MIE GORENG JAWA



Bismillahirrohmanirrohim
Hari ini waktunya bikin mieee. Kenapa hari ini waktunya bikin mie? Karena memang kakak Naira request mie goreng buat sarapannya hehehe. Biasanya malam hari memang aku tanya ke Naira, besok mau sarapan apa. Kalau memang jawabannya terserah Bunda, berarti aku yang harus mikir sendiri. Lebih enak kalau dia langsung bilang pengen sarapan apa, jadi aku gak usah susah-susah cari ide. 

Olahan mie memang selalu jadi favorit. Mie goreng, mie rebus, mie schotel, ifu mie dan kawan-kawannya itu semua disuka. Kebetulan aku masih ada sedikit ayam kampung, jadi yang terpikir adalah membuat mie goreng jawa. Mie goreng jawa memang biasanya menggunakan ayam kampung dan bumbunya dihaluskan. Salah satu bahan bumbu yang wajib digunakan dalam membuat mie jawa adalah kemiri. Kalau gak pakai kemiri, berarti bukan mie goreng jawa hehehe. Bumbu-bumbu lainnya juga cukup simpel, yaitu bawang putih, merica, kecap manis dan tentu saja garam plus gula pasir. Biasanya aku juga menambahkan ebi sangrai sehingga lebih sedap rasanya. Sebenarnya sama aja sih dengan mie yang sering dibuat Mamaku, bumbu halusnya selalu memakai kemiri. Akunya aja yang sering malas, kalau bikin mie sering juga bumbunya cuma bawang putih yang dicincang plus beragam saus agar kaya rasa heheheh. Selain menggunakan suwiran ayam kampung, mie goreng jawa biasanya juga menggunakan kekian abal-abal. Kusebut kekian abal-abal karena bahannya cuma tepung dan air aja lho, teksturnya kenyal tapi enak banget bagiku. Kali ini aku gak perlu bikin kekian abal-abal karena kebetulan punya kekian beneran heheheh. Sayuran pelengkap mie goreng jawa biasanya hanya memakai sawi hijau atau caisim dan kol yang dicincang kasar. Kalau ingin menambahkan wortel juga gak apa sih, silahkan disesuaikan aja dengan selera. 




MIE GORENG JAWA

Bahan :
200 gr mie kering, rebus hingga lunak
200 gr fillet ayam kampung, rebus dan suwir-suwir
1 buah kekian ayam, iris-iris
2 butir telur, kocok lepas
2 batang sawi hijau
100 ml air
5 sdm kecap manis (atau sesuai selera)
garam, gula pasir secukupnya
1 batang daun bawang, iris
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
5 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sdt merica butiran
1/2 sdt garam
1 sdm ebi sangrai

Pelengkap  (optional atau bisa disesuaikan selera) :
selada, irisan tomat dan timun
cabe rawit
bawang goreng

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga matang. Sisihkan ke tepian wajan.
2. Tuang telur di tengah wajan, aduk cepat menjadi orak-arik. Campurkan kembali dengan bumbu halus.
3. Masukkan ayam suwir, kekian dan sawi hijau. Aduk rata dan masak hingga sawi 1/2 layu.
4. Tuang air, masak hingga menyusut kemudian masukkan mie. 
5. Masukkan kecap manis, garam dan gula pasir. Aduk rata dan test rasa.
6. Menjelang diangkat, masukkan daun bawang.
7. Sajikan hangat dengan pelengkap.







Disajikan saat sarapan, makan sore atau makan malam...cocok aja. Menu segala suasana kali ya ^_^
Selamat mencoba....happy cooking..

OPERA CAKE FOR RICKY



Posting orderan dulu ya. Orderan lama sih ini sebenarnya, kurang lebih 2 minggu yang lalu. Opera cake ini dipesan oleh salah satu customer setia Dapur Nays, yaitu mbak Firda untuk milad suaminya. Beliau pesan cake yang ada aroma kopinya. Karena di tempatku tidak ada mascarpone, jadinya aku gak bisa buat tiramisu sehingga aku pilihkan opera cake ini dan Firda setuju.

