EVENT MASBAR : VANILLA ROLL CAKE



Bismillahirrohmanirrohim
Nyaris absen dalam event Masbar di Instagram kali ini. Sebenarnya event-nya sudah dimulai sejak bulan lalu dan aku juga juga punya rencana untuk belajar bikin tiger roll cake sebagai setoran ke even ini. Tapi ternyata rencana tinggal rencana, tetap kalah dengan yang namanya sok sibuk dan malas huhuhu. Di hari terakhir masa penyetoran baru ingat kalau belum bikin roll cake...haduuh. Akhirnya bikin roll cake dengan resep andalan yang resepnya sudah dihafal aja, udah gak sempat lagi browsing resep karena kebetulan pas hari terakhir itu juga lagi banyak acara. Daaan...akhirnya lagi-lagi bikin vanilla roll cake ^^

Dulu aku paling takut dengan yang namanya bikin roll cake, karena aku ngerasa pasti gak bisa ngegulungnya. Yang namanya pengen belajar, jadi harus nekad juga kan. Setelah mencoba aku jadi tau kalau ternyata proses menggulung roll cake itu tidak sulit, bisa dilihat kok di youtube cara menggulung roll cake yang asyik. Menurutku yang lebih sulit adalah proses pemanggangan. Tapi ternyata setelah mengenal karakter oven masing-masing, kita bisa sukses kok bikin roll cake. Dulu pertama bikin roll cake, aku belum punya oven gas dan masih menggunakan oven tangkring yang tentu saja tanpa dilengkapi pengatur suhu. Pertama bikin roll cake, kulitnya sukses nempel di kertas roti hihihi. Percobaan kedua, roll cakenya sukses patah waktu digulung, berarti ngovennya kelamaan. Pedekate lagi deh sama oven dan Alhamdulillah yang selanjutnya bisa sukses. Selalu ada acara gagal dan coba ya dalam proses belajar ^^







Resep vanilla roll cake ini sudah beberapa kali aku posting, yaitu resep dari Mama. Udah cocok banget dengan resep ini karena memang lembut dah halus teksturnya. Aku biasanya membuat dengan all in one method, tapi kalau ingin membuat dengan spongecake method juga bisa kok. Resep asli dari Mama juga memakai spongecake method. 

Pas banget di rumah masih ada 9 telur, masih punya buttercream sisa orderan dan ada keju yang bisa dijadikan filling. Tapi ternyata anak-anak minta kalau fillingnya memakai meises...ya wiis turutin aja. Baru tau kan roll cake dengan filling buttercream dan meises hihihi. Walau terdengar aneh, tapi ternyata enaak juga lho. Resepnya aku tuliskan lagi disini ya...

VANILLA ROLL CAKE

Bahan :
9 kuning telur
3 putih telur
90 gr gula pasir
30 gr tepung terigu protein rendah
20 gr maizena
1/2 sdt emulsifier
1 sdt vanilla 
80 gr butter leleh
1/2 sdt pasta coklat untuk motif

Filling :
Bisa memakai selai, buttercream, keju atau ganache

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 190'C, siapkan loyang 28x28x4 cm atau 30x30x4 cm. Oles margarin, alasi kertas roti dan oles lagi. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu dan maizena.
3. Dalam sebuah bowl, kocok semua telur, gula pasir, campuran tepung dan emulsifier hingga mengembang dan kental berjejak. Masukkan vanilla, kocok hingga rata. Matikan mixer.
4. Tuang butter leleh, aduk balik menggunakan spatula hingga rata.
5. Ambil 1 sendok sayur adonan, beri pasta coklat, aduk hingga rata dan masukkan ke dalam piping bag. Gunting sedikit ujungnya.
6. Tuang adonan ke dalam loyang, beri motif di atasnya kemudian panggang selama kurang lebih 15 menit. Tergantung oven masing-masing ya.
7. Setelah matang, angkat dan balikkan di atas serbet bersih, kemudian balikkan lagi di atas rak kawat sehingga permukaan yang berkulit ada di atas. Biarkan hingga dingin.
8. Siapkan kertas roti yang ukurannya lebih besar dari cake atau bisa juga menggunakan serbet bersih, balikkan lagi cake di atasnya. Olesi dengan filling kemudian gulung sambil dipadatkan.
9. Simpan sebentar di lemari es hingga set baru dipotong-potong.

Tips :
- Kunci sukses pembuatan roll cake ada pada proses pemanggangan. Gunakan suhu tinggi sehingga roll cake bisa "berkulit" permukaannya dan waktu pemanggangan tidak terlalu lama.
- Kenali masing-masing oven karena karakter oven berbeda-beda.
- Waktu pemanggangan yang kurang lama mengakibatkan roll cake kulitnya mengelupas jika digulung. Sedangkan waktu pemanggangan yang terlalu lama mengakibatkan tekstur roll cake terlalu kering sehingga ketika digulung mudah retak atau patah.




Silahkan dikreasikan sesuai selera keluarga ya, bisa dibuat roll cake pandan, mocca, coklat ataupun roll cake zebra. 
Selamat mencoba....Happy Baking ^^

LBT #36 APPLE CINNAMON BREAD PUDDING



Bismillahirrohmanirrohim
Tema LBT #36 bulan ini adalah Puding Panggang. Di Indonesia kita mengenal kalau yang namanya puding identik dengan sajian penutup yang berbahan dasar agar-agar, jelly atau custard dengan tekstur yang lembut. Metode pembuatannya pun beragam, mulai dari yang cukup dengan diaduk-aduk saja, dikukus dan tentu saja dipanggang. Sedangkan di Eropa, puding memiliki cakupan yang lebih luas, yaitu meliputi berbagai hidangan penutup baik itu manis ataupun gurih. Puding atau pudding disana bisa juga berupa cake dengan tekstur lembut yang disajikan dengan ukuran personal dengan berbagai varian rasa. 

