TRIPLE CHOCOLATE MUFFIN



Bismillahirrohmanirrohim

Sebenarnya saya dan keluarga saya tidak terlalu hobby dengan muffin. Mungkin karena teksturnya yang lebih berat dan mengenyangkan. Tidak hobby bukan berarti tidak suka, karena kalau sesekali oke juga bikin muffin. Seperti yang terjadi beberapa hari yang lalu, entah dapat wangsit dari mana kok tiba-tiba setelah sholat subuh pengen sarapan muffin coklat. Tumbeen ya...biasanya juga sarapannya sego pecel hahaha. Akhirnya nguprek sebentar di dapur...taraaa...muffin coklat hangat siap disajikan untuk sarapan.

Kali ini saya bikin triple chocolate muffin yang diadaptasi dari resep double chocolate muffin Linda Lomenilo. Kenapa juga jadi triple, karena selain pakai cooking chocolate dan cocoa powder, saya juga pakai chocochips. Muffin ini memang nyoklat banget lho. Saat masih hangat, bisa dirasakan lelehan cooking coklat di muffinnya. Buat yang chocolovers pasti suka.

Seperti halnya membuat muffin lainnya, bikinnya tentu aja gampang banget. Tinggal campur dan aduk-aduk, gak perlu pakai mixer. Bikinnya juga cepat, gak sampai 1 jam muffin hangat sudah siap dinikmati. Kalau kita bikin muffin malam hari, tinggal dihangatkan sebentar keesokan paginya jadi enak deh. Teksturnya yang moist dan berat memang cocok untuk sarapan, karena lebih mengenyangkan.






Resep berikut sudah saya modif sedikit dari aslinya, saya kurangi takaran gula yang digunakan.

TRIPLE CHOCOLATE MUFFIN

Bahan :
300 gr tepung terigu serbaguna
70 gr coklat bubuk
1 sdt baking powder
1/4 sdt garam
225 gr gula pasir halus
100 gr butter leleh
250 ml buttermilk
2 telur ukuran besar
120 gr dark cooking chocolate (DCC), cincang
30 gr chocochips

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 190'C. Siapkan cup muffin.
2. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam. Sisihkan.
3. Dalam wadah lain, campur gula pasir halus, butter leleh, buttermilk dan telur. Aduk hingga rata.
4. Masukkan bahan kering, aduk hingga asal rata saja. Jangan overmix ya.
5. Masukkan chocochips dan 3/4 bagian DCC. Aduk rata.
6. Tuang adonan ke cup muffin hingga 3/4 penuh. Taburi atasnya dengan sisa DCC cincang. Panggang hingga matang selama kurang lebih 25 menit. Lakukan test tusuk ya.
7. Angkat dan sajikan hangat.

Entah karena memang jarang makan muffin atau emang karena nyoklatnya itu, muffin ini berasa enaak aja hahaha. Alhamdulillah...

Happy Baking...selamat mencoba ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

7 komentar

komentar
Anonymous
Thursday, 21 May 2015 at 10:58:00 GMT+7 delete

wah..pengen bikin jg neh Muffin resep mba Nina ini...oya mba, buttermilk itu utk homemadenya kan dari susu cair + air jeruk nipis ya mba ya..yg mau saya tanyakan apakah nanti setelah di diamkan, full semuanya jd buttermilk atau yg sudah jadi dadih susunya itu saja yg diambil mba..? oya satu lagi mba,,choco chips yg mba Nina pakai merk apa..? cantik dan lebih bling warna coklatnya.. aq pernah beli yg merk Cholata tp tampilannya kusam mba,soal rasanya sih tetap enak..hehhe..please jawabannya ya mba..biar aku jd tau dan tambah semangat bebikinan resep ini..thx mba Nina, Salam Mia..^_^

Reply
avatar
Thursday, 21 May 2015 at 12:06:00 GMT+7 delete

Mba salam kenal ya, aku mau tanya butter milk itu apa ya? atau bs diganti dg apa ya? makasih

Reply
avatar
Tuesday, 26 May 2015 at 21:22:00 GMT+7 delete

salam kenal Mia
iya saya pakai homemade buttermilk, karena disini kan susah nyari buttermilk beneran. Dipakai semua mbak, bukan cuma dadihnya aja. Chocohips saya pakai yang curah aja kok di TBK, biasanya dikemas ulang sama TBK nya

