STEAK TEMPE SAUS JAMUR LADA HITAM (IDFB WITH LOCK & LOCK E-COOK DECO FRY PAN)



Bismillahirrohmanirrohim

IDFB bersama LOCK & LOCK mengadakan Challenge "Who Is The Best Chef Blogger" dengan mengajak 10 blogger terpilih untuk memberikan review tentang salah satu produk terbaru LOCK & LOCK. Challenge ini bertujuan untuk memperkenalkan LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan. 

Pastinya sudah banyak yang tau kan tentang produk-produk LOCK & LOCK. Selama ini kita mengenal LOCK & LOCK sebagai produsen berbagai perlatan rumah tangga yang berkualitas, aman dan terjangkau harganya. Beberapa produk LOCK & LOCK antara lain adalah aneka botol minum, botol saus & kecap, container, lunch box set, shaker, mug dan tentunya stainless & cookware. Produk-produk LOCK & LOCK sudah terjamin karena mendapatkan Quality Certification, Hygiene and Safety serta Sanitary Finished dari beberapa lembaga di Korea. Jadi kita bisa dengan nyaman menjadikan produk-produk LOCK & LOCK sebagai pilihan untuk keluarga. 




Alhamdulillah saya termasuk salah satu food blogger yang beruntung diberi kesempatan untuk mereview LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan. Yuuk...kita lihat bagaimana kemampuan dan kehebatan Fry Pan cantik ini.

Pertama melihat LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan ini kita pasti langsung jatuh hati. Desainnya yang colorfull dan stylish bisa membuat tampilan dapur menjadi lebih menarik. Jadi selain bisa membantu kita dalam proses memasak, LOCK & LOCK E-Cook Fry Pan ini oke juga untuk mempercantik dapur. Warna-warnanya juga ceria, antara lain merah, kuning dan hijau.





LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan memiliki lapisan anti lengket, sehingga walaupun kita memakai sedikit minyak dalam proses memasak, makanan tidak akan menempel sehingga mudah dibersihkan. Dengan memakai sedikit minyak, maka makanan yang kita masak tentunya akan lebih sehat.

LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan mempunyai lapisan tahan panas pada bagian luar sehingga mencegah masakan menjadi cepat hangus. Panasnya merata pada semua bagian fry pan sehingga masakan menjadi cepat matang dan menghemat energi serta waktu memasak










LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan dilengkapi dengan pegangan yang nyaman, anti licin dan tidak panas, sehingga kita bisa dengan mudah memegangnya tanpa menggunakan serbet atau lap. 

Ada 1 lagi kelebihan LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan yang saya sukai yaitu memakai material light weight aluminium sehingga walaupun tebal tetapi cukup ringan. Saya cukup nyaman mengangkatnya ketika memasak dan juga membersihkan. 

Test pertama saya kepada LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan adalah membuat steak tempe saus jamur lada hitam. Pada umumnya steak terbuat dari daging, ayam ataupun ikan. Ternyata tempe juga bisa diolah menjadi steak yang tidak kalah enak dengan steak yang biasa kita jumpai. Dalam membuat steak tempe ini, bisa dipadukan dengan daging sapi, ayam atau bahkan udang. Tujuannya selain menambah cita rasa juga bisa meningkatkan gizi makanan tersebut. 

Seperti yang kita ketahui, tempe adalah bahan makan Indonesia yang menjadi salah satu sumber protein nabati. Tempe terbuat buat dari fermentasi biji kedelai dengan menggunakan berbagai jenis kapang Rhizopus. Sediaan fermentasi ini kita kenal sebagai ragi tempe. Tempe diketahui kaya akan serat, kalsium, zat besi serta vitamin B. 

Olahan tempe pun bermacam-macam, yang paling sering kita jumpai tentunya adalah tempe goreng. Selain itu tempe bisa diolah menjadi berbagai variasi menu yang lezat, salah satunya adalah steak tempe. Kali ini saya memadukan tempe dengan daging sapi giling. Cara membuatnya sangatlah mudah dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh. Saya membuat saus jamur lada hitam untuk paduan steak tempe. Untuk pelengkapnya saya memakai kentang goreng serta rebusan buncis, wortel, jagung manis dan kacang polong. Silahkan berkreasi dan menyesuaikan dengan selera keluarga ya. Berikut adalah resep steak tempe saus jamur lada hitam ala saya.

