DONAT MINI



Bismillahirrohmanirrohim

Beberapa waktu yang lalu saya sempatkan bikin donat untuk keluarga. Bukan karena rajin (tumbeen), tapi karena ada sisa ragi instan yang sayang kalau rusak. Awalnya ragu juga sih, raginya masih bisa kepake apa gak, jadi saya bikin donat sedikit aja, cuma memakai tepung terigu 250 gr. Kan kalau emang gagal gak begitu nyesek hihihi. Ternyata eh ternyata...raginya masih oke, adonan donat bisa mengembang dengan bagus. Karena udah terlanjur ngadon sedikit, jadi saya buat donatnya kecil-kecil aja alias jadi donat mini. Entahlah karena memang lagi pada kelaparan atau karena memang lama gak bikin donat, jadinya donat mini ini laris manis. Saya sempat ngumpetin 2 pcs buat difoto xixixix...teteup yaa.




Kali ini saya bikin donat memakai resep Bu Sisca Soewitomo. Donat ini tanpa kentang atau umbi-umbian lain, tapi hasilnya empuk juga kok. Lumayan banget lah buat "tombo pengen" donat buatan sendiri. Saya hanya membuat 1/2 dari resep berikut ini yaa

DONAT MINI

Bahan :
500 gr tepung terigu protein sedang
10 gr ragi instan
1 sdt baking powder
80 gr gula pasir
2 sdm susu bubuk
1 sdt vanilla bubuk
1/2 sdt garam
2 butir telur
100 ml air
100 gr margarin
minyak secukupnya untuk menggoreng

Topping :
DCC leleh, meises, keju, gula halus atau sesuai selera

Cara Membuat :
1. Dalam suatu wadah, campur tepung terigu, ragi instan, baking powder, garam, susu bubuk dan vanilla bubuk. Aduk hingga rata.
2. Masukkan telur, aduk rata kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
3. Tambahkan margarin, teruskan menguleni hingga kalis dan elastis. Bulatkan adonan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
4. Kempiskan adonan, bagi adonan kemudian cetak dengan cetakan donat. Diamkan 15 menit.
5. Panaskan minyak, goreng donat hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
6. Setelah dingin beri topping sesuai selera.




Beberapa tips membuat donat, dulu sudah pernah saya posting ya, tapi lupa euy di postingan yang judulnya apa (hadeeeh). Ntar ya dicariin lagi atau kalau sempat, saya tuliskan lagi disini. 

Monggo dicoba...siapa tau bisa cocok dengan selera keluarga.
Salam donat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

7 komentar

komentar
Wednesday, 13 May 2015 at 22:23:00 GMT+7 delete

Mba saya sering buat donat kentang,mmg sih wkt baru2 digoreng lembut bgt,tp bsknya pasti lgsg keras mskpn udh saya masukin tupperware,salahnya dmn yaaa mba

Reply
avatar
Thursday, 14 May 2015 at 05:38:00 GMT+7 delete

setelah diinapkan tentunya memang gak seempuk ketika baru digoreng mbak Jeani. Sudah pernah nyoba resep yang saya posting di http://www.catatan-nina.blogspot.com/2015/02/donat-kentang-menor.html

Menurut saya itu keesokan harinya tetap empuk, karena perbandingan kentang dan terigu 1:1

Reply
avatar
Friday, 15 May 2015 at 06:40:00 GMT+7 delete

wah, donatnya imut-imut gitu bund
biar donat nggak keras setelah disimpan agak lama pakai apa ya kira-kira?

Reply
avatar
Monday, 18 May 2015 at 07:46:00 GMT+7 delete

Fotonya bagus, donatnya pasti enak...
mba mau nanya, margarinnya dilelehkan dulu atau tidak? trus kalau gulanya dihilangin selain hambar apalagi efeknya? karena menurut saya gpp donatnya hambar, toh mau dikasih topping yang manis juga,, (maklum pengen makan donat tp ttp pengen diet) Pengen coba bikin donat tanpa gula tapi ragu ntar efek ke tekstur atau lain-lainnya.

Reply
avatar
Tuesday, 26 May 2015 at 21:53:00 GMT+7 delete

kalau adonannya tanpa gula memang hambar mbak, ada yang kurang lah menurut saya. Kalau lagi diet mending di adonan tetap dikasih gula tapi toppingnya yang dikreasikan hehehe

Reply
avatar
Tuesday, 26 May 2015 at 21:58:00 GMT+7 delete

resep agar-agar..bisa pakai pelembut donat dan roti, bisa ditanyakan ke TBK ya, karena saya gak pernah pakai

Reply
avatar
Monday, 8 June 2015 at 06:37:00 GMT+7 delete

wah artikel baru lagi ni mbak, makasih ya artikelnya. mampir juga sebentar di blog aku :)

Reply
avatar