Reply
avatar
Tuesday, 26 May 2015 at 21:25:00 GMT+7 delete

Buttermilk itu susu asam mbak. Kalau di Indonesia susah nyarinya, jadi bikin sendiri dari susu yang diberi air jeruk nipis / lemon atau cuka. Takarannya 1 cup 250 ml susu dihangatkan sebentar saja, gak usah sampai mendidih, cukup asal hangat lalu diberi 1 sdt air jeruk nipis. Diamkan sebentar kurang lebih 10 menit. Nanti akan terlihat seperti susu basi, berarti buttermilk siap digunakan.
Buttermilk bisa diganti dengan yoghurt cair

Reply
avatar
Anonymous
Friday, 5 June 2015 at 13:55:00 GMT+7 delete

tq mba Nina,,jawabannya..jd semangat mau backingan..hehe..
Oya mba,,kmrn aq udh sempat praktekin CCCnya,,klo dari teknis pengadukan adonan seperti tdk ada kendala,,cuma pas di pagang au bain marie..aq nya gak tau klo Loyang yg di pkai buat napung air pananya bocor..jd nya rembes keluar..aq piker airnya yg cepet nyusut maka aku tambahin terus,,dan banyak uap air yg muncul di kaca tutupan ovennya.. ditambah pula salahnya aku pas tuang adonan ke Loyang diisi hamper penuh..hahhaa..dan akhirnya kuenya naiknya tinggi menggunung..hahhaha..dgn pennuh rasa was-was ku perhatikan terus cakenya mba..hingga lebbih kurang hamper 2 jam lamanya..dan aku rasa sepertinya sdh matang,,wlwpun aq tes tusuk masih agak2 lembab gitu di permukaan lidinya,,tp gpp lah..stelah ding aq balik...dan hasilnya sperti bantat..tp teksturnya halus dan padat gitu.. malah aku malu bilang ke suami cake nya gagal..tp suamiku bilang cantik kok kuenya..mana pula gagal ne..katanya..nyemangatin aku,,namanya jg belajar pertama kali bikin CCC katanya..yg bikin aku jd sumringah..hahhaa..mumpuung aq aku jg sdh siapin topingnya..aku coba hias seadanya dgn whipycreme, selai bluberry, buah kiwi dan cherry.. akirnya tampilannya cantik jg..pdhl pas ngock whipy dgn air dingin hasilnya malah tdk berhasil seperti whipcreme krn msh encer dan tdk beku,,mungkin air dingin di kulkas ku tdk terlalu dingin itu penyebabnya kali ya mba..? hinggga whipynya tdk kaku pas di hias...tp btw aku jd senang lihat hasil hiasan yg seadanya tp jd cnatik jg..heheh..dan rasanya jg enak kok kata suamiku..heheheh... Jadi pengen praktekin lagi lain wkt dgn metode au bain marie yg lebih hati2..bukan yg jdnya ala kukus seperti kesalahan kemaren...hahahha...tq ya mba...map aku jd curcol neh mba..hehehe..salam, Mia

Reply
avatar
Thursday, 11 June 2015 at 20:47:00 GMT+7 delete

Halo lagi Mia
waaah...seneng banget baca komennya, seru yaa hihihi. Saya dulu juga pernah banget ngalami hal-hal kaya gitu say, namanya juga awal-awal belajar baking, pasti pernah gagal lah. Kalau whipcream yang gak bisa kaku, mungkin memang karena air es kurang dingin. Saya kalau ngocok whipcream, wadah untuk ngocok dan gagang mixer dimasukkan kulkas juga lho sampai dingin jadi cepat kakunya hihihi. Hayuuk cobain lagi

Reply
avatar
Anonymous
Friday, 3 July 2015 at 11:35:00 GMT+7 delete

Makasi mba Nina,,udh mau dengarin curhatan bakingan aq..heheheh..ooo..ternyata ikut di dinginkan dulu toh di kulkas gagang mixer dan wadahnya,,hmm..jd nambah ilmunya neh mba,,bsk2 aq coba praktekin lagi deh mba..hihiii..ada jg yg aq lihat di youtube pas di mixer, wadahnya di tarok di atas air dingin berisikan batu es mba..biar cepat beku jg kali ya mba..hehehe..next time aq cobain ke 2 caranya bersamaannya deh kyknya mba,,biar good luck whippynya jd beku...semoga..hehehhe..thx ya mba Nina, sharingnya..aq jd seneng banget krn udh di bls dan dikasih tau cara yg benarnya sm mba Nina,,salam,Mia...^_^

Reply
avatar