Untuk LBT #36 yang temanya puding panggang, sebenarnya sangat beragam, misalnya adalah agar bakar atau yang populer disebut puding casablanca, bread pudding, puding karamel, custard puding dan lain sebagainya. Kali ini aku membuat yang gampang dan simpel aja yaitu apple cinnamon bread pudding. Kebetulan semua bahan ada di rumah, jadi tinggal eksekusi aja.







Bread pudding sebenarnya merupakan salah satu jenis 'hot dessert' yang seharusnya disajikan dalam keadaan panas atau hangat. Tapi menurutku bread pudding enak juga kok disajikan dingin. Teksturnya tetap lembut karena dalam proses pemanggangan menggunakan teknik steam bake atau au bain marie. Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat bread pudding adalah adonan custard atau bahan yang akan disiramkan ke roti. Selama ini aku sering membuat bread pudding, baik yang menggunakan full susu UHT atau yang dicampur dengan krim kental atau whipcream cair. Hasilnya memang lebih enak yang menggunakan whipcream cair. Kadang kalau tidak ada whipcream cair, aku memakai whipcream bubuk yang dicairkan terlebih dahulu. 


Sebenarnya dulu udah pernah bikin juga apple cinnamon bread pudding, tapi kali ini kubuat beda. Filling dan topping apelnya seperti yang dibuat untuk isian apple pie. Sesuai dengan namanya, kalau bisa cinnamon atau kayu manisnya jangan diskip ya, karena ini yang bikin enak. Seperti kalau kita bikin apple pie, kayanya kayu manis tuh wajib dipakai ya. 






APPLE CINNAMON BREAD PUDDING

Bahan :
8 lembar roti tawar gandum, potong 4 bentuk segitiga
350 ml susu cair
250 ml krim kental (whipcream cair)
85-100 gr gula pasir (sesuaikan dengan selera)
4 butir telur
2 kuning telur
3 sdm butter leleh

Bahan Filling & Topping Apel :
3 buah apel, kupas dan iris tipis
1 sdt air lemon (bisa juga pakai air jeruk nipis)
60 gr gula pasir
2 sdm gula palem
1 sdt kayu  manis bubuk
1/8 sdt garam
1 sdm maizena

Cara Membuat Filling & Topping :
1. Campurkan apel dengan air lemon, aduk hingga rata.
2. Masukkan gula pasir, gula palem, kayu manis bubuk dan garam. Aduk hingga rata.
3. Simpan di dalam lemari es kurang lebih selama 15 menit hingga apel berair atau keluar juicenya.
4. Keluarkan dari lemari es, taburi maizena dan aduk hingga rata.
5. Panaskan apel bersama juicenya di atas api kecil hingga mengental dan apel lunak. 
6. Angkat dan siap digunakan.

Cara Membuat Bread Pudding :
1. Panaskan oven 160'C, siapkan loyang atau pinggan tahan panas yang dioles butter atau margarin. Siapkan juga loyang lebar dengan tinggi 3-4 cm untuk proses steam bake.
2. Dalam bowl, campur susu cair, krim kental, gula, telur dan butter leleh. Aduk hingga rata menggunakan whisk.
3. Tata sebagian roti di dasar pinggan, siram dengan sebagian campuran susu. Biarkan sejenak hingga meresap kemudian tata sebagian aple di atasnya.
4. Tata sisa roti di atas apel dan siram kembali dengan sisa campuran susu. Selanjutnya tata sisa apel sebagai topping di atasnya.
5. Panggang dengan cara steam bake (pinggan diletakkan di dalam loyang pendek yang berisi air mendidih) selama kurang lebih 40 menit. Tergantung masing-masing oven ya.
6. Angkat dan siap disajikan hangat atau dingin.

Sebenarnya jadinya lumayan juga lho, aku bikin di beberapa ramekin kecil dan 2 buah ramekin ukuran sedang ini. Seperti biasa kalau bikin bread pudding selalu laris manis ketika hangat, jadi aku harus menyisihkan 1 ramekin sedang ini untuk difoto keesokan harinya heuheuheu.




Happy Baking ....Salam LBT ^^

SAMBALADO TERONG TERI



Bismillah....
Lagi-lagi postingan tentang simpel menu. Kalau yang ini kayanya udah jadi menu sejuta umat deh, alias udah umum banget dan banyak yang bisa bikinnya. Sambalado terong ini juga lumayan sering juga aku bikin karena cukup mudah dan praktis. Biasanya dipadukan dengan rebusan daun singkong dan juga sambel ijo. Waduuh...itu salah satu menu boros nasi. Sambalado terong ini enak banget kalau diberi campuran teri medan, tapi kali ini aku pakai teri biasa aja, gak tau namanya teri apa tapi rasanya gak asin. Jadi pemakaian garam, disesuaikan dengan jenis teri yang dipakai ya. 

SAMBALADO TERONG TERI

Bahan :
3 buah terong, potong dan goreng
50 gr teri, goreng
2 helai daun salam
1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
1 ruas lengkuas, memarkan
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Uleg Kasar :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
12 cabe merah
7 cabe rawit (sesuaikan selera pedas)
2 ruas jahe

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu uleg kasar hingga matang dan harum. Masukkan daun salam, serai dan lengkuas. Aduk hingga rata.
2. Masukkan teri kemudian bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk hingga rata dan test rasa hingga sesuai selera.
3. Masukkan terong, aduk rata dan masak sebentar dengan api kecil hingga bumbu meresap.
4. Angkat dan siap disajikan.





