LONTONG SAYUR LABU SIAM



Bismillahirrohmanirrohim

Welcome June ^^
Nemu foto lama ini di file laptop, ternyata belum sempat diposting di blog. Jadi...entahlah lontong sayur ini kapan bikinnya, karena yang pasti udah lama banget. Udah pada tau donk dengan lontong sayur karena lontong sayur ini salah satu menu tradisional yang sangat populer. Biasanya mudah ditemukan saat pagi hari karena memang cocok untuk menu sarapan. Di daerah tempat saya tinggal juga banyak penjual lontong sayur. Biasanya tiap hari sayurnya berbeda-beda, kadang sayur nangka, sayur labu siam, sayur pepaya atau bahkan sayur rebung. Untuk pelengkapnya memakai ayam suwir, tahu dan telur bumbu opor. Jangan lupa bubuk kedelai dan krupuknya ya. Rasanya sudah pasti sedaaap, tapi jangan tiap hari ya makan lonsay hihihi.

Yang jadi favorit saya adalah lontong sayur yang memakai labu siam. Dulu resepnya sudah pernah saya posting sih, waktu itu memakai udang, telur puyuh dan tempe. Full kolesterol deh pokoknya hahaha. Kali ini saya gak pakai pelengkap apa-apa, benar-benar cuma sayur labu. Lagi ngiriiit nih ceritanya. Saya tuliskan lagi yaa resepnya.

SAYUR LABU SIAM 

Bahan :
2 buah labu siam, potong korek api
1 blok tahu, potong dadu dan goreng sebentar hingga berkulit
2 helai daun salam
2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
5 cabe merah, iris tipis (boleh juga pakai cabe rawit utuh)
1000 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
10 buah cabe merah besar 
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri, sangrai
3 sdt garam (atau sesuai selera)
1-2 sdt gula pasir

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan daun salam, irisan cabe merah dan serai. Aduk rata.
2. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk. Teruskan memasak hingga mendidih sambil diaduk sesekali agar santan tidak pecah .
3. Masukkan labu siam, bumbui dengan garam dan gula pasir. Masak hingga matang.
4. Angkat dan siap disajikan.

Untuk pelengkapnya yaitu ayam suwir, tahu dan telur bumbu opor pasti udah pada bisa donk bikinnya. Resep saya mah biasanya asal cemplang cemplung aja, kurang lebih seperti berikut yaa. Ssttt....opornya kurang kuning yaa...kehabisan kunyit >.<

OPOR AYAM

Bahan :
1 ekor ayam potong sesuai selera
(lebih enak pakai ayam kampung, pakai ayam negeri juga boleh)
2 blok tahu, potong sesuai selera, goreng sebentar hingga berkulit
5 telur rebus
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas memarkan
1 batang serai, ambil bagian putihnya memarkan
700 ml santan encer
300 ml santan kental
garam dan gula secukupnya
minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
8 siung bawang putih
5 butir bawang merah
5 butir kemiri sangrai
1 sdt ketumbar sangrai
1 ruas jahe
3 cm kunyit
1 1/2 sdt garam

Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai. Aduk rata.
2. Masukkan  potongan ayam, aduk hingga rata.
3. Tuang santan encer, masak sambil sesekali diaduk hingga mendidih dan santan menyusut.
4. Masukkan tahu dan telur rebus, kemudian tuang santan kental, bumbui dengan garam dan gula hingga rasanya pas. Masak sebentar hingga santan mendidih kembali.
5. Matikan api dan siap disajikan.

Penyelesaian Lontong Sayur Labu Siam
1. Potong-potong lontong dan suwir ayam, tata di piring saji. Tambahkan tahu dan telur.
2. Siram dengan sayur labu dan taburi bubuk kedelai.




Selamat mencoba yaa...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »