LAPIS SURABAYA - NCC



Bismillahirrohmanirrohim

Seharusnya minggu lalu saya harus mengerjakan 3 pesanan lapis surabaya dari salah 1 customer Dapur Nays, tapi karena ada kepentingan keluarga yang sangat mendadak dan tidak bisa ditunda akhirnya saya harus me-reschedule pesanan tersebut. Mohon maaf ya...
Ketika tau ada pesanan tersebut, saya sudah berjanji kepada suami saya untuk membuatkan juga lapis surabaya kesukaan beliau. Jadi walau pesanan tersebut tidak jadi saya kerjakan, disempatkan juga membuat 1 lapis surabaya untuk dinikmati bersama keluarga. Bikinnya pagi-pagi banget karena harus memburu waktu mengerjakan beberapa urusan pekerjaan dan keluarga. Alhamdulillah walaupun keburu-buru, lapsurnya tetap tapi...kok teksturnya tidak seperti yang biasanya ya. Pori-pori lapsurnya kurang halus, entah dimana salahnya. Rasanya tetap enak dan lembut. Kalaupun gak enak dan gak lembut ya kebangetan ya....pakai 30 kuning telur euy hihihi. Resepnya saya tetap memakai resep andalan dari NCC yang sudah pernah saya posting duluuu banget. Saya tuliskan lagi ya..




LAPIS SURABAYA - NCC

Bahan Tiap Lapis Kuning :
10 butir kuning telur
100 gr gula pasir
100 gr butter
25 gr margarin
50 gr tepung terigu protein rendah atau bisa pakai protein sedang
1/2 sdt vanilla bubuk

Bahan Lapisan Coklat :
10 butir kuning telur
100 gr gula pasir
100 gr butter
25 gr margarin
50 gr tepung terigu protein rendah / sedang
10 gr coklat bubuk

Filling :
Selai nanas atau bisa juga pakai buttercream

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C. Siapkan 3 loyang 20x20x4 cm atau 22x22x4 cm. Olesi dengan margarin, alas kertas roti dan alasi kembali dengan margarin. Sisihkan.
2. Kocok butter dan margarin hingga lembut. Sisihkan.
3. Kocok kuning telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental, masukkan vanilla. Kocok hingga rata.
4. Masukkan butter dan margarin kocok, aduk rata menggunakan spatula.
5. Masukkan tepung terigu dengan cara diayak, aduk rata menggunakan spatula. Lakukan cara yang sama untuk membuat lapisan coklat.
6. Tuang ke dalam loyang dan oven selama kurang lebih 20-30 menit (tergantung masing-masing oven ya).
7. Setelah matang, keluarkan dari oven dan balikkan.

Penyelesaian :
1. Letakkan lapisan kuning, oles dengan selai atau buttercream, tumpuk dengan lapisan coklat. Oles kembali dengan selai atau buttercream dan terakhir tumpuk kembali dengan lapisan kuning.
2. Masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit agar set baru kemudian ditrim (dirapikan) pinggir-pinggirnya.




Kalau "ngeri" membayangkan 30 kuning telur, bisa bikin 1/2 atau 1/3 resep aja ya hehehe. Saya sebenarnya lebih sering membuat lapsur dengan menggunakan loyang sekat, jadi bisa membuat 1/2 resep atau 1/3 resep. 

Happy Baking ^^ 

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

10 komentar

komentar
Tuesday, 10 March 2015 at 12:44:00 GMT+7 delete

Kalo berpori biasanya krn ngocoknya kelamaan mba. Jadi udara yg masuk kebanyakan. Lapsurnya masuk angin.

Reply
avatar
Tuesday, 10 March 2015 at 14:56:00 GMT+7 delete

Hi mba nina... mba klo buat lapsur gini biasanya putelnya dibuat apa ya? suka ngebuang saking byknya. Terus nyimpennya gmn ya biar ga cepet busuk? makassiii...

Reply
avatar
Wednesday, 11 March 2015 at 21:26:00 GMT+7 delete

mbak Rika...makasih banget masukannya ya mbak. Iya mungkin overmix karena ngocoknya disambi bikin sarapan

Reply
avatar
Wednesday, 11 March 2015 at 21:27:00 GMT+7 delete

Putih telur bisa diolah jadi aneka cake yang enak lho mbak Dian, bisa juga dibuat pavlova, meringue, cheese steak atau bahkan sus. Penyimpanannya ditaruh di wadah kedap udara (misal tupperware), simpan di freezer. Nanti ketika akan diolah, didiamkan dulu hingga suhu ruang

Reply
avatar
Friday, 13 March 2015 at 18:42:00 GMT+7 delete

Bun, kalo butter pake yg salted bisa gak? Makasi bun..

Reply
avatar
Friday, 13 March 2015 at 21:50:00 GMT+7 delete

bisa banget Fanni, ini saya juga pakai salted butter kok

Reply
avatar
Saturday, 14 March 2015 at 06:56:00 GMT+7 delete

Bun, maw nanya lg.. Lapsur ncc ini sama yg dulu pernah di posting dr resep bunda ricke, menurut bunda nina enak yg mana? Dr segi pembuatan, mana yg lbh ga rawan bantat..? Saya ga pnh bikin lapsur krn katanya rawan bantat.. Hehe makasi bun..

Reply
avatar
Saturday, 14 March 2015 at 11:21:00 GMT+7 delete

Bun, says barusan coba.. Enak bun 😊 tp mohon pencerahan nya, knapa lapisan coklatny rada keras / padat yah? Apa trlalu lama di oven? Trims

Reply
avatar
Thursday, 7 July 2016 at 11:37:00 GMT+7 delete

Assalammu'alaikum bun
Sy ud cb resep lapsur ncc dr bunda.mksh bnyk y bun,jd ketagihan nih buat lapsurny ^.^...akhirny sukses buat lapsur yg lembut n gak bantat..tq y bun({})

Reply
avatar