Semakin pedas semakin mantap kan. Yang lebih asyik karena bikinnya cepat dan anti ribet.
Happy Cooking ^^

AYAM PANGGANG ORIENTAL





Bismillahirrohmanirrohim
Pastinya banyak yang suka dengan menu yang berbahan dasar ayam kan. Ayam goreng, ayam bakar, soto ayam, sup ayam dan segala variasi hidangan ayam memang banyak disuka. Biasanya aku suka sekali bikin ayam bakar atau ayam goreng buat menu sehari-hari. Maklum, cari yang praktis-praktis aja. Kalau biasanya aku bikin ayam bakar dengan bumbu tradisional, kali ini bikin dengan bumbu oriental. 

Dinamakan ayam panggang oriental karena memang memakai bumbu-bumbu yang biasa dipakai dalam masakan oriental, yaitu cukup kecap manis, saus tiram dan minyak wijen. Bumbu lainnya juga tidak perlu diuleg, hanya cukup diiris-iris saja. Praktis dan mudah. Rasanya juga tidak mengecewakan lho atau kalau kata anakku...enaak. Alhamdulillah. 
Resep berikut, porsi kecil aja ya, cukup untuk menu sekali makan siang keluargaku.

AYAM PANGGANG ORIENTAL

Bahan :
600 gr ayam, potong sesuai selera
1 sdt garam
1 sdt air jeruk nipis / lemon
minyak goreng secukupnya
1/4 butir bawang bombay, iris tipis
wijen secukupnya untuk taburan

Bumbu Perendam :
7 sdm kecap manis
5 sdm saus tiram
2 sdm minyak wijen
1 sdm air jeruk nipis / lemon
4 siung bawang putih, memarkan
1 butir bawang bombay, iris tipis
2 ruas jahe, memarkan
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk

Cara Membuat :
1. Campurkan ayam dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
2. Panaskan minyak dan goreng ayam hingga kecoklatan. Jangan terlalu lama ya. Angkat dan tiriskan.
3. Campurkan semua bahan perendam kemudian masukkan ayam ke dalamnya. Aduk hingga tercampur rata.
4. Tuang ke dalam pinggang tahan panas atau loyang kemudian panggang dalam oven suhu 170'C selama kurang lebih 40 menit. Setelah memanggang 20 menit, keluarkan loyang dan balikkan ayam kemudian lanjutkan memanggang hingga matang.
5. Angkat, taburi wijen dan beri bawang bombay serta seledri sebagai garnish. Siap disajikan.





Cukup mudah dan simpel kan cara membuatnya. Semoga bisa jadi salah satu alternatif menu di rumah ya.
Selamat mencoba ^^





CHOCOLATE BANANA CAKE WITH PEANUT BUTTER ICING



Bismillah....
Oooh...kenapa panjang sekali judul postingan kali ini yak hihihi. Gak apa-apa lah panjang karena biar jelas aja kalau kali ini adalah postingan tentang banana cake coklat yang pakai peanut butter icing. Eh ya...jangan bosan dulu ya dengan postingan peanut butter, karena memang keluargaku suka banget. Setelah kemarin bikin peanut butter sauce buat pancake, bikin peanut butter brownies, kali ini peanut butter icing di banana cake, In shaa Allah...masih ada edisi selanjutnya tentang peanut butter heuheuheu. 

Selain macaroni schotel dan brownies, banana cake adalah salah satu solmed-ku alias akunya doyan banget. Jadi kalau lagi-lagi postingannya tentang makutel, brownies dan bancake...harap maklum ya. Kali ini aku membuat chocolate banana cake dengan resep yang sudah biasa aku buat. Untuk variasi, aku membuat peanut butter icing sebagai toppingnya. Rasanya....sudah pasti enak, apalagi buat penggemar bancake dan peanut butter seperti aku. Abaikan penampilannya yang tidak meyakinkan ini ya, lagi gak punya chocochips, adanya chips yang warnanya hijau kecoklatan gitu yang kalau dilihat-lihat sepintas mirip kacang ijo huhuhu. Monggo kalau ada yang mau mencoba resepnya.




CHOCOLATE BANANA CAKE WITH PEANUT BUTTER ICING

Bahan :
115 gr butter
220 gr gula pasir halus
2 butir telur
1/2 sdt vanilla
230 gr tepung terigu
20 gr coklat bubuk
1/2 sdt soda kue
3-4 buah pisang, lumatkan dengan garpu
65 ml buttermilk (susu + air jeruk nipis)

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang (aku pakai loyang tulban 20cm), olesi margarin dan tabur tipis terigu. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan soda kue. Sisihkan.
3. Kocok butter dan gula hingga lembut, masukkan vanilla dan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
4. Masukkan campuran tepung, aduk rata menggunakan spatula. Jangan overmix ya.
5. Masukkan pisang dan buttermilk. Aduk hingga rata.
6. Tuang ke dalam loyang dan oven hingga matang. Lakukan test tusuk dan test sentuh.
8. Matikan api, biarkan hangat dan keluarkan dari loyang. Dinginkan di atas rak kawat.

