BANANA PANCAKE



Bismillahirrohmanirrohim

Salah satu menu sarapan ala bule yang disukai anak-anak saya adalah pancake. Bundanya pun juga suka karena bikinnya cepat dan mudah. Pancake hangat bisa tersedia di meja makan selama kurang lebih 40 menit saja. Untuk pelengkapnya juga terserah anak-anak atau disesuaikan dengan yang ada di rumah. Kadang pakai saus coklat, madu, saus strawberry, saus kacang atau bahkan dinikmati dengan taburan keju parut dan meises. Kalau udah siang, pancake enak juga dinikmati dengan beberapa scoop es krim favorit. Hmmm....yummy.

Kali ini saya bikin banana pancake, karena kebetulan punya pisang ambon yang sudah matang sekali. Tambahan pisang dalam adonan pancake, membuat pancake jadi harum aroma pisang. Pengennya sih kapan-kapan pengen nyoba juga menambahkan kayu manis bubuk dalam adonan banana pancake. Kayanya enak juga ya, kan kayu manis tuh kaya berjodoh ya dengan kayu manis bubuk xixixi. Untuk toppingnya saya pakai aja yang ada di rumah, yaitu potongan pisang dan saus coklat. Silahkan disesuaikan dengan selera aja ya.




BANANA PANCAKE

Bahan :
165 gr tepung terigu serbaguna
2 sdm gula pasir
1,5 sdt baking powder
1/4 sdt garam
250 ml buttermilk (dari 250 ml susu + 2 sdt air jeruk nipis)
1 buah pisang ambon matang (kurleb 80 gr), haluskan
1 butir telur kocok lepas
1 sdm butter leleh
1 sdm minyak sayur
1 buah pisang, potong dadu untuk topping

Cara Membuat :
1. Campur pisang dan telur. Aduk hingga rata dan sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu dan baking powder, tambahkan gula pasir dan garam. Aduk hingga rata.
3. Masukkan buttermilk sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisk.
4. Masukkan berturut-turut campuran pisang + telur, butter leleh dan minyak. Aduk hingga rata dan tidak bergerindil.
5. Panaskan wajan dadar tanpa dioles apapun, tuang adonan dan masak hingga matang.
6. Angkat dan siap disajikan dengan topping sesuai selera.

Untuk saus coklatnya, bisa menggunakan saus coklat siap pakai atau membuat sendiri dari dark cooking chocolate (DCC), susu cair dan madu atau bisa juga menggunakan unsalted butter. Biasanya saya memakai perbandingan DCC : susu = 2 :1. Caranya juga gampang, yaitu tinggal memanaskan susu hingga terlihat gelembung-gelembung keci di pinggir panci (tidak usah sampai mendidih ya). Matikan api kemudian masukkan potongan DCC cincang dan aduk hingga coklat leleh. Tambahkan sedikit madu atau unsalted butter dan aduk lagi hingga rata. Siap deh digunakan. Gampang kan. 

Saus coklat yang tersisa bisa diletakkan di wadah tertutup dan disimpan dalam kulkas. Ketika akan menggunakan tinggal memanaskan sebentar hingga teksturnya "runny". Saus coklat ini gak cuma buat pancake lho, enak juga buat siraman es krim atau bahkan puding. 




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Saturday, 30 May 2015 at 14:35:00 GMT+7 delete

Enak nih, hmm <3<3
hey, I'm a new food blogger. visit my blog back on http://www.chippeido.co.vu thank you very much ;))

Reply
avatar