Opera cake ini tanpa jaconde, hanya memakai spongecake. Terdiri dari 4 layer spongecake lembut yang diselingi dengan coffee french buttercream dan ganache. Setiap layer spongecake disiram dengan coffee simple syrup dan bagian atasnya memakai ganache siram. Sebenarnya kurang puas dengan ganache siramnya yang kurang mulus huhuhu.
Testimoni dari mbak Firda kalau opera cakenya enak dan sekeluarga puas dengan rasanya. Alhamdulillah.




Untuk sementara waktu, Dapur Nays tidak melayani pemesanan snack box dulu ya. Keterbatasan waktu membuatku tidak memungkinkan untuk membuat orderan snack box dulu. Kalau sebatas cake dekor, in shaa Allah masih bisa dikerjakan.

Terima kasih untuk orderannya ya mbak Firda. ^_^

SUP DAGING SAPI



Bismillahirrohmanirrohim
Kemarin aku masak sup daging untuk keluarga. Sebenarnya sih pengennya masak sup buntut, tapi malas kalau harus pergi ke pasar dulu untuk beli buntut sapi. Akhirnya memanfaatkan stok daging yang ada untuk dibuat sup daging sapi. Sup-nya dibuat ala-ala sup buntut gitu deh, cuma beda di daging dan buntutnya aja hihihi. Lumayan lah untuk "tombo pengen" akan aroma dan rasa sup buntut. 

Bikinnya sih simpel aja sebenarnya, cuma yang agak lama proses merebus dagingnya biar empuk karena aku memakai api kecil sehingga kuah kaldunya bening. Kalau mau cepat, bisa aja direbus sebentar pakai presto, paling 15 menit udah empuk tuh dagingnya. Tapi karena prestoku bermasalah dan karena pengen bikin sup daging yang baik dan benar, dibelain deh masak dagingnya agak lama dengan memakai api kecil tadi. Eh ya...ngomong-ngomong soal presto, ketika prestoku bermasalah, Alhamdulillah sudah dapat gantinya yaitu presto hadiah dari event NCC. Berkah sekali bagiku...Alhamdulillah. Prestonya sendiri belum dipake, masih harus belajar lagi karena ternyata berupa presto listrik. Tuh kan...ini dari sup daging malah ngomongin presto >_<




Sup daging yang kubuat ini bumbunya berbeda dengan sup ayam yang biasanya kubuat. Biasanya kalau membuat sup ayam biasa, aku cuma pakai bawang bombay, bawang putih, pala dan merica serta tentu saja garam dan gula. Kali ini karena pengen dibuat ala sup buntut, jadi aku memakai juga bawang merah dan cengkeh. Agar lebih mantap dan terasa, disarankan memakai merica butiran ya. Kalau pas gak ada merica butiran, oke lah pakai merica bubuk biasa. Pelengkapnya kali ini memakai wortel, kentang dan macaroni. Sebenarnya macaroni bisa diskip, tapi karena anak-anak suka sekali dengan sup yang memakai macaroni jadi aku tetap pakai. Biasanya potongan wortel dan kentang di sup daging atau sup buntut juga lebih besar dibandingnkan dengan di sup ayam. Tapi semua kembali kepada selera aja.

SUP DAGING SAPI

Bahan :
500 gr daging, potong dadu
1500 air
2 buah kentang, potong-potong
3 buah wortel, potong-potong
30 gr macaroni
7 buah cengkeh
2 buah tomat, potong jadi 6 bagian
1 helai daun bawang, potong-potong
2 batang seledri, diikat
garam dan gula pasir secukupnya
1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt merica butiran
1 buah pala

Cara Membuat :
1. Rebus daging dengan air dengan api sedang hingga setengah empuk. 
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan ke dalam kuah. 
3. Masukkan cengkeh, wortel, kentang dan macaroni, kemudian bumbui dengan garam dan gula pasir. Lanjutkan memasak dengan api kecil hingga daging empuk dan sayuran matang. Test rasa hingga sesuai selera.
4. Menjelang diangkat, masukkan potongan tomat, seledri dan daun bawang.
5. Sajikan hangat dengan taburan bawang goreng.