Bahan Peanut Butter Icing :
100 gr selai kacang creamy
50 gr gula pasir halus
70 ml susu cair

Cara Membuat Peanut Butter Icing :
1. Letakkan selai kacang di wadah tahan panas, masukkan ke dalam microwave sebentar hingga teksturnya lebih melted atau teksturnya lebih cair. Bisa juga dengan memanaskan sebentar dengan cara ditim di atas kompor.
2. Masukkan gula pasir halus dan susu cair. Aduk hingga rata hingga encer.
3. Siap dituang ke atas cake.




Selamat mencoba ^^

EGGLESS PEANUT BUTTER BROWNIES



Bismillahirrohmanirrohim
Brownies lagi !! Kayanya minimal sebulan sekali posting resep brownies ya hahaha. Harap maklum, brownies = mood booster bagiku. Kali ini aku bikin eggless peanut butter brownies. Kenapa bikin eggless brownies? Karena saat itu aku gak punya stok telur sebutir pun di rumah. Padahal dari malem udah diniatin banget bikin brownies abis subuh, sebelum tidur buka kulkas untuk ngeluarin telur daaan...yang ada tinggal telur asin hiiiks. Tadinya udah niat pagi-pagi minta anterin telur, karena aku jelas gak bisa ngambil telur pagi-pagi karena masih harus prepare anak-anak sekolah. Tapi daripada ribut minta anterin telur pagi-pagi buta demi bikin brownies, mending bikin brownies tanpa telur aja yaa. 

Kebetulan aku masih punya stok beberapa botol kecil selai kacang creamy, bisalah dimanfaatin untuk brownies. Buat penggemar peanut butter seperti aku, wajib dicobain lho. Resepnya aku adaptasi dari Sugar & Spice by Radhika, kemudian dimodifikasi lagi agar sesuai dengan selera keluarga.

EGGLESS PEANUT BUTTER SWIRL BROWNIES

Bahan Eggless Brownies :
150 gr tepung terigu serbaguna
20 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
2 sdm butter
40 gr gula pasir halus
45 gr gula palem
90 gr susu kental manis
100 gr dark cooking chocolate, lelehkan
120 ml susu cair

Bahan Peanut Butter Swirl :
90 gr peanut butter (selai kacang creamy)
1 sdm butter leleh
2 sdm gula halus
1/2 sdt vanilla
---> aduk semua bahan hingga tercampur rata

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang 18x18 cm. Oles margarin dan alasi kertas roti hingga sisi loyang, oles margarin kembali. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder. Sisihkan.
3. Kocok butter hingga lembut, kemudian masukkan gula pasir dan gula palem. Kocok hingga rata selama kurang lebih 3 menit.
4. Masukkan susu kental manis dan kocok sebentar hingga tercampur rata.
5. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Jangan overmix ya. 
6. Tuang susu cair dan coklat leleh. Aduk hingga rata.
7. Tuang adonan ke dalam loyang, sendokan adonan peanut butter di atasnya. Buat motif swirl dengan memakai tusuk sate atau garpu.
8. Panggang selama kurang lebih 25 menit atau hingga matang. Keluarkan dari oven dan dinginkan baru kemudian dipotong-potong.







Rasanya lumayan juga kok. Menurutku resep ini cukup unik, selain tanpa telur, juga karena menggunakan susu kental manis dalam adonannya. Ternyata setelah menginap, brownies ini juga bertambah moist dan legit dibandingkan saat baru matang. Untuk penggemar brownies seperti aku, brownies ini memang terasa kurang "nendang" dibanding brownies yang biasanya aku buat, tapi untuk sebuah eggless brownies, ini sudah lumayan banget. Next time, mau buat lagi dengan memadukan brownies biasa yang fudgy dengan peanut butter swirlnya.

Selamat mencoba...Happy Baking ^_^ 

MAC SCHOTEL ON SKILLET



Bismillahirrohmanirrohim
Yippiie....aku punya mainan baru, namanya skillet. Bagiku ini semacam hadiah buat diriku sendiri, setelah beberapa kejadian dan rasa capek yang aku alami akhir-akhir ini. Alhamdulillah...akhirnya kesampaian punya  skillet ini. Yang pasti udah kebayang berbagai resep yang akan dicoba dengan memakai skillet ini, walau entah kapan nyobainnya hehehe. 

Skillet merupakan alat masak serbaguna yang bisa digunakan langsung di atas kompor, dimasukkan ke dalam oven atau microwave serta bisa langsung digunakan untuk penyajian. Skillet terbuat dari cast iron sehingga panasnya lebih merata. Konon skillet juga mampu menjaga nutrisi makanan lebih baik dibandingkan jika kita menggunakan peralatan yang anti lengket seperti yang banyak kita jumpai sekarang ini. Foodie blogger banyak menggunakannya sebagai salah satu properti dalam food photography. Kalau kita ngubek-ngubek di Pinterest, bisa dilihat tuh beragam foto cantik yang menggunakan skillet.  Untuk yang pengen tau lebih banyak tentang apa iron cast skillet...silahkan gugling yaa ^_^






Proyek pertama "nganyari" skillet setelah proses seasoning adalah bebikinan yang jadi favorit keluarga, terutama yang masak hihihi. Gak mau ribet, browsing resep, pakai resep yang sudah jadi andalan aja jadinya aku bikin macaronie schotel. Resep macaroni schotel sudah bertebaran di blogku ini hahaha. Monggo salah satunya bisa dilihat disini. Karena skilletku ini mungil, hanya berdiameter 17 cm, jadi aku hanya memakai 100 gr macaroni. Alhamdulillah...hasilnya memuaskan. Ludes...laris manis.






