SPICY PENNE AGLIO E OLIO



Bismillahirrohmanirrohim

Pasta selalu jadi "penyelamat" disaat malas masak, disaat keburu-buru, disaat gak punya ide mau bikin apa buat sarapan dan juga disaat bahan-bahan di kulkas mulai menipis hehehe. Tidak heran kalau pasta wajib ada di dapur saya, bisa berupa spaghetti, fettuccine, macaroni atau juga penne. Saya juga sering membuat stok saus bolognese homemade, jadi setiap saya mengalami saat-saat seperti yang sudah saya sebut tadi, saya tinggal memadukannya dengan pasta. Kalau lagi gak punya saus bolognese gimana? Tinggal bikin pasta carbonara nan creamy atau yang paling praktis tentu saja adalah pasta aglio e olio. Untuk isiannya lagi-lagi menyesuaikan dengan isi kulkas ya. Yang paling sering saya memakai sosis, jamur dan kacang polong. Kalau lagi punya udang atau tuna, ya dicemplungin juga deh.

Seperti kali ini saya membuat spicy penne aglio e olio. Pasta penne adalah pasta yang bentuknya pendek-pendek mirip pena. Memang di Italia sana nama suatu jenis pasta biasanya sesuai dengan bentuknya. Ya seperti penne ini yang memang bentuknya mirip pena. Kalau pasta yang bentuknya kupu-kupu disebut dengan farfalle. Ntar yaa...kalau pas nemu farfalle, mau disharing juga. 

Kalau bikin aglio e olio pastinya udah pada bisa kan. Saya juga sudah pernah beberapa kali menuliskan resep aglio e olio di blog ini dan inti resepnya ya sama aja, karena memang aglio e olio artinya bawang putih dan minyak. Jadi memang hanya memakai bawang putih dan olive oil. Saya suka sekali dengan rasanya yang "light", tidak enek. Biar lebih enak dan sesuai dengan selera saya yang suka pedas-pedas, saya tinggal menambahkan cabe bubuk atau kalau mau ekstrim langsung dikasih irisan cabe rawit.

SPICY PENNE AGLIO E OLIO

Bahan :
200 gr pasta penne
3 siung bawang putih, memarkan
2 sdm olive oil
100 gr udang kupas
2 sdm kacang polong beku
1 buah tomat ukuran kecil, potong dadu
1 sdm cabe bubuk
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt oregano

Cara Membuat :
1. Rebus pasta penne hingga matang, beri sedikit olive oil agar tidak lengket. Angkat dan tiriskan.
2. Panaskan olive oil, tumis bawang putih hingga harum dan layu.
3. Masukkan udang, aduk hingga berubah warna. Masukkan kacang polong beku. Aduk rata.
4. Masukkan penne, bumbui dengan garam, merica bubuk dan cabe bubuk. Aduk rata dan test rasa sesuai selera.
5. Menjelang diangkat, masukkan oregano. Aduk rata.
6. Angkat dan hidangkan hangat.




Pelengkapnya minimalis banget yaaa karena memang adanya cuma itu. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga dan stok di dapur ya xixixi.

Happy Cooking ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Saturday, 9 May 2015 at 18:13:00 GMT+7 delete

betuul pasta hidangan penyelamat ... kepepet? bikin aja pasta. haha, semua suka. pasta penne mantabz digigitnya. terimakasih resepnya. garlic n olive oil r perfect combination, lezzato ..! salam kenal mb nina :) saya follow blognya yaaa.

Reply
avatar
Wednesday, 13 May 2015 at 21:05:00 GMT+7 delete

Salam kenal Kakak...makasih banget ya udah follow. Pasta wajib ada di dapur soalnya saya sering banget ngalamin kepepet hahaha

Reply
avatar