FETTUCCINI MUSHROOM CARBONARA



Bismillah...

Postingan tentang pasta lagi ya. Kali ini saya membuat fettuccini carbonara. Sebenarnya kalau disuruh memilih kami sekeluarga lebih senang dengan olahan pasta dengan saus bolognese atau aglio e olio, tapi untuk variasi, oke juga kok diolah ala carbonara seperti ini.

Konon di daerah asalnya di Lazio sana, pasta carbonara tidak memakai krim atau susu seperti halnya yang kita ketahui lazim disini. Disana olahan carbonara memakai kocokan kuning telur yang diberi parmesan parut. Pasta yang baru selesai direbus, tanpa ditiriskan terlebih dahulu langsung dimasukkan ke dalam campuran telur dan parmesan tersebut. Karena terkena pasta yang masih panas, maka telur akan matang dengan sendirinya. Bisa juga ditambahkan sedikit air bekas rebusan pasta tadi.

Kalau disini, pada umumnya olahan carbonara terdiri dari pasta yang disiram saus putih. Saus putih tersebut memakai campuran krim, susu, kaldu dan juga keju. Kalau yang kurang terbiasa, mungkin akan terasa eneg ya, tapi sebenarnya enak juga kok. Untuk pelengkapnya bisa menggunakan jamur, smoked beef, sosis atau bahkan tuna. Kali ini saya hanya memakai jamur saja, maklum...stok kulkas lagi sepi hihihi. Pastanya juga bisa sesuai selera ya, bisa pakai macaroni, spaghetti atau fettuccini seperti yang saya pakai ini.




FETTUCCINI MUSHROOM CARBONARA

Bahan :
200 gr fettuccini
1 butir bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
2 siung bawang bombay, memarkan
5 butir jamur champignon, belah 3
200 ml susu cair
200 ml air kaldu
100 ml krim kental (cooking cream)
2 sdm olive oil
1/2 sdm munjung tepung terigu
30 gr parmesan cheese (bisa pakai cheddar)
1/2 sdt lada 
1/4 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt oregano

Taburan :
oregano dan keju parmesan secukupnya

Cara Membuat :
1. Rebus fettuccini dalam air yang sudah diberi olive oil hingga matang. Angkat dan tiriskan.
2. Panaskan olive oil, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
3. Masukkan jamur, aduk-aduk kemudian masukkan terigu. Aduk hingga berbulir-bulir.
4. Masukkan susu cair dan kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk, kemudian masukkan krim kental.
5. Bumbui dengan lada, garam, gula pasir dan merica bubuk kemudian masukkan keju parmesan. Test rasa hingga sesuai selera.
6. Masak hingga mendidih dan mengental. Matikan api.
7. Tata fettuccini di atas piring saji, siram sausnya dan beri taburan.
8. Segera sajikan.

Notes :
- Kalau tidak ada krim kental, bisa diskip ya. Bisa menggunakan susu dan kaldu saja, tetap enak kok tapi kurang creamy.
- Hati-hati penggunaan garam ya karena pemakaian keju, jadi masukkan garam sedikit demi sedikit dulu.




Bisa jadi salah satu alternatif olahan pasta kan. Saya sendiri belum pernah mencoba membuat carbonara seperti aslinya. Jujur rasanya masih geli bayangin telur yang cuma disiram gitu aja hihihi. Moga-moga lain kali ada kesempatan untuk mencobanya.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat
Happy Cooking

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Wednesday, 25 November 2015 at 11:14:00 GMT+7 delete

Hai mbak nina.. salam kenal :)

Saya pernah iseng bikin yang "versi asli"nya.. Alhamdulillah cocok di lidah dan nggak eneg..
Malah aku pribadi lebih suka yang versi asli ini. Rasa sausnya lebih light dan "nempel"
Pernah juga bikin pake susu, tapi dikiit aja buat syarat.. ala ala Japanese style Carbonara. hehe

Maaf jadi panjang nih mbak.. hehe
Semoga next time mbak nina bisa mencoba bikin juga yah mbak :)

Reply
avatar
Wednesday, 25 November 2015 at 12:36:00 GMT+7 delete

Aaah... Gak eneg ya mbak yg versi aslinya, jadi pengen nyoba juga deh. Entah ya kenapa kok disini versi carbonara jadi beda hehehe. Thanks for sharing ya mbak

Reply
avatar