MIE GORENG ASAM PEDAS



Bismillahirrohmanirrohim

Bagiku, yang namanya puyeng atau pusing tidak selalu harus disembuhkan dengan minum obat. Ada salah satu cara yang menurutku jitu untuk mengurangi pusing atau puyeng, yaitu makan makanan pedas hihihi. Entahlah ini sugesti atau bukan, tapi memang biasanya bisa mengurangi lho. Gak heran kalau udah ngerasa pusing, aku seringnya malah ke dapur untuk sekedar mengolah makanan sederhana yang pedas, baru kemudian istirahat. Yang jadi favorit tentu saja mie kuah pedas, bakso super pedas dan seblak basah. 




Waktu bikin mie goreng asam pedas ini, aku gak lagi pusing sih tapi emang lagi pengen aja. Kalau lagi pusing, gak akan ada acara foto-foto kan. Sebenarnya ini adalah mie goreng biasa, mirip dengan mie goreng asam pedas ala Thai yang dulu sudah pernah aku posting. Bikinnya tentu saja super gampang, seperti halnya membuat mie goreng lainnya. Isiannya juga bisa disesuaikan dengan bahan yang kita punya. Kali ini aku pakai ayam, udang, cumi, bakso dan sawi hijau. Semuanya pakai dikit-dikit aja kok, karena bikin mie-nya juga dikit aja. Dinamakan mie goreng asam pedas karena memang mie goreng ini memakai saus sambal dan cabe rawit. Untuk saus sambalnya, aku lebih suka memakai sambal bangkok. Silahkan disesuaikan dengan selera aja ya, kalau mau pakai sambal ekstra pedas juga oke.

MIE GORENG ASAM PEDAS

Bahan :
200 gr mie kering
1 sdt minyak wijen
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
5 cabe rawit, iris halus
50 gr udang
50 gr fillet ayam, potong dadu
50 gr cumi 
5 butir bakso, iris tipis
2 ikat sawi, potong-potong
100 ml saus sambal bangkok
2 sdm kecap manis
garam dan merica bubuk secukupnya
100 ml air (optional)
1 batang daun bawang, iris
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Rebus mie dalam air mendidih hingga setengah lunak. Angkat dan tiriskan kemudian tuang minyak wijen, aduk hingga rata. Sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan udang, fillet ayam, cumi dan bakso. Aduk hingga berubah warna.
3. Masukkan cabe rawit dan sawi, aduk hingga rata kemudian masukkan mie.
4. Tuang saus sambal dan kecap manis. Aduk hingga rata.
5. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk, bumbui garam dan merica bubuk. Aduk rata dan masak sebentar hingga air menyusut.
6. Menjelang diangkat, masukkan daun bawang, aduk rata.
7. Angkat dan segera sajikan.

Note :
Ditambahkan sedikit air, karena aku suka dengan mie goreng yang tidak terlalu kering, tapi tekturnya agak basah. Kalau orang Jawa bilang "nyemek-nyemek" hehehe. 
Kalau suka dengan mie goreng yang teksturnya kering, tidak perlu ditambahkan air ya.




Alhamdulillah....pas dengan seleraku dan suami. Kalau buat anak-anak tentu saja dibuatkan khusus yang tidak pedas, dengan isian yang sama.

Selamat mencoba...Happy Cooking ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »