SUS ALMOND VLA COKLAT



Bismillahirrohmanirrohim

Bikin sus lagi yuuk. Eh tapi ini bikinnya udah lama sih, hampir 2 minggu yang lalu xixixi. Kali ini saya bikin sus dengan vla coklat. Vla coklatnya beda dengan yang pernah saya posting dulu, yang ini menurut saya lebih enak, nyoklaaat banget. Untuk variasi sus-nya saya beri taburan almond di atasnya. Jadilah sus yang "nutty" dipadukan dengan vla yang nyoklat...endeeeus pokoknya hahaha.

Kulit sus-nya bisa memakai resep andalan masing-masing ya, ntar tinggal ditaburi almond cincang sesaat sebelum dipanggang. Beberapa tips membuat sus sudah pernah saya posting disini
Suami saya suka sekali dengan kulit sus yang masih hangat dan dimakan tanpa vla. Jadilah setiap membuat sus, selalu saya siapkan yang masih hangat buat beliau dan bisa langsung abis 3-4 pcs hehehe. Vla coklat ini sukses juga bikin anak-anak terus nyolek-nyolek vla yang masih di panci. Beneran deh enak dan nyoklat banget. Resep vla coklat ini saya lihat dari SEDAP.




SUS ALMOND VLA COKLAT

Bahan Sus :
125 gr margarin
1/4 sdt garam
1 sdm gula pasir
200 ml air
150 gr tepung terigu ( saya pakai tepung terigu protein tinggi dan protein sedang 1:1)
3 butir telur ukuran besar atau 4 butir ukuran sedang (kurleb 180 gr)
30 gr almond, cincang kasar

Cara Membuat Sus :
1. Masak margarin, garam, gula dan air hingga mendidih. Masukkan terigu, aduk rata memakai sendok kayu hingga kalis. Matikan api dan biarkan hangat.
2. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata. Matikan mixer.
3. Masukkan adonan ke dalam piping bag yang sudah diberi spuit. Semprotkan di atas loyang yang sudah dioles tipis margarin. Beri jarak satu sama lain, karena adonan akan mengembang.
4. Taburi almond cincang dan panggang 190-200'C hingga matang, kurang lebih selama 30 menit tergantung masing-masing oven ya.
5. Angkat dan dinginkan di atas cooling rack

Bahan Vla Coklat
125 gr susu cair
15 gr gula pasir
15 gr maizena, larutkan dengan 2 sdm air
1 kuning telur, kocok lepas
100 gr Dark Cooking Chocolate (DCC), cincang
1/2 sdt vanilla
1 sdt butter
75 gr whipcream bubuk  + 125 ml susu cair dingin ---> kocok hingga lembut dan kaku

Cara Membuat Vla Coklat :
1. Rebus susu dan gula sambil diaduk hingga gula larut kemudian masukkan larutan maizena. Masak hingga meletup-letup. Matikan api.
2. Masukkan kuning telur, aduk cepat hingga rata.
3. Nyalakan api kembali, masukkan DCC, vanilla dan butter. Aduk-aduk hingga rata dan lembut kemudian biarkan hangat.
4. Tuang sedikit demi sedikit ke dalam whipcream kocok sambil dimixer hingga rata.
5. Siap digunakan.

Assembly :
1. Gunting kulit sus hingga tidak terputus kemudian semprotkan vla ke dalamnya.
2. Untuk variasi bisa diberi taburan gula halus dan topping coklat leleh.




Laris maniiiis, maklum yang bikin juga manis *eeeh* hahahah.
Selamat mencoba ya ...Happy Baking ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar
Saturday, 23 May 2015 at 20:49:00 GMT+7 delete

Holla mb..mau nanya..klo pake whipcream cair brp ya takarannya 200gr juga ga..trus pake yg dairy ato non diary..tengqyu

Reply
avatar
Tuesday, 26 May 2015 at 21:18:00 GMT+7 delete

iya betul mbak Meri tetap 200 gr, silahkan boleh pakai yang dairy atau non dairy

Reply
avatar
Saturday, 19 March 2016 at 14:39:00 GMT+7 delete

Assalamualaikum mba..vla coklat nya tahan berapa hari di suhu ruang stelah di isi ke soes nya mba?

Reply
avatar
Thursday, 24 March 2016 at 21:09:00 GMT+7 delete

Waalaikumsalam warahmatullah...saya cuma berani 1 hari aja di suhu ruang mbak Ida, karena vla kan berbahan dasar susu yang lebih cepat basi

Reply
avatar