Notes :
- Penggunaan api kecil bertujuan agar kuah kaldu sup tetap bening.
- Sayuran pelengkap bisa disesuaikan dengan selera ya, bisa ditambahkan buncis kalau suka






Alhamdulillah...terasa nikmat sekali. Lumayan sekali untuk pengganti sup buntut yang diidam-idamkan. Sebagai pelengkapnya, aku bikin juga perkedel dan juga ikan goreng. Kalau perkedelnya sih masih nyambung ya dengan sup daging, tapi kalau ikan goreng kayanya gak nyambung deh heheheh. Dimaklumi aja ya ^_^

Happy Cooking...

MACARONI POND CAKE



Bismillahirrohmanirrohim
Pertama kali tau resep macaroni pond cake ini langsung penasaran ingin mencobanya. Biasanya aku mengolah macaroni ya menjadi schotel, dicampur dengan saus bolognese atau saus bechamel dan juga sebagai pelengkap sup hehehe. Macaroni pond cake ini adalah ide kreatif dari master baking dari Surabaya yaitu mbak Rachmah. Sebelumnya tidak pernah terpikirkan juga olehku memadukan macaroni dengan adonan cake. Selama ini kalau ingin menikmati cake yang gurih ya membuat cheese cake baik itu panggang ataupun dikukus. 

Berawal dari rasa penasaran itulah jadi aku bikin macaroni pond cake ini. Awalnya menduga-duga juga apa nanti akan terasa gurih dan manis cakenya, tetapi melihat pemakaian gula yang hanya 15 gr, bisa ditebak kalau cake ini akan dominan rasa gurihnya. Jadi kita coba aja yuuk. Berikut ini resep yang sudah aku modifikasi menyesuaikan bahan yang ada.




MACARONI POND CAKE
adapted from Rachmah Setyawati

Bahan Cake :
75 gr butter (mbak R : 50 gr butter, 25gr margarin)
15 gr gula pasir halus
3 butir telur ukuran sedang
sejumput garam
60 gr tepung terigu serbaguna
10 gr susu bubuk full cream
5 gr maizena
1 sdt baking powder (mbak R : 6 gr baking powder double acting)

Bahan Macaroni :
70 gr macaroni, rebus hingga matang (mbak R : 50-60 gr)
5 buah sosis, iris tipis (mbak R : smoked beef)
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
1/4 sdt merica hitam
1/2 sdt garam (menyesuaikan keju yang dipakai)
2 batang seledri, cincang halus (mbak R : peterseli)
35 gr keju cheddar potong dadu (mbak R : 2 lembar)
1 sdm margarin

Cara Membuat :
1. Macaroni : Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan sosis, aduk rata dan bumbui dengan merica hitam dan garam. Aduk rata dan matikan api. Campurkan tumisan sosis ke dalam macaroni kemudian tambahkan keju cheddar dan seledri. Aduk hingga rata.
2. Panaskan oven 160'C, alasi loyang dengan margarin (aku pakai ramekin). Sisihkan.
3. Campur dan ayak tepung terigu, susu bubuk, maizena dan baking powder. Sisihkan.
4. Kocok butter, gula halus dan sejumput garam hingga lembut dan tercampur rata. Masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok hingga tercampur rata.
5. Masukkan campuran tepung sambil dikocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata.
6. Masukkan adonan macaroni, aduk rata menggunakan spatula.
7. Tuang ke dalam loyang atau ramekin, panggang hingga matang (kurleb selama 30 menit). 
8. Angkat dan sajikan hangat.




