PUDING MANGGA PODANG



Bismillahirrohmanirrohim
Biasanya kalau memasuki bulan Januari, seringnya hujan ya. Tidak heran kalau ada yang menyebut Januari berarti hujan sehari-hari. Tapi ternyata belakangan ini cuacanya justru terik sekali. Sudah lebih dari 1 minggu tidak turun hujan. Biasanya kalau lagi panas-panas gini, aku bikin cemilan yang segar-segar. Yang paling sering dibuat ya puding karena memang cukup mudah dan cepat. Kebetulan masih banyak yang jual mangga podang, yaitu mangga khas Kediri. Walaupun jumlahnya sudah tidak terlalu banyak, tapi penjual mangga podang masih dengan mudah dijumpai di pinggir jalan.

Mangga podang ini memang unik, kulitnya cantik berwarna kuning dengan semburat merah. Rasanya segar karena selain manis juga terasa ada asam-asamnya. Mangga podang yang sudah matang juga lebih lembek dibandingkan mangga lainnya karena kandungan airnya yang cukup banyak. Tak heran kalau banyak yang menikmati mangga podang tidak dengan cara dipotong-potong tetapi dengan memakannya langsung dari kulitnya hehehe. Ini dia penampakan mangga podang yang cantik.




Suami dan anak-anakku suka sekali dengan mangga podang ini. Aku bisa beli sekaligus 5 kg hehehe. Selain dimakan langsung, kadang mangga podang ini juga dibuat smoothies dan juga diolah menjadi puding. Resep ini bisa menggunakan mangga sesuai selera, asalkan mangganya sudah matang dan manis. Takaran cairan dan gula silahkan disesuaikan dengan tekstur dan kadar manis mangga ya.

PUDING MANGGA PODANG

Bahan :
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk plain
500 gr daging mangga podang yang sudah matang (bisa pakai mangga jenis lain ya)
500 ml susu cair
250 ml whipcream cair
100 gr gula pasir (sesuaikan selera dan kadar manis mangga)

Topping :
whipcream kocok
mangga potong
cherry kering

Cara Membuat :
1. Blender mangga dengan 300 ml susu hingga halus, kemudian campurkan dengan sisa susu dan whipcream cair. Aduk hingga rata.
2. Campur agar-agar bubuk dan gula pasir, masukkan cairan mangga. Masak dengan api kecil sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api.
3. Tuang ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air matang atau ke dalam gelas / cup kecil. Biarkan dingin dan set.
4. Hiasi dengan whipcream kocok, mangga potong dan cherry kering. Siap disajikan dingin.







Teksturnya lembut walau tidak memakai tambahan kuning telur, manisnya juga pas. Kalau tidak ada whipcream cair, bisa memakai full susu cair ya atau kalau kurang suka bisa dimix dengan air biasa. Alhamdulillah....segar sekali dinikmati di siang hari pada saat terik. 

Selamat mencoba

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Wednesday, 14 January 2015 at 19:16:00 GMT+7 delete

Whipedcream cairnya yg manis apa yg plain mba?

Reply
avatar
Wednesday, 14 January 2015 at 19:17:00 GMT+7 delete

Cantik skali ft nya mba nina,terbayang segarnya puding mangga ini...nyuuummmmy

Reply
avatar
Wednesday, 14 January 2015 at 21:43:00 GMT+7 delete

biasanya kalau whipcream cair, gak manis rasanya mbak Ikka

Reply
avatar