Happy Baking ^_^

MARTABAK MANIS KEJU



Bismillah...
Ini camilan yang kubuat untuk keluargaku beberapa hari yang lalu. Sekarang ini kalau bikin camilan harus milih yang praktis dan kalau bisa cepat. Maklum...sekarang lebih sering "beredar" daripada di rumah hehehe, dan waktu di rumah itu sangat berharga bagiku. Sebisa mungkin tetap masak dan membuat camilan untuk keluarga, walau yang praktis-praktis aja. Jadinya sekarang ini aku lebih banyak mengulang lagi resep-resep yang aku udah hafal, bisa dibilang udah lancar bikinnya gitu heuheuheu, itu bikin tambah cepat kan. Salah satunya adalah martabak manis atau terang bulan. Resep dari Mbak Fifi ini udah sering kubuat dan selalu puas dengan rasanya. Yaah...walau sampai saat ini belum bisa bikin serat martabak yang halus dan heboh, tapi aku udah cocok dengan tekstur dan rasa martabak manis ini. Resepnya dulu sudah pernah kuposting disini. Kali ini aku modif sedikit resepnya dengan menambahkan 1 kuning telur. Hasilnya...jadi lebih empuk. Sayangnya martabak manisnya pucat banget ya, karena aku lagi gak punya pewarna kuning telur, jadinya plain aja. Jadi kalau mau warna martabak manisnya kuning kecoklatan cantik seperti yang dijual abang-abang itu, bisa menambahkan pewarna kuning telur ya.

Kali ini semuanya full aku topping keju request anak-anak. Silahkan disesuaikan dengan selera aja ya, bisa pakai coklat, meises, wijen, kacang tanah cincang atau kalau yang mantap pakai nutella hehehe. Yummyy...





MARTABAK MANIS KEJU
untuk 2 loyang diameter 22 cm

Bahan :
250 gr tepung terigu serbaguna
1 sdt baking powder
75 gr gula pasir
1/4 sdt garam halus
2 kuning telur
350 ml air
1-2 tetes pewarna kuning telur (optional)

Bahan tambahan per loyang :
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue

Bahan taburan per loyang :
1 sdm margarin
1 sdm gula pasir
keju cheddar parut secukupnya
susu kental manis (SKM) secukupnya

Cara Membuat :
- Campur dan ayak tepung terigu beserta baking powder. Tambahkan gula pasir, garam halus dan kuning telur. Aduk hingga rata.
- Beri pewarna kuning telur ke dalam air kemudian tuang air ke dalam adonan, mixer dengan kecepatan rendah hingga lembut.
- Diamkan adonan selama 1 jam. Adonan siap digunakan.
- Panaskan cetakan dengan api kecil hingga benar-benar panas. Bagi adonan menjadi 2 bagian. 
- Sesaat sebelum adonan dituang, masukkan baking powder dan soda kue. Aduk rata. Tuang adonan, biarkan hingga adonan berbusa / berlubang kecil-kecil. Tabur gula dan tutup hingga matang. Angkat.
- Oles terang bulan dengan margarin,keju cheddar dan SKM . Potong 2 bagian sama besar dan tumpuk. Oles bagian kulitnya dengan margarin.
- Siap disajikan.

Notes :
- Cetakan harus dalam keadaan benar-benar panas ya. Sebelum adonan dituang seluruhnya, bisa ditest dengan menuang sedikit adonan.
- Penambahan baking powder dan soda kue ke dalam adonan sebelum dituang tergantung pada ukuran cetakan ya. 1/4 sdt baking powder dan soda kue untuk cetakan ukuran 22 cm.





Fotonya gak banget deh ya huhuhu. Sebenarnya gak ada rencana foto-foto martabak manis ini sih, yang ada akunya lagi fotoin jeruk. Liat martabak manis, akhirnya ikut difotoin deh dengan set yang sama dengan jeruk yang kufoto. Fotoinnya keburu-buru karena mau ke rumah Mama, jadinya gini deh hasilnya hehehe.

Selamat Mencoba ^_^

TAHU BUMBU PETIS



Bismillah...
Tahu bumbu petis ini maksudnya bukan tahu goreng yang dimakan dengan colekan petis ya. Ini mirip dengan tahu tek, tahu bumbu, kupat tahu atau ada juga yang bilang lontong tahu. Kalau di Jawa Timur, selain memakai bumbu kacang, juga memakai petis udang dalam bumbunya. Menurutku petis ini memang bikin lebih gurih, tapi memang ada juga yang gak doyan petis. Mungkin karena warnanya itu ya hehehe. It's oke, tanpa petis juga enak kok, tinggal menyesuaikan aja dengan selera.

Kebetulan hari ini pengen bikin tahu telur bumbu petis. Tahu masih banyak, tapi telur tinggal 2 butir, gak punya lontong juga, jadi masaknya menyesuaikan bahan yang ada ya. Karena telurnya cuma dikit, gak bisa dibuat tahu telur model dadar, tapi telurnya berupa serabut-serabut diantara tahunya. Tanpa lontong juga gak apa-apa, udah kenyang juga makan tahu sepiring gini. Kalau mau, bisa juga ditambahkan nasi, jadinya nasi tahu bumbu petis hehehe. Kalau gak suka petis, bisa diskip petisnya ya.




