. Untuk kulit risoles juga ada beberapa resep. Yang istimewa tentunya yang memakai susu dan telur, rasanya gurih dan lembut. Versi ekonomisnya adalah yang tidak memakai susu, bahkan ada yang tidak memakai telur. Kali ini saya buat yang memakai campuran susu cair dan air.




RISOLES AYAM

Bahan Kulit :
200 gr tepung terigu
1 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
2 butir telur
300 ml susu cair
200 ml air
2 sdm margarin leleh

Bahan Tambahan :
3 butir telur (saya pakai stok putih telur)
tepung panir
minyak goreng

Cara Membuat Kulit :
1. Campur tepung terigu, garam dan gula pasir. Buat lubang di tengahnya dan masukkan telur, aduk hingga rata.
2. Masukkan susu cair dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisker hingga halus dan tidak bergerindil kemudian masukkan margarin leleh. Aduk hingga rata.
3. Diamkan selama kurang lebih 30 menit atau boleh kalau mau langsung dibuat dadar.
4. Panaskan wajan dadar atau wajan kwalik, buat dadar. Lakukan hingga habis dan kulit siap digunakan.

Bahan Isian :
200 gr ayam cincang
1 buah kentang, potong dadu kecil
2 butir telur kocok lepas dan buat orak arik
1 buah wortel, potong dadu kecil
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
1 sdm saus tiram
1 sdt kecap ikan
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
2 batang daun bawang, cincang
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat Isian :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum.
2. Masukkan ayam cincang, aduk hingga berubah warna kemudian masukkan kentang dan wortel. Aduk rata dan masak hingga setengah lunak.
3. Masukkan telur kocok, saus tiram, kecap ikan, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata dan test rasa.
4. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang.
5. Siap digunakan.

Penyelesaian :
1. Letakkan isian di salah satu sisi kulit, lipat kemudian gulung sambil dipadatkan.
2. Celupkan ke dalam kocokan telur dan gulingkan ke dalam tepung panir. Lakukan hingga habis.
3. Simpan di dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit agar tepung panir menempel.
4. Panaskan minyak, goreng risoles hingga keemasan. Angkat dan tiriskan.




Risolesnya gendut-gendut yaa... Emang kalau bikin sendiri, bisa ngasih isian yang banyak jadi risolesnya bisa gendut-gendut gini. Dinikmati dengan cabe rawit atau saus sambal favorit...Alhamdulillah nikmaat.

Selamat bikin risoles sendiri yaa ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »