TONGKOL ASAP MASAK SANTAN



Bismillahirrohmanirrohim

Kemarin waktu belanja di tukang sayur, ada ikan tongkol asap dan yang pertama kepikiran adalah dimasak santan ala-ala mangut asap gitu deh. Kalau hidangan mangut ala Jawa Tengah ada beberapa variasi, ada yang memakai kunyit sehingga kuahnya kuning, ada yang halusnya dibakar dulu dan ada juga yang cuma ditumis biasa. Kalau ini aku gak bilang mangut sih, tapi dimasak santan aja ya, walaupun sebenarnya mirip juga dengan mangut asap. Sebenarnya lagi pengen ikan peda, tapi gak apa deh kalau diganti tongkol asap ini. Paling enak kalau pakai belimbing wuluh, tapi ternyata gak ada juga, katanya sih belum musim jadi kali ini saya pakai tomat hijau saja.

Ikan asap masak santan gini sebenarnya paling enak dimasak super pedas, tapi saya masak gak terlalu heboh pedasnya karena kakak Naira juga ikut makan. Ikan asap yang dipakai selain tongkol, biasanya adalah lele asap atau patin asap. Kalau gak ada ikan asap bisa juga sih pakai ikan segar, misalnya lele. Tapi memang yang bikin khas dan sedap adalah aroma ikan asapnya. Sebagai pelengkap, saya tambahkan juga tempe dan tahu, kalau kurang suka bisa diskip aja ya. Bikinnya tentu saja mudah, karena kalau susah saya juga malees masaknya hihihi.






TONGKOL ASAP MASAK PEDAS

Bahan :
2 ekor tongkol asap
1 ruas lengkuas, memarkan
2 helai daun salam
3 helai daun jeruk
3 cabe merah, iris serong
3 cabe hijau, iris serong
10 cabe rawit
1 blok tahu, potong dadu besar dan goreng sebentar
1/2 blok tempe, potong dadu besar
1 liter santan
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
3 tomat hijau, belah 4
daun kemangi secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
3 siung bawang putih
7 butir bawang merah
5 cm kencur
2 cabe merah

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tumis hingga matang dan harum kemudian masukkan cabe merah dan cabe hijau. Aduk hingga rata.
2. Masukkan tongkol asap, tahu dan tempe, aduk hingga rata kemudian tuang santan sedikit demi sedikit.
3. Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk, kemudian masak dengan api kecil hingga mendidih.
4. Masukkan tomat dan cabe rawit. Test rasa hingga sesuai selera.
5. Menjelang diangkat, masukkan daun kemangi. Masak sebentar dan matikan api.
6. Siap disajikan

Alhamdulillah...nikmat ^^
Happy Cooking...selamat mencoba yaa.



Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Tuesday, 29 December 2015 at 02:33:00 GMT+7 delete

Enak nih mba Nina, mirip kayak mangut ya. Patut di coba nih :)

(Wulan/Perthfoodsnap.com)

Reply
avatar
Tuesday, 29 December 2015 at 20:00:00 GMT+7 delete

Iya bener mbak Wulan ini mirip ama mangut, kerasa gitu aroma kencurnya. Suka banget deh

Reply
avatar
Thursday, 18 February 2016 at 20:46:00 GMT+7 delete

ini kayak resep mertuaku mbak nina, cuma kalau ibu mertua biasanya pake ikan patin asap, enak banget deh..

Reply
avatar