CREAM CHEESE PANCAKE with STRAWBERRY SAUCE



Bismillahirrohmanirrohim

Gak terasa udah memasuki bulan ke-3 di tahun ini. Postingan Maret enaknya diawali dengan pancake aja yaa. Kebetulan tanggal 1 Maret kan hari Minggu, saat yang tepat untuk nge-pancake bareng keluarga. Menurut saya pancake ini enak-enak aja dinikmati saat sarapan atau bahkan cemilan di siang hari. Kalau untuk sarapan, biasanya memang dijodohkan dengan buah segar dan susu, sedangkan kalau siang hari paling enak dimakan dengan menambahkan es krim favorit. 

Kali ini saya gak sempat fotoin pancake dengan es krim favorit karenaaa...pancake-nya udah habis saat sarapan hehehe. Pancake yang saya buat ini adalah cream cheese pancake. Disebut cream cheese pancake karena saya menambahkan cream cheese dalam adonannya. Rasa kejunya memang tidak terlalu kuat, tapi cukup untuk menambah gurih pancakenya. Kebetulan saya masih punya sisa strawberry sauce di kulkas, jadi pas banget sebagai pelengkap cheese pancake. Cream cheese pancake ini enak juga disajikan dengan madu, saus coklat atau bahkan saus kacang creamy seperti yang pernah saya posting disini. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga ya.







CREAM CHEESE PANCAKE 

Bahan :
165 gr tepung terigu serbaguna
2 sdt baking powder
2 sdm gula pasir
250 ml susu cair
1 butir telur ukuran besar
4 sdm cream cheese (biarkan suhu ruang)
1 sdm butter leleh
1 sdm olive oil

Cara Membuat :
1. Dalam sebuah wadah, letakkan tepung terigu dan baking powder yang telah diayak. Tambahkan gula pasir, aduk rata dan buat lubang di tengahnya.
2. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisk, masukkan telur dan cream cheese. Aduk rata.
3. Masukkan butter leleh dan olive oil, aduk hingga tidak bergerindil.
4. Panaskan wajan anti lengket, tuang adonan pancake. Balikkan dan masak hingga matang dan kedua sisinya kecoklatan. Wajan anti lengket TIDAK PERLU dioles margarin yaa. Lakukan hingga habis.
5. Sajikan pancake dengan saus favorit.

Saus strawberry yang saya buat ini sebenarnya mirip dengan selai strawberry. Bedanya saus strawberry ini encer dan isinya adalah irisan strawberry, jadi tidak berupa strawberry yang dihaluskan. Saus strawberry ini biasanya saya gunakan untuk olesan roti tawar. Selain itu biasanya saya tuang di atas es krim vanilla atau es krim strawberry favorit saya. Rasanya segar sekali, terasa asam-asam strawberrynya. Bikinnya tentu saja super mudah dan cepat, jadi saya juga jarang bikin stok banyak seperti halnya selai strawberry. 

STRAWBERRY SAUCE

Bahan :
150 gr fresh strawberry, iris tipis
3-4 sdm gula pasir (tergantung selera manis)
100 ml air

Cara Membuat :
1. Tuang strawberry di atas pan, masak dengan api kecil hingga mengeluarkan air, kurang lebih selama 10 menit ya.
2. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk, kemudian masukkan gula.
3. Masak hingga mendidih, test rasa hingga sesuai selera.
4. Matikan api dan biarkan dingin baru disimpan di dalam wadah kedap udara.

Selamat mencoba....selamat menikmati hari Minggu bersama keluarga. 
Semoga bermanfaat ya ^^


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

9 komentar

komentar
Monday, 2 March 2015 at 10:54:00 GMT+7 delete

Assalamu alaikum mba,,salam kenal,mau nanya kalau cream cheese bisa di ganti dengan cream cheese gadungan gak mba?

Reply
avatar
Thursday, 5 March 2015 at 09:22:00 GMT+7 delete

mbak nin...aku udh cobain resepnya. enak banget pancakenya...ada gurih dari cream cheese. makasih resepnya ya mb...sukses selalu :)

Reply
avatar
Thursday, 5 March 2015 at 22:51:00 GMT+7 delete

Waalaikumsalam mbak Batari, bisa banget mbak kalau mau pakai cream cheese gadungan, lebih gurih jadinya

Reply
avatar
Thursday, 5 March 2015 at 22:52:00 GMT+7 delete

Terima kasih sudah mencoba ya mbak Della....sukses selalu juga buatmu mbaa

Reply
avatar
Sunday, 8 March 2015 at 17:33:00 GMT+7 delete

Mau tanya mbak Nina...kalau olive oilnya diskip boleh gak?

Reply
avatar
Wednesday, 11 March 2015 at 21:38:00 GMT+7 delete

olive oil bisa diganti dengan minyak sayur biasa kok atau mau full butter leleh juga boleh

Reply
avatar