MARTABAK BROWNIES



Bismillahirrohmanirrohim

Beberapa hari yang lalu, saya bikin martabak manis untuk cemilan sore keluarga. Membuat martabak manis selalu jadi keasyikan tersendiri karena selain kami sekeluarga menyukainya, anak-anak juga bebas memilih dan menata isian atau topping kesukaan mereka. Biasanya saya bikin untuk 2 loyang, yang 1 loyang untuk dikreasikan anak-anak dan yang 1 loyang saya tata sendiri karena disiapkan untuk suami. Kalau anak-anak "turun" ke dapur, berantakan ya? Pasti !! Tapi...it's oke yang penting bisa seseruan.

Kali ini saya bikin martabak brownies atau martabak coklat. Resepnya sebenarnya sama dengan yang biasa saya buat, hanya kali ini saya tambahkan coklat bubuk dan untuk olesannya saya memakai sisa ganache ekonomis yang terbuat dari susu cair dan cooking chocolate. Hasilnya...nyoklat banget. Jadi gak salah ya kalau saya kasih judul martabak brownies. Untuk olesannya, bisa memakai selai coklat siap pakai dan toppingnya silahkan disesuaikan dengan selera keluarga. Kali ini saya memakai keju parut dan juga remahan wafer. 




MARTABAK BROWNIES
untuk 2 loyang martabak ukuran 22 cm

Bahan :
235 gr tepung terigu protein sedang
15 gr coklat bubuk
1 sdt baking powder
85-90 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1 kuning telur
350 ml air
1/2 sdt pasta coklat (optional)
gula pasir secukupnya untuk taburan
butter / margarin secukupnya untuk olesan

Bahan Tambahan per Loyang :
1/4 sdt soda kue
1/4 sdt baking powder

Isian / Topping :
chocolate spread
keju parut
wafer 
atau sesuai selera

Cara Membuat :
1. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder. Masukkan garam, gula pasir dan kuning telur. Aduk rata.
2. Tuang pasta coklat ke dalam air, aduk hingga rata kemudian tuang sedikit demi sedikit ke adonan sambil dimixer hingga halus teksturnya.
3. Tutup adonan dengan lap / serbet bersih, diamkan selama kurang lebih 60 menit.
4. Panaskan cetakan martabak dengan api kecil hingga benar-benar panas. Bagi 2 adonan, dan sebelum dituang ke cetakan masukkan soda kue serta baking powder. Tuang ke dalam cetakan.
5. Biarkan adonan berbuih atau berbusa kecil-kecil, taburi gula pasir dan tutup cetakan. Masak dengan api kecil hingga matang.
6. Angkat dari cetakan, oles seluruh permukaan dengan butter / margarin dan beri topping atau isian.
7. Potong-potong sesuai selera. Siap dihidangkan.






Alhamdulillah...keliatan seratnya kan. Suka banget dengan teksturnya yang lembut ini, gak kalah deh dengan yang dijual abang-abang itu. Kalau tidak punya loyang martabak manis, bisa memakai teflon ya atau dibuat versi mini dengan cetakan kue lumpur. Yang pasti proses pemasakannya harus dengan api keciiil, biar gak gosyoong heheheh.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Sunday, 22 March 2015 at 22:10:00 GMT+7 delete

Markicooooooo......
Mari kita cobaaa..
Mudah-mudahan berhasil!
\o/ \o/ \o/ \o/ \o/ \o/

Reply
avatar
Friday, 27 November 2015 at 23:38:00 GMT+7 delete

Permisi tanya, penasaran bgt martabaknya bisa bagus bgt
Setiap nuang adonan ke loyang, kira2 adonan tsb mengisi loyang seberapa banyak ya?
Saya pakai loyang 20cm

Reply
avatar