NUGGET ASAM MANIS



Bismillahirrohmanirrohim

Haloo...apa kabar? Kalau ada yang nanya kabar saya (emangnya ada?), sekarang ini lagi sibuk mondar mandir hihihi. Jadi mohon maaf ya kalau ada komen yang belum sempat saya balas ya. In shaa Allah secepatnya segera saya balas dan makasiiih banget udah berkenan mampir di catatan dapur abal-abal saya ini hehehe.

Postingan kali ini sebenarnya sederhana banget, bahkan bisa dibilang gak penting kali ya. Sebenarnya ini adalah cara lain dari keluarga saya untuk menikmati chicken nugget. Kami gak terlalu sering mengkonsumsi nugget sih, tapi bukan berarti gak pernah lho ya. Kalau lagi rajin, saya bikin nugget sendiri, resepnya bisa dilihat disini. Selain dicocol dengan saus sambel favorit atau mayonaise, nugget enak juga disajikan dengan saus asam manis. Gurihnya nugget dipadukan dengan saus asam manis yang seger, ternyata enaak banget. Goreng nugget setelah saus asam manis siap dan segera sajikan agar nugget tetap terasa renyahnya. 




NUGGET ASAM MANIS

Bahan :
300 gr chicken nugget
minyak goreng secukupnya

1/2 butir bawang bombay, iris memanjang
3 siung bawang putih, memarkan 
1 buah wortel, potong korek api
1/2 buah nanas kecil, potong-potong
2 sdm kacang polong beku
6 sdm saus tomat atau bisa juga pakai pasta tomat
1 sdm saus inggris
3-4 sdm gula pasir atau sesuai selera manis
2 sdt air jeruk nipis
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
300 ml air
1 sdm terigu, larutkan dengan sedikit air
1 batang daun bawang, iris-iris
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan 2 sdm minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan wortel dan kacang polong, aduk hingga rata.
2. Masukkan saus tomat, saus inggris dan air jeruk nipis. Aduk rata.
3. Tuang air sedikit demi sedikit kemudian bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak hingga meletup-letup.
4. Tuang larutan terigu sedikit demi sedikit, aduk hingga mengental.
5. Masukkan potongan nanas, aduk hingga rata dan test rasa hingga sesuai selera.
6. Menjelang diangkat, masukkan daun bawang. Matikan api dan siap digunakan.
7. Panaskan minyak, goreng nugget hingga keemasan. Angkat dan tiriskan.
8. Tata nugget di piring saji dan siram dengan saus asam manis dan segera sajikan.

Monggo dicoba...siapa tau sesuai dengan selera keluarga.
Happy cooking ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar