STEAMED MATCHA CAKE





Bismillahirrohmanirrohim
Sebenarnya aku suka banget dengan hal-hal yang berbau matcha atau green tea. Sebenarnya juga aku selalu nyetok matcha powder atau green tea bubuk di rumah. Tapiii...di rumah cuma aku yang suka aroma matcha. Suami doyan sih, tapi gak terlalu hobby dengan matcha sedangkan anak-anak gak ada yang doyan huhuhu. Kata anak-anak aromanya aneh dan rasanya pahit, jadi mereka sama sekali gak suka. Padahal justru aroma dan rasanya yang pahit-pahit sedap itu yang bikin khas ya hehehe. Itulah yang bikin aku jarang sekali bebikinan dengan matcha kecuali buat aku sendiri. Maklum biasanya untuk bikin cemilan aku harus menyesuaikan selera anak-anak.

Kebetulan kemarin ada moment yang pas untuk bebikinan dengan matcha. Udah lama juga tidak menikmati sedapnya matcha. Awalnya pengen bikin puding atau matcha latte, tapi akhirnya aku bikin steamed cake yang simpel aja. Maksudnya kan lumayan tuh bisa kubuat bekal, jadi gak tergoda untuk beli siomay misalnya kelaperan di tengah jalan heuheuheu. Bikinnya juga dikit aja, memakai loyang kecil 20x10 cm. Itu sudah lebih dari cukup buatku.

STEAMED MATCHA CAKE

Bahan :
3 butir telur
100 gr gula pasir
1/2 sdt cake emulsifier
80 gr tepung terigu
20 gr matcha powder
seubit garam
50 gr coklat masak putih (white cooking chocolate)
90 gr minyak sayur
75 gr susu kental manis putih

Cara Membuat :
1. Panaskan kukusan, siapkan loyang 20x10x7 cm. Oles tipis margarin atau minyak, alas kertas roti dan olesi kembali. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, matcha powder dan garam. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier hingga mengembang dan kental berjejak.
4. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit , aduk rata menggunakan spatula atau dimixer dengan kecepatan rendah. Sisihkan.
5. Tim coklat putih hingga leleh, matikan api kemudian masukkan minyak sayur. Aduk rata dan tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk balik menggunakan spatula hingga homogen.
6. Ambil 50 gr adonan, campur dengan susu kental manis. Aduk rata dan sisihkan.
7. Tuang 1/2 adonan ke dalam loyang, kukus selama 10 menit.
8. Tuang adonan yang sudah dicampur susu kental manis dan kukus kembali selama 10 menit.
9. Tuang sisa adonan di atasnya dan lanjutkan mengukus dengan api sedang selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang. Lakukan tes tusuk ya.
10. Angkat dari kukusan dan keluarkan dari loyang. Tunggu hingga dingin dan potong-potong sesuai selera.




Rasanya pas seperti yang aku pengen. Teksturnya lembut dan tidak seret. Tidak terlalu manis dan tetap terasa pahit-pahitnya matcha. Jangan dibayangkan kalau cake ini rasanya pahit ya, cuma terasa semburat pahitnya matcha. Pahit-pahit sedap kalau kubilang hihihi.
Karena cake ini dikukus, warna hijau matcha-nya lebih "keluar" dibandingkan dengan cake yang dioven. Warna dan rasanya sebenarnya juga tergantung dari matcha powder yang kita pakai. Di pasaran terdapat matcha powder dengan berbagai grade. So...ada istilah baru...kenali matcha powder yang dipakai ya ^^

Untuk matcha lovers...steamed cake ini bisa dicoba. 
Happy Steaming

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Thursday, 22 January 2015 at 11:02:00 GMT+7 delete

enak banget nih,pingin nyoba ah tapi ngak punya green tea bubuk hehe

Reply
avatar
Anonymous
Saturday, 7 March 2015 at 10:13:00 GMT+7 delete

Mba, green tea pake merk apa?

Reply
avatar
Monday, 18 January 2016 at 17:19:00 GMT+7 delete

Sepertinya enak mba...boleh tau krim nya buatnya gmn yg bagian tengahnya

Reply
avatar