TAHU BUMBU PETIS

Bahan :
2 blok besar tahu, potong dadu
2 butir telur, kocok lepas
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
Minyak goreng 

Bahan Bumbu Petis :
1 genggam kacang tanah, sangrai
2 siung bawang putih, goreng
5 cabe rawit, goreng
1-2 sdt petis udang
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
2-3 sdm kecap manis (sesuaikan selera)
50 ml air (atau secukupnya)

Pelengkap :
kol, iris halus
tauge, siangi dan rebus
seledri, iris halus
bawang goreng
lontong / ketupat (skip)

Cara Membuat :
1. Campurkan tahu dengan telur, bumbui dengan garam dan merica bubuk. Aduk hingga rata dan goreng hingga kecoklatan. Angkat. Bisa dibuat model dadar tahu atau bisa juga digoreng lepas hingga telur membentuk serabut-serabut halus.
2. Uleg kasar kacang tanah sangrai, tambahkan bawang putih dan cabe rawit yang sudah digoreng. Tambahkan petis udang, garam dan gula pasir. Uleg hingga rata.
3. Tambahkan kecap manis, aduk hingga rata kemudian tuang air sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan.
4. Siapkan piring saji, tata tahu di atasnya, beri kol dan tauge. Siram dengan bumbu petis, beri taburan bawang goreng dan seledri.
5. Siap dihidangkan.




Biasanya kalau makan tahu bumbu atau tahu tek model begini, pake krupuk kecil juga sebagai pelengkapnya. Karena aku cuma punya krupuk udang, jadi gak apa donk ya kalau pake krupuk udang aja hehehe. Namanya juga masak-masak sendiri, dimakan sendiri sekeluarga, jadi ya menyesuaikan bahan yang ada aja. Setiap bikin tahu bumbu petis gini, aku selalu membuat 2 macam bumbu, yaitu yang pedas dan tidak pedas buat anak-anak. 

Happy Cooking ^_^

BUTTERMILK PANCAKE



Bismillahirrohmanirrohim
Haloo...apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat ya. In shaa Allah. Kali ini aku mau posting tentang salah satu menu sarapan keluarga kami beberapa hari yang lalu, yaitu pancake. Membuat pancake memang cukup simpel dan cepat, jadi cocok sebagai salah satu menu sarapan. Biasanya dalam waktu sekitar 30 menit, pancake empuk nan hangat sudah siap disajikan di meja makan. Biasanya aku mulai membuat pancake sekitar pukul 5.30 pagi dan sudah siap disantap pada pukul 6 ketika anak-anak mulai sarapan. Jadinya susah banget untuk fotoin pancake, karena biasanya langsung dimakan hehehe. Kebetulan aja kalau ini bisa difotoin karena aku bikinnya agak banyak. Fotonya juga harus cepet-cepet karena pancake memang lebih enak kalau segera dihidangkan.

Bahan-bahan pembuat pancake memang cukup simpel, biasanya terdiri dari terigu, butter, telur, susu, baking powder dan tinggal diaduk-aduk aja. Susu bisa diganti dengan buttermilk, yoghurt atau bahkan krim kental. Bisa juga dengan menambahkan oat sehingga lebih bergizi. Saus dan toppingnya juga bermacam-macam. Bagiku yang paling simpel adalah menikmati pancake dengan madu dan potongan buah segar. Bisa juga memakai saus coklat, maple syrup, dulce de leche atau seperti yang kubuat kali ini yaitu memakai peanut butter sauce atau saus selai kacang. Karena stok buah segar yang kupunya gak cocok untuk dijadikan topping, jadi aku memakai raisin sebagai pelengkapnya. Enak juga ternyata.






Resep buttermilk pancake ini aku dapatkan dari salah 1 ratu dapur di IG, mbakku yang cantik dan baik hati Anita Joyo. Matur nuwun ya mbak Nit ^_^. Aku hanya modif sedikiiit aja.

BUTTERMILK PANCAKE

Bahan :
165 gr tepung terigu serbaguna
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
2 sdt baking powder
250 ml buttermilk (aku pakai homemade, dari susu + air jeruk nipis)
1 butir telur, kocok lepas
1 sdm butter lelehkan
1 sdm minyak

Cara Membuat :
1. Dalam suatu wadah, campur tepung terigu, gula pasir, garam dan baking powder.
2. Buat lubang di tengahnya dan tuang buttermilk. Aduk rata menggunakan whisk.
3. Tambahkan telur, aduk rata hingga halus dan tidak menggumpal.
4. Masukkan butter leleh dan minyak. Aduk rata dan diamkan kurang lebih 15 menit.
5. Panaskan wajan anti lengket, tuang 1 sendok sayur adonan dan ratakan. Kecilkan api dan biarkan adonan hingga berlubang-lubang baru dibalik.
6. Angkat.

PEANUT BUTTER SAUCE 

Bahan :
100 gr selai kacang creamy
2 sdm madu
150 ml susu

Cara Membuat :
1. Panaskan selai kacang dalam microwave selama kurang lebih 1-2 menit hingga teksturnya lembek atau bisa juga dipanaskan sebentar di atas kompor. Sisihkan.
2. Panaskan susu, tidak usah sampai mendidih kemudian masukkan selai kacang. Aduk rata.
3. Tambahkan madu, aduk hingga rata. Siap digunakan.