STEAK TEMPE

Bahan :
250 gr tempe, potong dadu kecil
200 gr daging giling
2 butir telur, kocok lepas
3 sdm tepung panir
2 sdm tepung terigu
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
1-2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat :
1. Kukus tempe hingga lunak kemudian haluskan.
2. Tumis bawang bombay hingga harum, angkat dan campur dengan semua bahan. Aduk hingga tercampur rata.
3. Test rasa dengan cara memanggang sedikit saja adonan. Koreksi rasa hingga sesuai selera.
4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian (saya timbang @75 gr), bentuk bulat pipih.
5. Panaskan LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan dan panggang adonan di atasnya tanpa menggunakan minyak atau mentega. Panggang hingga matang dan kedua sisinya kecoklatan. 
6. Angkat dan siap digunakan.


Adonan steak yang siap untuk dipanggang.


Steak tempe dipanggang menggunakan LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan.

Setelah 1 tahapan selesai saya kerjakan, saya juga tidak perlu repot-repot mencucinya, cukup dengan membersihkan dengan tissue maka LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan siap digunakan untuk tahapan selanjutnya. 

SAUS JAMUR LADA HITAM

Bahan :
1 kaleng jamur kancing, belah 3 bagian
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
400 ml air kaldu
1 sdm kecap manis
2 sdm saus tomat
1 sdm kecap inggris
2 sdm saus tiram
1 sdt garam
1 sdt lada hitam bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak di atas LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum.
2. Masukkan jamur kancing, aduk hingga rata.
3. Tuang air kaldu, masukkan kecap manis, saus tomat, saus tiram dan kecap inggris. Aduk hingga rata.
4. Bumbui dengan garam, gula pasir dan lada hitam. Masak hingga mendidih.
5. Tuang larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan. Koreksi rasa hingga sesuai selera.
6. Matikan api, siap digunakan.


Membuat saus jamur lada hitam memakai LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan.


LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan saya bersihkan dengan tissue dan siap digunakan untuk menggoreng kentang.



Kentang digoreng menggunakan LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan.


Setelah semua tahapan memasak selesai, biarkan fry pan dingin kemudian bisa dicuci menggunakan spons lembut. LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan kembali bersih tanpa ada bau masakan yang mengganggu.



Selesai sudah semua tahapan dan steak tempe siap disajikan.




Penyelesaian :
- Siapkan piring saji, tata steak tempe beserta pelengkap di atasnya dan siram dengan saus.
- Segera sajikan hangat.








Alhamdulillah...steak tempe ini sesuai dengan selera keluarga saya. Anak-anak suka sekali dengan saus jamur lada hitam dan membuat makan siang mereka menjadi menyenangkan.





Saya pun senang karena Fry Pan baru saya ternyata benar-benar menyenangkan untuk diajak "berduet" di dapur. Proses pembuatan steak tempe yang memerlukan beberapa tahapan ini dapat dengan mudah saya lakukan dengan bantuan LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan. Mulai dari proses memanggang, menggoreng kentang sebagai pelengkap dan juga membuat saus, cukup memakai sebuah LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan. Praktis, hemat waktu dan hemat tenaga. 




LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan ini recomended sekali untuk menjadi salah satu must have item peralatan dapur. Selamat mencoba petualangan memasak yang seru bersama LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan. 
Happy Cooking ^^




Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar
Saturday, 24 January 2015 at 15:47:00 GMT+7 delete

Uwaaa keren...yg dipilih keren2 juga.mssakannya juga enak2^^

Reply
avatar
Anonymous
Monday, 3 August 2015 at 13:32:00 GMT+7 delete

Bunda...q nyoba saus lada hitamnya koq gak bisa putih kyk yg difoto ya...jadinya hitam apa karna kebanyakan kecap atau memang kurang air... maklum bun masih tahab belajar memasak...

Reply
avatar
Wednesday, 5 August 2015 at 21:08:00 GMT+7 delete

haiii...kalau terlalu hitam bisa jadi kebanyakan saus tiram atau kecap atau memang karena airnya kurang ya. Gpp..masak itu memang kebanyakan pakai feeling kok, ntar kalau udah terbiasa masak pasti bisa pas rasanya

Reply
avatar
Monday, 24 August 2015 at 09:43:00 GMT+7 delete

Mba....foto2nya keren..kebangetan malah kerennya..mau nyoba resep ini bsk,dwmi mengantisipasi harga daging yg makin mahal aja...

Reply
avatar