SUS KERING



Bismillahirrohmanirrohim

Akhir-akhir ini karena berbagai kesibukan, saya jadi jarang posting di blog. Sekalinya sempat posting...eh...tentang sus lagi hihihi. Maafkan yaa. Biarpun lagi-lagi tentang sus, tapi kali ini saya bikin sus kering. Dulu sudah pernah posting juga sih tentang sus kering, kali ini saya ganti jenis tepung yang saya pakai. Sebenarnya untuk membuat sus kering bisa memakai resep sus mana aja karena kunci dari proses pembuatannya adalah pada waktu pemanggangan. Seperti halnya kita membuat sus biasa, pada awalnya sus kering dipanggang dengan memakai suhu tinggi, cukup hingga sus mengembang selama kurang lebih 15 menit. Selanjutnya suhu oven diturunkan menjadi suhu rendah dan lanjutkan memanggang hingga matang dan kering. Proses pemanggangan memakai suhu rendah ini membutuhkan waktu yang lebih lama agar menghasilkan sus benar-benar kering dan renyah. 




Kebetulan saya masih punya seuprit keju edam, jadi saya tambahkan ke dalam adonan sus. Bisa juga memakai keju gouda, keju parmesan atau bahkan keju cheddar. Tanpa keju pun menurut saya juga enak kok, walau tidak segurih yang memakai keju. Kali ini saya memakai full tepung terigu protein tinggi. Boleh juga kalau mau dimix dengan tepung terigu protein sedang.

SUS KERING

Bahan :
250 ml air
100 gr margarin
1/4 sdt garam
125 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr keju edam parut halus dan chopper sebentar
3 butir telur
1/2 sdt baking powder

Cara Membuat :
1. Didihkan air, margarin dan garam.
2. Kecilkan api dan masukkan tepung terigu. Aduk memakai sendok kayu hingga adonan kalis. Matikan api dan biarkan hangat.
3. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok rata menggunakan mixer.
4. Masukkan keju parut dan baking powder. Kocok hingga tercampur rata.
5. Masukkan adonan ke dalam piping bag yang sudah diberi spuit (bisa memakai spuit bintang atau spuit kerang). 
6. Semprotkan kecil-kecil di loyang yang sudah dioles tipis margarin. Beri jarak satu dengan yang lainnya.
7. Panggang dengan suhu 190'C selama 15 menit kemudian turunkan suhunya menjadi 120-130'C dan teruskan memanggang hingga kering, kurang lebih selama 20-30 menit. Tergantung masing-masing oven ya.
8. Angkat, dinginkan di atas cooling rack kemudian simpan di wadah kedap udara.

Notes :
- Kenali karakter oven masing-masing, apapun jenis oven yang digunakan, baik oven gas, oven listrik atau oven kompor. Jangan selalu berpatokan pada waktu pemanggangan yang tertulis di resep karena karakter masing-masing oven berbeda.
- Biarkan sus kering benar-benar dalam keadaan dingin sebelum memasukkan ke dalam wadah kedap udara. 




Susah berhenti makan kalau udah ngemil sus kering? Itu saya bangeeet hahahah.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat.
Happy Baking ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

7 komentar

komentar
Thursday, 30 April 2015 at 21:24:00 GMT+7 delete

saya ini pakai spuit kerang mbak, pakai spuit murahan jadi gak ada nomornya hehehe

Reply
avatar
Friday, 26 June 2015 at 10:01:00 GMT+7 delete

halo mba nina,,,

saya mau tanya, apakah terigunya harus sudah dingin ketika akan dimasukan telur atau masih tetap dalam keadaan hangat? lalu dikocok dengan mixer, berarti harus dipindahnya dari panci ke wadah yang lain ya mba? terima kasih sebelumnya.


salam,

desi

Reply
avatar
Saturday, 21 November 2015 at 21:27:00 GMT+7 delete

Mba nina itu baking powdernya yg double acting atau yg biasa? Makasih.

Reply
avatar
Sunday, 22 November 2015 at 04:54:00 GMT+7 delete

Masih hangat atau dingin gak apa2, asal jgn pas panas. Mengenai wadah, dipindah gpp, kalau di panci bisa dimixer juga gpp

Reply
avatar
Saturday, 18 March 2017 at 12:36:00 GMT+7 delete

mba, panggang nya dengan api bawah saja atau atas bawah? makasih

Reply
avatar