DONAT KENTANG MENOR



Bismillahirrohmanirrohim

Bikin donat yuuk. Weekend kemarin acaranya bikin donat, bukan karena kurang kerjaan atau pas lagi senggang sih, tapi karena Mama lagi pingin donat yang bikin sendiri. Padahal biasanya kalau hari Sabtu, saya malah sibuk banget ngurus kerjaan, baru hari Minggu bisa santai-santai ala di pantai hahaha. Karena ini Mama yang pengen jadi yaa...dibelain bikin lah. Padahal udah kebayang gimana ribetnya bikin donat di rumah Mama, karena itu brarti saya harus nguleni sendiri karena gak ada mixer yang membantu. Tapi it's oke laah.

Donat kentang ini memang jadi favorit Mama, donatnya empuuk banget karena perbandingan kentang dan terigu 1:1. Sampai keesokan harinya, donat ini masih tetap empuk, jadi gak heran kalau Mama dan Papa yang sudah sepuh suka dengan donat ini. Seperti biasa donatnya cukup diberi taburan gula halus aja. Selain jadi favorit keluarga, sebenarnya saya mah males kalau harus ngelelehin coklat buat topping hihihi. Alhamdulillah gini aja laris manis kok. Kenapa dikasih nama donat kentang menor, ya karena bedak gula halusnya itu menor banget. Maksudnya menor selain tebal tapi juga gak rata hahaha. Entahlah walau suka dengan donat tabur gula halus, tapi saya gak lulus-lulus naburin gula halus yang rapi.






Tuh bisa dilihat kan kalau taburan gula halusnya gak karuan. Lupakan saja ya tentang taburan menor, kita ngomongin resep aja. Seperti yang saya tulis tadi, perbandingan kentang dan tepung adalah 1:1. Saat menguleni memang terasa lebih lengket dibanding dengan yang pemakaian kentangnya lebih sedikit. Gak apa-apa, memang terasa lebih repot, tapi nanti tetap bisa dibentuk kok. Resep ini tidak memakai cairan seperti susu cair atau air, karena memang adonannya sudah cukup lengket.

DONAT KENTANG MENOR

Bahan :
500 gr kentang, kukus dan haluskan
500 gr tepung terigu serbaguna
175 gr gula pasir halus
11 gr ragi instan
2 butir telur, kocok lepas
125 gr margarin
1/2 sdt garam
minyak goreng secukupnya
gula halus secukupnya

Cara Membuat :
1. Dalam suatu wadah, campur tepung terigu, gula pasir halus dan ragi instan. Aduk rata.
2. Tambahkan telur dan kentang kukus. Aduk hingga rata dan uleni hingga kalis.
3. Masukkan margarin dan garam, teruskan menguleni hingga kalis elastis. Bila dirasa sangat lengket, taburi tangan dengan terigu secukupnya, jangant terlalu banyak ya.
4. Diamkan selama kurang lebih 30-45 menit sambil ditutup lap bersih hingga mengembang 2x.
5. Kempiskan adonan, bagi dan bulatkan adonan. Diamkan lagi selama kurang lebih 10 menit.
6. Panaskan minyak, lubangi bagian tengah donat dan goreng dengan api sedang sambil diputar-putar lubangnya memakai sumpit. Goreng hingga matang dan berwarna coklat keemasan.
7. Angkat dan tiriskan. Setelah hangat bisa diberi taburan gula halus.

Beberapa tips membuat donat sudah pernah saya posting disini ya.




Alhamdulillah...donatnya laris manis. Yang paling bikin senang adalah Mama dan Papa suka banget. Kebetulan Sabtu kemarin juga ada teman-teman kakak Naira ke rumah, jadi sekalian bisa buat suguhan mereka.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat.

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
Anonymous
Wednesday, 18 February 2015 at 11:26:00 GMT+7 delete

assalamualaikum bunda nina,saya dian. ini resepnya g sama dengan resep di post sebelumnya yayg menggunakan susu dan tepung protein? apakah hasil akhirnya sama?atu lebih enak yang ini?hihihi...mau praktek bingung mau nyoba yang mana. kalo dari segi bahan lebih mudah yang resep ini.
makasih bunda^^

Reply
avatar
Wednesday, 18 February 2015 at 21:13:00 GMT+7 delete

Waalikumsalam Dian
iyak resepnya memang gak sama, hasilnya enak semua hehehe. Saya sering buat dengan resep yang ini karena lebih mudah bahannya.
Biar tau bedanya, dicobain aja semua yuuk

Reply
avatar
Sunday, 31 May 2015 at 16:43:00 GMT+7 delete

Aq udh nyobain resep ini..disimpen di wadah kedap udara tetep empuk..wueeenaa'e

Tengqyu mb nin

Reply
avatar
Wednesday, 16 March 2016 at 20:39:00 GMT+7 delete

aq juga nyoba yg ini, tapi kentangnya diganti ubi kuning,rasanya enak, dan empuk.

Reply
avatar