Cukup mudah dan simpel pembuatannya. Semoga bisa jadi salah satu insipirasi hidangan untuk keluarga ya.
Selamat mencoba ^_^


TEMPE SAMBEL KEMANGI



Bismillahirrohmanirrohim
Salah satu menu pembangkit seleraku adalah tempe penyet. Simpel dan sederhana sekali kan. Mudah dibuat, bahannya murah meriah...eh ...tapi sekarang cabe lagi mahal hihihi. Selain tempe penyet, aku suka juga dengan tempe sambel kemangi ini. Miriip banget dengan tempe penyet, bahan-bahannya juga sama, cuma beda bentuk aja. Kalau tempe penyet kan tempenya digoreng tipis kemudian dipenyetkan ke sambel terasi dan dihidangkan dengan lalapan yang biasanya juga pakai kemangi. Sedangkan tempe sambel kemangi ini tempenya dipotong dadu dan digoreng kemudian dicampurkan dengan sambel terasi dan kemangi. Rasanya...mantaap!! Apalagi kalau dibuat super pedes pakai cabe keriting. Karena lagi gak punya cabe keriting, pake cabe merah biasa aja dan banyakin rawitnya. Disajikan dengan nasi hangat dan setelah itu gadoin sayur asem....Subhanallah...nikmat banget.




TEMPE SAMBEL KEMANGI

Bahan :
200 gr tempe, potong dadu
1 sdt garam
1 sdt ketumbar bubuk
minyak goreng secukupnya
kemangi secukupnya

Bahan Sambel :
7 cabe merah
10 cabe rawit
5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt terasi bakar
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 tomat, potong-potong

Cara Membuat :
1. Bumbui tempe dengan garam, ketumbar bubuk dan sedikit air. Biarkan kurang lebih 15 menit hingga meresap kemudian goreng hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
2. Goreng cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, terasi dan tomat hingga layu. Angkat dan tiriskan,
3. Uleg kasar bahan sambal, bumbui dengan garam dan gula pasir.
4. Panaskan sedikit minyak, masukkan sambel dan tempe. Aduk hingga tercampur rata dan test rasa hingga sesuai selera. 
5. Menjelang diangkat, masukkan kemangi, aduk sebentar hingga layu.
6. Angkat dan siap disajikan.







Menu simpel dan praktis tapi nikmaat bagiku. Mungkin bisa jadi salah satu alternatif menu olahan tempe, kadang bosen juga kan kalau tempe dibuat mendoan terus. Eits...tapi aku gak pernah bosan tuh mendoan, apalagi kalau itu mendoan buatan Mamah hihihi.

Happy Cooking

BANDREK



Bandrek adalah minuman tradisional yang berasal dari Sunda Jawa Barat. Minuman ini biasanya dihidangkan pada saat cuaca dingin dan dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh. Bahan dasar bandrek adalah jahe dan gula merah, tetapi ada pula yang menambahkan rempah-rempah tertentu yang untuk menambah aroma dan meningkatkan efek hangat. Ada pula bandrek yang disajikan dengan susu atau bahkan telur ayam kampung. Di Bandung, biasanya penjual bandrek menambahkan kerukan kelapa muda untuk meningkatkan cita rasa. Bandrek biasanya dikonsumsi dengan ditemani ubi rebus, pisang rebus ataupun kacang rebus.

Kebetulan beberapa hari belakangan ini, badanku terasa kurang fit. Mulai merasakan gejala flu, mungkin karena kecapekan atau karena perubahan cuaca. Biasanya boosterku adalah wedang jahe bakar atau jeruk hangat, tapi kali ini pengen juga sesekali membuat bandrek. Bahannya menyesuaikan dengan yang ada di rumah aja, jadi kali ini tanpa kerukan kelapa muda dan tidak ada aneka rebusan untuk teman minum bandrek hehehe.  Alhamdulillah...badan terasa lebih nyaman setelah menimati segelas bandrek hangat. Aku bikin sedikit aja, cukup untuk 2 gelas untukku dan pak suami. Jahenya ngambil dulu di halaman belakang dan adanya jahe kecil-kecil yang pedeees, jadinya aku tambahin gulanya. Takaran bandrek dikira-kira aja sih ya, sesuaikan dengan selera pedas dan manis yang kita mau

BANDREK

Bahan :
100 gr jahe bakar, memarkan
90 gr gula merah, sisir
1 sdm gula pasir
5 cm kayu manis
5 butir cengkeh
sejumput garam
2 helai daun pandan
600 ml air

Cara Membuat :
1. Rebus semua bahan dengan api kecil hingga mendidih dan beraroma.
2. Matikan api, saring dan sajikan hangat.





Cocok sekali kan disajikan di saat musim penghujan seperti sekarang ini. Bikinnya juga cukup mudah dan praktis. 
Selamat mencoba ya 

TUMIS SUKA-SUKA



Bismillahirohmanirrohim
Mungkin ada yang heran ya, tumis kaya gini aja kok diposting di blog heheheh. Padahal, yakin banget deh kalau semua juga pasti bisa bikinnya, tinggal iris-iris, cemplang cemplung, mateng deh tumisnya. Tapi...gak apa-apa deh ya kalau postingan gak penting ini dijadikan entry di blog, siapa tau ada yang mupeng liatnya hihihi. Padahal gak yakin juga kalau bakal ada yang mupeng. Kalau gitu mau cerita aja deh ya, janji deh ceritanya dikiiit aja gak panjang-panjang. 

