PUDING KENTANG GULA MERAH



Bismillahirrohmanirrohim

Udah lamaa banget bookmark resep puding kentang gulmer ini dari blog inspiratif punya mbak Hesti. Yaaah..harap maklum kalau lagu lama saya mah masih tetep, bookmark doank, eksekusinya entah kapan hahaha. Kemarin kebetulan Mama ngasih kentang banyak banget, udah diolah jadi kroket dan kue lumpur kok ya masih ada aja kentangnya. Ingat deh sama puding kentang ini dan diniatin banget harus bikin. 

Puding kentang gula merah ini terdiri dari puding kentang kukus dan puding gula merah biasa. Selain memakai puding gula merah, puding kentang ini enak juga kalau dijodohkan dengan puding coklat atau bahkan puding mocca. Bahkan saya kepikiran untuk memadukan dengan puding tape ketan ya hehehe. Tadinya saya mau bikin puding karang aja, ya..sama aja sih dengan puding gula merah tapi memakai santan encer jadi terlihat motif karang dari kocokan telurnya. Tapi santan yang saya punya adalah santan kental, jadi langsung aja saya pakai tanpa mengencerkan dulu. Kalau saat mengaduk puding bisa konstan dan pada saat mendidih pertama, api langsung dimatikan, maka tidak akan terbentuk lapisan tipis seperti punya saya ini. Kalau saya mah gak telaten amat, ngaduk puding disambi telpon sana sini huhuhu...jadinya gini deh. Gak apa-apa deh, yang penting rasanya enaak.







Maafkan kalau fotonya gak ada yang bener ya. Entah deh..mood foto-foto kaya lenyap aja. Bayangin aja kalau lagi niat foto aja, hasilnya masih gak bener, apalagi kalau gak mood kaya sekarang ini. Dapat dipastikan hasilnya juga berantakan. Hiiiks... 

PUDING KENTANG GULA MERAH

Bahan Puding Kentang Kukus :
200 gr kentang kukus, haluskan
175 gr gula pasir
1 butir telur utuh + 2 kuning telur
1,5 sdm margarin, lelehkan
150 ml susu kental manis, larutkan dengan 150 ml air
25 gr tepung terigu
25 gr maizena
1/2 sdt vanilli

Bahan Puding Gula Merah :
200 gr gula merah, sisir halus, rebus dengan 50 ml air hingga cair kemudian saring
25 gr gula pasir
600 ml santan
1 butir telur, kocok lepas
1 bungkus (7 gr) agar-agar plain
1/4 sdt vanilli
2 helai daun pandan, simpulkan

Cara Membuat :
1. Siapkan loyang bulat 20 atau 22 cm. Olesi minyak atau margarin agak tebal. Sisihkan.
2. Puding Kentang Kukus : kocok gula pasir, telur dan vanili hingga mengembang dan berwarna pucat. Masukkan berturut-turut dambil tetap dikocok kentang kukus, larutan susu dan margarin leleh. Kocok hingga rata.
3. Masukkan terigu dan maizena, kocok hingga rata dan tuang ke dalam loyang.
4. Kukus selama 30-40 menit dengan api sedang (jangan terlalu besar apinya agar puding tidak menggembung). Angkat dan biarkan dingin.
5. Puding Gula Merah : Dalam wadah campurkan santan, larutan gula merah, agar-agar bubuk dan vanili, aduk hingga rata. Masukkan kocokan telur, aduk rata kemudian saring.
6. Masukkan daun pandan dan masak sambil diaduk. Ketika mendidih pertama langsung matikan api kemudian aduk-aduk hingga uap panas hilang.
7. Gurat perlahan permukaan puding kentang dengan garpu, tuang larutan puding gula merah sedikit demi sedikit. Setelah uap panasnya hilang, simpan di dalam kulkas.
8. Setelah dingin dan set, potong-potong dan sajikan.

Pudingnya enaaak banget. Lembutnya puding kentang dipadukan dengan puding gula merah yang legit, pas banget deh pokoknya. Soo...abaikan foto puding saya yang jelek ini ya, tapi cobain aja resepnya ^^

Selamat mencoba...semoga bermanfaat 

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »