MARIE WIJEN



Bismillahirrohmanirrohim

Ada yang tau jajanan jadul ini? Iyuup...marie wijen yang selalu jadi favorit saya sejak kecil dulu. Sebenarnya sampai sekarang juga gampang banget untuk mendapatkan marie wijen ini, mulai dari di pasar sampai di supermarket besar biasanya ada kok. Alkisah...liat postingannya teteh Ayudiah di IG yang bikin marie wijen sendiri, bikin saya latah pengen bikin juga. Cukup dengan bikin karamel dan menyiapkan wijen sangrai....voilaaa jadi deh marie wijen ala-ala hihihi. Belum bisa mirip dengan yang dijual-jual itu sih, karena mungkin tergantung juga dengan biskuit marie yang dipakai. Kali ini saya pakai biskuit marie merk R yang enak itu, yang rasanya bisa lumer di mulut, jadinya teksturnya kurang kokoh.







MARIE WIJEN

Bahan :
1 bungkus biskuit marie
5 sdm gula pasir
1 sdt margarin / butter
20 ml air
100-150 gr wijen sangrai

Cara Membuat :
1. Panaskan gula pasir hingga seluruhnya larut, gunakan api kecil ya agar tidak gosong.
2. Masukkan margarin, biarkan leleh dan tuang air. Hati-hati dengan percikannya ya. Gunakan api super kecil ya.
3. Masukkan biskuit marie ke dalam karamel kemudian gulingkan di wijen sangrai. Lakukan dengan cepat hingga habis.
4. Biarkan set dan siap dihidangkan.

Notes :
- Saat masih hangat, bila digigit karamelnya akan terlihat "molor", mirip keju mozza ketika hangat hehehehe.
- Bila ingin marie wijen yang tebal, masukkan 2 marie wijen ke dalam karamel dan tumpuk baru digulingkan ke wijen sangrai.




Lumayan banget untuk "tombo pengen" marie wijen. Dengan membuat sendiri, selain lebih ngirit juga lebih puas maemnya kan. Jadi gak apa-apa deh walau belum bisa mirip versi aslinya.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat.

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Thursday, 9 April 2015 at 19:46:00 GMT+7 delete

Rajinnyaaa mb Nina ini.. Disini masih rada susah dapat marie wijen mbak Nin,harus beli ditempat oleh-oleh atau supermarket dan otomatis harganya lebih mahal. Kapan-kapan ah pengen nyoba bikin ini.. beli marie n wijen dulu hehehe

Reply
avatar
Anonymous
Saturday, 9 May 2015 at 11:42:00 GMT+7 delete

Mbk Nina...masukin marienya pas karamelnya masih panas ya?tar melempem gak mbk Marienya?

Reply
avatar
Wednesday, 13 May 2015 at 21:06:00 GMT+7 delete

iya betul dimasukkan saat masih panas, karena kalau udah dingin karamelnya akan keras. Gak melempem kok marienya

Reply
avatar