Ceritanya tentu saja tentang si tumis ini. Kebetulan setiap weekend, kami sekeluarga selalu nginap di rumah Mama, karena memang harus menemani Mama dan Papa. Padahal mah aslinya juga tiap hari mondar mandir ke rumah Mama untuk merawat Papa. Nah...setiap weekend itu, berarti isi kulkasku terutama sayur harus sudah bersih. Tentunya kalau sayur dan buah, lebih enak yang fresh kan. Kadangkala kalau belanja kan pasti ada sisanya juga tuh dan yang paling gampang untuk menghabiskan stok sayur di kulkas adalah dengan bikin tumis. Masaknya anti lama dan praktis, cocok banget lah buat aku yang pemalas ini. Seperti misalnya tumis suka-suka yang kubuat ini. Kacang panjang masih ada seuprit, tauge juga tinggal seplastik kecil dan tempe masih sisa 1 blok kecil. Jadinya semua aku campur deh jadi 1, tinggal nambahin bumbu iris, kecap, garam dan gula, udah jadi deh menu baru. Paling enak kalau tumis ini dibuat super pedas dan kebetulan anakku gak suka dengan menu campur aduk ala cowboy gini, jadi bisa lah dibuat pedes banget hihihi. Bahan-bahan yang bisa dibuat tumis suka-suka ala aku antara lain adalah sawi hijau + tauge + tahu, wortel + buncis + telur orak-arik, pokcoy + tahu + wortel dan lain sebagainya. Pokoknya tergantung dengan bahan yang ada di kulkas. Kalau mau yang special, bisa ditambahin ayam, udang, jamur atau teri medan. Kebetulan yang kubuat ini gak special alias biasa-biasa aja hehehe. Untuk bumbu-bumbunya juga gak lepas dari duo bawang, cabe merah, cabe rawit, lengkuas, daun salam, kecap manis dan tentu saja garam serta gula. Bisa juga memakai saus tiram kalau ingin yang rasanya oriental. Namanya juga suka-suka ya, mau pakai cabe hijau pun tetap oke.




TUMIS SUKA-SUKA

Bahan :
Kacang panjang, potong-potong
Tauge / kecambah, siangi dan cuci bersih
Tempe, iris kecil memanjang
Bawang merah, iris tipis
Bawang putih, iris tipis
Lengkuas, memarkan
Daun salam
Cabe merah, iris serong
Cabe rawit, iris halus
Kecap manis
Garam dan gula pasir secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih,lengkuas dan daun salam hingga harum. Masukkan cabe merah dan cabe rawit, aduk hingga rata.
2. Masukkan kacang panjang dan tauge. Masak hingga 1/2 layu.
3. Masukkan tempe, tambahkan kecap manis, garam dan gula pasir. Aduk rata dan test rasa hingga sesuai selera.
4. Angkat dan siap dihidangkan.




Semoga cerita tentang si tumis suka-suka ini gak kepanjangan ya. Semoga semangat baking dan cooking-ku cepat tumbuh lagi, jadi gak lagi posting tentang tumis hehehe.
Happy Cooking ^_^

KUE LUMPUR LABU KUNING



Bismillahirrohmanirrohim
Postingan pertama di Desember ini. Mohon maaf kalau akhir-akhir ini banyak komen, inbox, WA atau SMS yang terlambat kubalas. Memang ada beberapa kesibukan yang harus diselesaikan. In shaa Allah, walau terlambat tetap akan di balas ya. Untuk komen-komen di blog ini, In shaa Allah sudah kubalas semua ya. Terima kasih atas atensinya di blog ini ^_^

Mencoba memulai lagi untuk semangat baking dan itu dimulai dari membuat snack box  pengajian di rumah Mama. Salah satu isian snack box andalanku adalah kue lumpur, baik itu kue lumpur labu atau kue lumpur kentang. Alhamdulillah kue lumpur ini memang banyak penggemarnya. Ketika ada pengajian di rumah Mama, kue lumpur labu ini tentunya gak mau ketinggalan sebagai pengisi snack box-nya. Alhamdulillah masih ada sisa untuk dinikmati bersama keluarga, walaupun yang sisa-sisa itu yang bentuknya gak cantik hihihi. Jadi gak heran kalau yang ada di foto ini penampilan kue lumpur labunya pas-pasan banget. Yang mulus-mulus udah dimasukin snack box. Resepnya masih pakai yang dulu pernah kuposting ya. Berikut aku tuliskan lagi.




KUE LUMPUR LABU KUNING

Bahan :
500 gr pure labu kuning
3 kuning  telur
2 putih telur
250 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdt vanilli
250 gr tepung terigu serbaguna
450 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 helai daun pandan, simpulkan
100 gr margarin, lelehkan
kismis untuk topping secukupnya

Cara Membuat :
1. Masak santan bersama daun pandan hingga mendidih. Dinginkan.
2. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna pucat. Tambahkan garam dan vanilli, kocok hingga rata.
3. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil terus dikocok rata dengan mixer kecepatan rendah atau bisa diaduk memakai spatula.
4. Masukkan pure labu bergantian dengan tepung terigu. Aduk hingga rata.
5. Masukkan margarin leleh. Aduk hingga rata.
6. Panaskan cetakan kue lumpur, tuang adonan ke dalamnya dan tutup, gunakan api kecil ya. Setelah 3/4 matang, beri topping dan lanjutkan memasak hingga matang.
7. Angkat.

Notes :
- Cetakan kue lumpur cukup dioles margarin / minyak sekali saja, selanjutnya tidak usah dioles ya.
- Warna kuning kue lumpur labu ini tergantung dengan warna labu yang dipakai. Kebetulan aku pakai 2 buah labu dan ternyata warna kuningnya berbeda.




Teksturnya lembut banget dan rasanya juga enak. Gak kalah dengan kue lumpur kentang. Alhamdulillah setiap bikin kue lumpur ini selalu laris manis. Eh ya topping bisa disesuaikan dengan selera ya, bisa juga pakai keju, chocochip atau bahkan memakai adonan kue lumpur yang diberi pasta coklat. 

Selamat mencoba ^_^