EGGLESS CHOCOLATE MINI BUNDT CAKE



Bismillahirrohmanirrohim

Ramadhan Kareem....Marhaban ya Ramadhan. Alhamdulillah kita dipertemukan lagi dengan bulan suci yang penuh maghfiroh. Semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan dapat beribadah dengan sebaik-baiknya ya...Aamiin ya Rabb.

In shaa Allah nanti saya akan posting beberapa menu praktis untuk sahur dan berbuka puasa, semoga dapat menjadi inspirasi ya. Tapii...sebenarnya saya masak praktis gak cuma saat sahur dan berbuka puasa aja sih, kayanya emang seringnya gitu kok heheheh. Kali ini saya posting cake dulu ya. Eggless cake ini juga cukup mudah proses pembuatannya, tinggal aduk-aduk aja, udah jadi kok, tanpa lama dan ribet. Bahan-bahannya juga cukup mudah. Resepnya saya contek dari blog Mbak Hesty, konon beliau mendapatkan resepnya dari blogger Malaysia. Terima kasih ya mbak Hesty.

Aslinya eggless cake ini memakai siraman ganache di atasnya sebagai variasi, Mbak Hesty juga memakai taburan pistachio sebagai topping. Karena saya lagi males bikin ganache, jadi saya pakai saus coklat aja dan memakai taburan almond. Enak juga kok. Sayangnya cake saya rada-rada overbaked nih, tuuh keliatan retak-retak yaa. Waktu memanggang cake ini saya tinggal mandi dan ternyata suhu oven saya naik...haduuuh. Untung aja gak sampai gosong dan rasanya tetep enak, hanya penampilannya aja yang jadi gak cantik. 







EGGLESS CHOCOLATE MINI BUNDT CAKE

Bahan :
1 1/4 cup tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder
1/2 cup coklat bubuk
2 sdm susu bubuk full cream
1 1/4 cup air es
1 cup gula palem
2 sdm kopi instant 3 in 1 (saya pakai good day)
1/2 sdt garam
1/2 sdt pasta moka atau pasta coklat
1/2 cup minyak sayur atau mentega cair

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 160-170' C. Siapkan loyang, oles margarin dan taburi sedikit terigu. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, baking powder, coklat bubuk dan susu bubuk. Tambahkan gula palem, kopi instan dan garam. Aduk rata.
3. Masukkan berturut-turut air es, minyak dan pasta. Aduk menggunakan whisk asal rata saja, jangan overmix ya.
4. Tuang ke dalam loyang kemudian panggang selama kurang lebih 25-30 menit. Tergantung pada ukuran loyang dipakai dan oven masing-masing ya.
5. Angkat, keluarkan dari loyang dan dinginkan baru diberi topping sesuai selera.

Walaupun tanpa telur, cake ini lembut, moist dan anti sertet. Recomended untuk dicoba deh. Kalau tidak suka dengan kopi, bisa diskip ya. Walau memakai kopi, tapi aroma kopinya tidak terlalu kuat kok, mungkin juga karena pemakaian colat bubuk yang cukup banyak, jadi yang menonjol adalah aroma coklatnya. Enaak

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya.
Happy Baking ^^


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar
Friday, 19 June 2015 at 09:29:00 GMT+7 delete

Mbak nina, mau tanya nih..
Itu airnya 1 1/4 cup berapa ml yah?

Reply
avatar
Friday, 19 June 2015 at 14:57:00 GMT+7 delete

Mba ninaaa... aaahh ini kue tanpa mixer dan nyoklat empuk, bikin pengen nyoba :)
masih ada adonan cream cheese yang aku campur peanut jam, creamnya enak, tapi kue yang mau di spread ga ada :P, kalo lagi ga puasa dah abis deh buat oles roti doang. THanks sharingnya ya mbaaa :*

Reply
avatar
Friday, 26 June 2015 at 07:08:00 GMT+7 delete

mbak Mellyloveskitchen....aaaah....senengnya dikomen, secara aku penggemarmu lho hihihi. Kue2 tanpa mixer ini memang selalu menggoda untuk dicoba yaambak. Kayanya dicampur cream cheese plus peanut spread enak bangeet

Reply
avatar
Thursday, 3 September 2015 at 09:36:00 GMT+7 delete

ternyata di blognya mbak nina juga ada... saya pernah buat ini.... enak walau gak pake telor

Reply
avatar