Seperti halnya macaroni schotel, macaroni pond cake ini disarankan untuk disajikan hangat. Teksturnya padat dan cukup mengenyangkan. Mungkin kalau ingin lebih moist bisa ditambahkan sedikit cairan pada adonan cakenya. Next time mau nyobain deh.
Macaroni pond cake ini bisa jadi salah satu alternatif menu sarapan juga karena memang cukup mengenyangkan. Apabila membuatnya pada malam hari, cukup panaskan sejenak dalam microwave dan macaroni pond cake siap dihidangkan.
Salut untuk ide kreatif mbak R.

Selamat mencoba ya...Happy Baking..

BROWNIES PRUNES



Brownies prunes ini entah kapan bikinnya karena memang sudah lama sekali, sepertinya hampir sebulanan fotonya cuma duduk manis di memory card kamera hehehe. Ceritanya iseng aja ada sisa adonan brownies dan karena malas ngalasin loyang jadinya ditaruh aja di cupcase. Namanya juga sisa jadi jadinya cuma 4 biji aja hehehe. Sebenarnya ini juga brownies biasa aja, bisa pakai resep favorit keluarga. Yang membedakan karena sebagai fillingnya aku memasukkan manisan prunes. Biasanya untuk brownies cupcake, aku memakai filling selai atau paleta. Kebetulan karena ingin praktis aja jadilah memakai prunes yang ada di kulkas. 
Namanya juga sisa adonan, hasil jadinya cuma 4 cup saja hehehe.






Resepnya brownies cupcake-nya bisa dilihat disini atau disini. Kalau tidak ada manisan prunes bisa juga diganti dengan kismis atau bahkan cherry. 
Happy baking ^_^

BANANA CHOCOCHIPS CRUMBLE CAKE



Bismillahirrohmanirrohim
Pas lagi pengen banget maem banana cake, pas lagi ada 3 buah pisang yang sudah mulai menghitam kulitnya di rumah Mama. Langsung aja bilang ke Mama, kalau pingin buat banana cake dan jadilah 3 buah pisang itu kubawa pulang. Tadinya pengen bikin banana cake resep favorit yaitu "soft and moist banana cake", tapi inget kalau ada resep banana cake yang udah lama pengen kucoba. Ngubek-ngubek bookmark dan ketemu deh resep yang aku mau, yaitu resep dari salah satu blog favoritku Sallys Baking Addiction. Jadilah aku baking banana choco crumble cake.






Ini pertama kalinya aku mencoba resep banana choco crumble cake dan percaya apa gak, baru baca resepnya aja aku udah ngiler duluan hihihi. Bayangin aja, harumnya pisang dipadukan dengan kayu manis dan masih ditambah dengan crumble-nya yang terbuat dari gula palem, kayu manis, chocochip dan almond cincang. Dan ternyata memang bener, cake ini enak bangeet. Waktu masih di oven, aromanya aja udah sedap banget, harum dan asli bikin laper hahaha. Maklum....ini sih emang bakingnya dalam keadaan laper kali ya. Berikut ini resep yang sudah sedikit aku modif.




BANANA CHOCOCHIPS CRUMBLE CAKE

Bahan :
190 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt kayu manis bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
75 gr butter, suhu ruang
100 gr gula pasir halus
1 butir telur ukuran besar
1 sdt vanilla
3 buah pisang yang dihaluskan (aku pakai pisang cavendish)
60 gr yoghurt (bisa diganti buttermilk atau susu cair)

Bahan Streusel (Crumble) :
1 sdt kayu manis bubuk
50 gr gula palem
100 gr chocochips
70 gr almond cincang
---> aduk rata semua bahan

