MIE AYAM



Bismillah

Kembali postingan tentang mie yaa. Bikin mie ayam ini udah bulan lalu sih, tidak berselang lama dengan waktu bikin cwie mie. Memang lagi hobby bikin mie yang berkuah, karena memang cocok banget dinikmati di musim hujan seperti ini. Postingan tentang mie ayam sebenarnya juga udah banyak ya di blog saya ini, tapi gak apa ya kalau saya repost lagi. 

Salah satu kunci kelezatan mie ayam selain kuah adalah penggunaan minyak ayam bawang. Minyak ayam bawang terbuat dari minyak yang dikeluarkan oleh bagian berlemak ayam kemudian ditambahkan dengan bawang putih dan tentu saja minyak goreng. Kalau kita beli mie ayam di abang-abang, bisa dilihat setiap menyajikan mie dalam mangkok, maka akan dituang juga minyak berwarna kekuningan, naah..itu lah minyak ayam bawang. Mirip dengan minyak bawang yang jadi kunci lezatnya nasi goreng dan mie goreng khas Kediri.






MIE AYAM 

Bahan :
300 gr mie basah atau mie kering yang direbus hingga matang
1 ikat sawi hijau, potong-potong
Bakso
Krupuk pangsit
Bawang goreng
Saus sambal
Acar (gak pakai)
Minyak ayam bawang

Bahan Tumisan Ayam :
250 gr fillet ayam, potong dadu kecil 
2 sdm minyak untuk menumis
3 siung bawang putih, geprak dan cincang halus
5 sdm kecap manis atau sesuai selera
2 sdm saus tiram
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdm tepung terigu yang dilarutkan dengan sedikit air (optional)

Cara Membuat Tumisan Ayam :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum dan layu, masukkan ayam, aduk hingga berubah warna.
2. Tuang kecap manis, saus tiram, garam, merica dan gula. Masak hingga ayam meletup-letup.
3. Kentalkan dengan larutan tepung sagu, aduk rata. Test rasa hingga sesuai selera.
4. Angkat dan sisihkan.

Bahan Kuah :
1,5 liter air kaldu (dari air yang direbus bersama tulang ayam dan dimasak dengan api kecil)
2 siung bawang putih, memarkan
2 cm jahe, geprek
2-3 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdm minyak goreng
2 batang daun bawang, iris halus

Cara Membuat Kuah Kaldu:
1. Dalam sebuah panci, panaskan minyak goreng kemudian tumis bawang putih dan jahe hingga harum.
2. Masukkan air kaldu, kemudian bumbui dengan garam dan merica bubuk.
3. Masak hingga mendidih kemudian angkat dan taburi dengan irisan daun bawang.

Bahan Minyak Ayam Bawang :
200 ml minyak sayur
3 siung bawang putih
1 cm kunyit
1 cm jahe
250 gr kulit ayam

Cara Membuat Minyak Ayam Bawang :
1. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang putih, jahe dan kunyit hingga harum. Masukkan kulit ayam dan masak dengan api kecil hingga keluar minyak dari kulit ayam
2. Tambahkan sisa minyak, masak hingga kulit kering.
3. Angkat, dinginkan dan saring kemudian bisa disimpan di wadah kedap udara.

Penyelesaian :
1. Dalam mangkuk saji, tuang minyak ayam dan beri mie diatasnya. Aduk rata dengan memakai sumpit atau garpu hingga minyak ayam tercampur dengan mie ayam.
2. Seduh sawi hijau dengan kuah panas hingga layu, kemudian letakkan di atas mie.
3. Tambahkan bakso, kerupuk pangsit, bawang goreng dan acar bila suka.
4. Hidangkan dengan kuah

Panjaaang resepnya, tapi bukan berarti ribet bikinnya. Percaya deh bikin mie ayam itu mudah dan kita bisa puas menikmati hasilnya bersama keluarga di rumah.

Selamat mencoba ^^



Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
Friday, 6 March 2015 at 00:06:00 GMT+7 delete

aish.... gambarnya bikin ngiler. apa lagi udah lama banget ga makan mi ayam. hmmm

Reply
avatar
Sunday, 8 March 2015 at 10:43:00 GMT+7 delete

wah kalo ditambah makaroni makin kriuk dan manteb deh ....

http://salahsatublog.blogspot.com/

Reply
avatar
Saturday, 5 December 2015 at 23:36:00 GMT+7 delete

Thnks resepnya... mau lgsg q praktekin bsok

Reply
avatar
Sunday, 6 December 2015 at 07:38:00 GMT+7 delete

Thnks resepnya... mau lgsg q praktekin bsok

Reply
avatar