BLACK MAGIC CAKE with CHOCO DRIZZLE



Bismillah

Hayoo...siapa yang ngaku penggemar cake coklat? Kalau hobby makan cake coklat, harus cobain cake yang ini lho karena memang cake ini spesial buat choco lovers. Namanya memang rada-rada serem ya, tapi percaya deh kalau cake ini nyoklaat banget. Entah kenapa dinamakan dengan Black Magic Cake. Mungkin dari penampilannya yang memang hitam atau bisa juga karena cukup dengan diaduk-aduk udah bisa jadi cake yang enak...ala-ala magic gitu hihihi. Untuk membuat black magic cake yang benar-benar nyoklat dan enak, gunakan coklat bubuk dengan kualitas baik. Rasa coklatnya murni didapatkan dari coklat bubuk tersebut karena cake ini tidak memakai cooking chocolate dalam proses pembuatannya. Untuk menambah rasa nyoklatnya saya juga membuat choco drizzle yang terbuat dari ganache ekonomis. Jadi tambah nyoklat deh.

Black Magic Cake ini teksturnya lembab dan moist. Gak nyangka deh dari adonan yang benar-benar cair bisa jadi cake seperti ini. Saya suka karena masih terasa pahit-pahit coklatnya, walaupun gak benar-benar pahit lho ya. Enaaak deh pokoknya menurut saya, walau bisa jadi ini pendapat yang subyektif karna saya penggemar cake coklat hihihi. Di dalam resep menggunakan juga larutan kopi, tapi aroma dan rasa kopinya kalah dengan coklatnya. Bikinnya gampang banget kok dan bahan-bahannya juga simple.






BLACK MAGIC CAKE
source : Hershey's Kitchen

Bahan :
2 cup gula pasir halus
1-3/4 cup tepung terigu serbaguna
3/4 cup coklat bubuk
1 sdt soda kue
1 sdt baking powder
2 butir telur
1 cup buttermilk (dari 1 cup susu UHT plus 2 sdt air jeruk nipis)
1 cup larutan kopi ( dari 2 sdt kopi bubuk plus 1 cup air panas), dinginkan
1/2 cup minyak sayur
1/2 sdt vanilla

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang, olesi margarin, alas kertas roti dan oles kembali. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
3. Dalam suatu wadah, letakkan gula, vanilla dan campuran tepung. Aduk rata.
4. Tambahkan telur, buttermilk, larutan kopi dan minyak sayur. Kocok dengan mixer kecepatan rendah selama kurang lebih 2 menit. Adonan akan berbentuk CAIR ya.
5. Tuang ke dalam loyang dan panggang hingga matang selama kurang lebih 40 menit atau tergantung oven masing-masing.
6. Keluarkan dari loyang, biarkan 10 menit dalam loyang baru dikeluarkan.

CHOCO DRIZZLE

Bahan :
100 ml susu cair
200 gr dark cooking chocolate, cincang

Cara Membuat :
1. Double boil (tim) susu cair dan cooking chocolate hingga leleh.
2. Aduk-aduk hingga rata , matikan api dan siap digunakan.




Choco drizzle yang saya pakai ini enak banget ketika masih hangat karena masih meleleh-leleh gitu kan, enak buat dicolekin hehehe. Nanti ketika sudah dingin, teksturnya akan menjadi set. Boleh juga kalau ingin memakai saus karamel atau bahkan saus strawberry untuk mengimbangi rasa coklatnya. Dinikmati plain aja juga udah enak kok. Sebagai variasi bisa juga ditaburi chocochips di atas choco drizzlenya atau bisa juga memakai coklat cincang. Tambah nyoklat jadinya.

Alhamdulillah...suami suka, anak-anak pun juga suka. Bundanya...jelas hobby banget dengan cake seperti ini. Recomended untuk dicoba !!




Happy Baking...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
Thursday, 19 March 2015 at 17:19:00 GMT+7 delete

Mba Nina cetakannya baguss hehehe...ijin nyobain resepnya yahhh

Reply
avatar
Thursday, 19 March 2015 at 20:47:00 GMT+7 delete

langsung saya bookmark mba nina. wajib saya coba, karena saya choco lover. makasih resepnya, tapi saya harus konversi dulu ke gram, hehehe

Reply
avatar
Thursday, 19 March 2015 at 22:53:00 GMT+7 delete

Mba..pengen nyobain..tp ga punya cup2an..bisa dikonversi ke gram ga resepnya..tengqyu

Reply
avatar