SUS VLA NAPOLEON KACANG DAN TIPS SUKSES MEMBUAT SUS



Bismillah

Postingan di akhir Maret. Semoga bulan depan tetap diberi kesehatan, bisa rajin bebikinan, tambah semangat belajar foto-foto dan tambah rajin ngeblog. Harap maklum kalau semangat untuk bebikinan suka timbul tenggelam gak jelas gini. Kayanya memang lagi butuh mood booster biar bisa semangat lagi. Pengennya sih bisa membagi waktu lebih baik lagi jadi bisa nyobain resep-resep baru. Mulai deh ngelantuuur.

Kali ini saya bikin sus buat cemilan keluarga di rumah. Kami sekeluarga penggemar sus dan kebetulan memang udah lama saya gak bikin sus. Pengennya sih bikin sus dengan vla matcha atau green tea, tapiii...bisa dipastikan yang hobby cuma saya aja. Akhirnya ganti haluan bikin sus dengan salah satu vla favorit keluarga yaitu vla napoleon.Vla Napoleon ini memakai resep dari mbak Riana Ambarsari. Iseng aja di adonan vla saya tambahkan selai kacang. Ternyata rasa vla-nya jadi lebih gurih dan terasa "nutty". Enak deeh. Kalau yang gak suka selai kacang, bisa diskip aja dan vla napoleon ini tetap enak kok. Suka banget dengan tekstur vla-nya yang lembut.







SUS VLA NAPOLEON KACANG

Bahan Kulit Sus :
125 gr margarin
1/4 sdt garam 
200 ml air
125 gr tepung terigu protein tinggi
25 gr tepung terigu protein sedang
4 butir telur ukuran sedang

Cara Membuat Kulit Sus :
1. Masak margarin, garam dan air hingga mendidih.
2. Masukkan campuran terigu yang sudah diayak, aduk dengan menggunakan sendok kayu hingga kalis. Matikan api dan biarkan hangat.
3. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
4. Masukkan adonan ke dalam piping bag yang telah diberi spuit dan spuitkan ke loyang yang sudah dialasi kertas roti dan dioles margarin.
5. Panggang dengan suhu 190'C selama kurang lebih 30 menit atau tergantung masing-masing oven. Jangan membuka oven apabila masih terdapat buih-buih di permukaan sus.
6. Setelah matang, angkat dan dinginkan di atas cooling rack

Bahan Vla Napoleon Kacang :
750 ml susu cair
100 gr gula pasir
50 gr maizena
5 kuning telur
100 ml whipped cream cair
50 gr selai kacang ---> larutkan dengan sedikit air panas dan aduk rata.
1 sdm unsalted butter 
1/2 sdt vanilla

Cara Membuat Vla Napoleon Kacang :
1. Larutkan maizena dengan sebagian susu. Aduk rata hingga halus dan sisihkan.
2. Tambahkan sedikit susu ke dalam kuning telur dan kocok lepas hingga tercampur rata. Sisihkan.
3. Masak sisa susu dengan gula pasir sambil diaduk, tambahkan larutan maizena. 
4. Ambil 1 sendok sayur adonan, masukkan ke dalam campuran kuning telur. Aduk rata dan masukkan kembali ke dalam adonan vla. Aduk cepat hingga meletup-letup.
5. Masukkan whipped cream cair dan masak kembali hingga meletup-letup. Matikan api.
6. Masukkan unsalted butter, aduk rata hingga butter leleh.
7. Masukkan vanilla, aduk rata dan vla siap digunakan.

Penyelesaian :
1. Masukkan vla ke dalam piping bag dan semprotkan ke dalam sus.
2. Beri dusting gula halus bila suka atau bisa juga memakai coretan coklat leleh.




Di postingan -postingan lama sebenarnya saya cukup sering menuliskan tips membuat sus. Kali ini saya coba rangkum menjadi satu ya. 

TIPS SUKSES MEMBUAT SUS

1. Sus bisa dibuat menggunakan tepung terigu protein tinggi bisa juga menggunakan tepung terigu protein sedang atau kombinasi dari keduanya. Penggunaan terigu protein tinggi membuat kulit sus kokoh sedangkan terigu protein sedang membuat kulit sus teksturnya lembut.
2. Pastikan margarin dan air benar-benar mendidih sebelum tepung terigu dimasukkan. Kecilkan api dan aduk agak lama hingga adonan benar-benar rata dan kalis.
3. Pastikan telur dimasukkan ke dalam adonan yang sudah hangat. Jangan panas-panas langsung ditambahkan telur ya, karena nanti telurnya akan matang. Kocok rata di setiap penambahan telur.
4. Telur ditambahkan satu persatu hingga adonan dirasa bisa dispuit. Apabila terlalu banyak / terlalu besar ukuran telur, maka adonan akan lembek dan sulit untuk dispuit. Adonan yang terlalu lembek bisa ditambahkan 1/2 takaran terigu.
5. Spuitkan adonan di atas loyang yang dioles tipis margarin atau bisa juga dialas kertas roti terlebih dahulu. Loyang yang dioles margarin terlalu tebal akan mengakibatkan sus bergeser selama proses pemanggangan
6. Beri jarak di setiap sus karena selama proses pemanggangan susu akan mengembang.
7. Oven harus dalam kondisi panas dengan suhu tinggi kurang lebih 190-200' C saat adonan dimasukkan. Panggang selama kurang lebih 30 menit atau tergantung oven masing-masing.
8. Jangan membuka oven apabila masih terdapat buih-buih di permukaan sus agar sus dapat mengembang sempurna, berongga dan tidak mengempis.
9. Setelah matang, segera pindahkan sus ke atas cooling rack agar uap panasnya keluar dan kulitnya tidak basah.
10. Vla atau ragout yang diisikan ke dalam sus dalam kondisi dingin.

Just sharing...semoga bermanfaat ya.
Happy Baking ^^


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Laura
Wednesday, 1 April 2015 at 12:30:00 GMT+7 delete

Jika ada waktu pingin deh liat step by step nya, trima kasih udh share ilmu nya ya mba...

Reply
avatar
Friday, 3 April 2015 at 22:32:00 GMT+7 delete

Whipped cream cair merk apa yg d pake mbak..

Reply
avatar