OSENG CUMI PEDAS



Bismillahirrohmanirrohim

Haloo...postingan tentang simpel menu lagi ya. Sebenarnya sih kalau kaya gini gak usah diposting karena siapa aja pasti bisa hehehe. Tapi gak apa ya, siapa tau ada yang gak punya ide mau masak apa hari ini, boleh lah dicoba bikin menu yang gampang ini. Oseng cumi pedas ini memang simpel banget, bikinnya gampang tinggal iris-iris dan cemplang cemplung aja. Pokoknya kalau menu yang tinggal iris dan cemplung itu saya bangeet deh, maklum aja saya suka males masak. Jadi kalau ada menu iris dan cemplung yang keliatan enak...wah pasti deh saya harus langsung nyobain bikin hahaha. 

Kebetulan tadi pagi saya ke pasar, rencana sih mau beli ikan tapi ternyata saya juga "terpesona" oleh cumi yang nampak masih segar ini. Beli dikit aja dan separuhnya saya olah menjadi oseng cumi ini. Separuhnya lagi ntar buat diolah jadi crispy calamari kesukaan adek. Semoga ntar sempat fotoin ya kalau udah bikin, soalnya karena favorit banget, adek sering ngambek kalau makanannya difoto-foto.

Kembali lagi ke oseng cumi pedas, bumbunya cukup simpel yaitu duo bawang, duo cabe, tomat, daun salam, lengkuas, tomat,  kecap manis, garam, gula pasir dan merica bubuk. Dikira-kira aja bisa kan ya, tinggal ntar icip-icip disesuaikan dengan selera. Tingkat pedasnya juga monggo sesuai selera aja, memang lebih enak kalau yang pedesnya heboh, tapi saya selalu bikin yang gak terlalu pedas jadi kakak Naira bisa ikut ngicip. Kalau suka dengan olahan cumi yang memakai tinta-nya juga oke aja. Bisa juga diolah dengan resep ini. Suami saya kurang suka dengan olahan cumi memakai tinta, jadi saya seringnya harus membuang tinta cuminya. Kembali lagi...monggo disesuaikan dengan selera keluarga.
Berikut resep kira-kira ala saya yaa...




OSENG CUMI PEDAS

Bahan :
500 gr cumi
1 sdm air jeruk nipis
1/2 sdt garam
2 helai daun salam
1 ruas lengkuas memarkan
2 sdm kecap manis
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Iris :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 cabe merah, iris serong
3 cabe hijau, iris serong
5 cabe rawit, iris-iris

Cara Membuat :
1. Cuci bersih cumi, pisahkan bagian kepala, buang kulit dan tintanya, kemudian kucuri air jeruk nipis dan garam. Biarkan 15 menit dan cuci bersih kembali.
2. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan daun salam, lengkuas, cabe merah, cabe hijau dan cabe rawit. Aduk-aduk.
3. Masukkan cumi, kecap manis, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata dan masak hingga cumi matang. Ingat memasak cumi jangan terlalu lama ya karena cumi bisa "alot". Test rasa hingga sesuai selera.
4. Menjelang diangkat, masukkan potongan tomat. Aduk rata dan masak sebentar hingga tomat layu.
5. Angkat dan siap disajikan hangat.




Variasi lain dari olahan cumi ini, bisa juga ditambahkan lada hitam, jadinya oseng cumi lada hitam. Bisa juga dimasak ala-ala oriental dengan menambahkan saus tiram atau tentunya diolah menjadi cumi saus mentega yang terkenal itu. Semua enak kalau menurut saya hehehe. Eh tapi saya juga gak berani sering-sering makan cumi kok, sekali-sekali aja gak apa kan yaa.

Happy cooking...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Thursday, 28 May 2015 at 14:17:00 GMT+7 delete

Kak nina, izin make resepnya ya siang ini :) Salam kenal...

Reply
avatar