BAKED POTATO WEDGES



Bismillah

Halo...pasti udah banyak yang tau kan potato wedges atau bisa jadi udah banyak yang sering bikin potato wedges di rumah. Potato wedges adalah variasi lain dari french fries. Yang membedakan potato wedges mempunyai potongan yang lebih besar dan kulit kentangnya tidak dikupas. Potato wedges ada yang digoreng seperti french fries dan ada pula yang dipanggang. Biasanya potato wedges bisa ditemui dengan mudah di resto-resto Western.

Kebetulan minggu lalu saya bikin sirloin steak untuk suami saya dan ternyata saya tidak punya stok wortel ataupun buncis yang bisa dijadikan pelengkap steak tersebut. Karena adanya cuma kentang, jadilah kentangnya saya olah menjadi potato wedges ini. Bikinnya simpel aja kok, walau memerlukan waktu yang lebih lama dibanding kita membuat french fries. Selain untuk pelengkap steak, potato wedges ini enak banget untuk cemilan lho. Dicocol dengan saus sambal favorit atau mayonaise....hmmm...enak deh. Abaikan foto saya yang memakai cocolan thousand island dressing ya hihihi. Kebetulan lagi gak punya mayo, eh...tapi cocok-cocok aja kok pakai thousand island (maksaaa).




BAKED POTATO WEDGES

Bahan :
400 gr kentang (pilih yang kulitnya mulus ya)
5 siung bawang putih, parut halus
1,5 sdt garam
1/2 sdt lada hitam bubuk
1 sdt oregano
3 sdm olive oil

Cara Membuat :
1. Cuci kentang di bawah air mengalir, sikat hingga bersih dan potong-potong dengan ketebalan sesuai selera. Jangan dikupas ya !!
2. Aduk bawang putih, lada hitam, oregano dan olive oil.
3. Masukkan potongan kentang, aduk hingga rata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
4. Panaskan oven 170' C, alasi loyang atau pinggan tahan panas dengan alumunium foil. Tata kentang di atasnya dan tutup kembali dengan alumunium foil dan panggang selama 30 menit.
5. Setelah 30 menit, buka tutup alumunium foil kemudian masukkan lagi ke dalam oven dan panggang selama 15 menit. Lakukan test tusuk ya.
6. Balikkan kentang dan oven lagi selama 5 menit.
7. Matikan api dan angkat.

Notes :
- Waktu pemanggangan tergantung dari ketebalan kentang. Semakin tebal maka waktu pemanggangan semakin lama.
- Sebagai variasi bisa diberi taburan parmesan cheese sesaat setelah diangkat.




Asyik juga lho bikin potato wedges sendiri, selain lebih puas maemnya pastinya lebih irit donk ya hahaha. Maklum...balada emak-emak irit nih, pingin makan enak dan banyak tapi harus tetep ngirit. Kalau beli di resto kan biasanya mahal juga kan.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
Saturday, 2 May 2015 at 06:05:00 GMT+7 delete

Mbak, suka banget dg fotonya, itu pencahayaanya di sorot langsung ke makananya atau gmn mbak?

Reply
avatar
Wednesday, 13 May 2015 at 21:22:00 GMT+7 delete

Terima kasih ya mbak Nugraheni, foto-foto saya semua pakai natural light alias cahaya matahari. Dibantu dengan reflektor sederhana untuk memantulkan cahaya. Biasanya saya pakai alas tart yang warna silver

Reply
avatar
Sunday, 2 August 2015 at 23:28:00 GMT+7 delete

Thanks for sharing, its really heplful

Reply
avatar