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang (aku pakai loyang bulat 18 cm), oles margarin, alasi kertas roti dan oles kembali. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, kayu manis bubuk, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
3. Kocok butter dengan mixer kecepatan tinggi selama kurang lebih 1 menit hingga lembut. Turunkan kecepatan mixer, masukkan gula pasir halus. Kocok hingga rata.
4. Masukkan vanila dan telur sambil terus dikocok hingga rata kemudian masukkan pisang serta yoghurt. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga lembut dan rata selama kurang lebih 1 menit. 
5. Turunkan kecepatan mixer, masukkan campuran tepung dan kocok hingga rata sebentar saja. Jangan overmix ya. Matikan mixer
6. Tuang 1/2 adonan ke dalam loyang, taburi dengan 1/2 bagian streusel. Tuang sisa adonan dan taburi kembali dengan streusel.
7. Panggang selama kurang lebih 40-50 menit (tergantung masing-masing oven ya). Setelah waktu pemanggangan 25 menit, tutup bagian atas loyang menggunakan alumunium foil agar permukaan atasnya tidak cepat gosong.
8. Angkat dan biarkan hangat baru dikeluarkan dari loyang.

Notes :
- Kalau bisa kayu manis serta gula palem di streusel jangan disubstitusi dengan bahan lain, karena itu yang bikin enak. 
- Almond cincang bisa diganti dengan kacang-kacangan yang lain, misalnya kenari, mede, kacang atau pecan. 






Testi dariku tentang cake ini adalah...nyesel banget kenapa baru sekarang bikin hehehe. Beneran ini enak banget, recomended untuk dicoba di rumah. Selamat mencoba...Happy Baking ^_^




BOLA NASI KEJU



Bismillah...
Biasanya ketika ada sisa nasi di rumah, paling sering diolah jadi nasi goreng untuk sarapan ya. Selain praktis, nasi goreng juga disukai seluruh keluargaku. Mau judulnya nasi goreng jawa, nasi goreng kampung, nasi goreng teri, nasi goreng seafood atau bahkan cuma nasi goreng dan telur kocok, teteep aja favorit. Tapi kadang, aku sendiri yang bosen dengan aroma-aroma nasi goreng, jadi kalau pas ada sisa nasi dan akunya lagi rajin, aku biasa mengolahnya jadi bola nasi. Ada juga yang menyebutnya bitterbalen nasi atau yang lebih keren ya arancini yang dari Italia itu hihihi. Bikinnya gampang juga sih, cuma memang butuh effort yang lebih banyak dibanding bikin nasi goreng kan.

Bola nasi yang kubuat kali ini minimalis banget. Biasanya kan pasti ada irisan wortel atau bahkan jamur, tapi karena di kulkas cuma ada sawi ama tauge, gak jadi deh aku kasih sayur. Belum bisa bayangin aja bola nasi dicampur sawi dan tauge hehehe. Sesuai dengan namanya, adonan nasinya aku beri keju cheddar parut dan untuk isiannya memakai mozzarella. Aku tambahkan juga ayam cincang sebagai pelengkap di adonannya. Bikin yuuk....gampang kok..

BOLA NASI KEJU

Bahan :
300 gr nasi (1 piring)
100 gr ayam cincang
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
200 ml air kaldu (kalau gak ada pakai air biasa aja)
75 gr keju cheddar parut (atau sesuai selera aja)
garam, gula pasir dan merica bubuk sesuai selera
keju mozzarella atau quick melt potong dadu secukupnya untuk isisan 
2 sdm minyak untuk menumis

Bahan Pelapis :
3 butir telur kocok lepas (bisa juga pakai stok putih telur ya)
tepung panir secukupnya

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan ayam cincang, aduk rata hingga berubah warna.
2. Masukkan nasi dan keju cheddar parut. Aduk rata.
3. Tuang air kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata kemudian bumbui dengan garam, gula pasir dan merica. Hati-hati memberi garam ya, kalau pakai keju yang banyak, garamnya menyesuaikan agar tidak keasinan. Test rasa.
4. Masak hingga kaldu meresap. Matikan api dan biarkan hangat.
5. Pulung adonan, pipihkan dan beri isian keju mozzarella kemudian bulatkan. Lakukan hingga habis.
6. Celupkan bola nasi ke kocokan telur kemudian gulingkan ke tepung panir. Ulangi sekali lagi agar hasil panir lebih tebal dan cantik. Lakukan hingga habis. 
7. Masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam agar panir menempel.
8. Panaskan minyak, goreng bola nasi hingga keemasan. Angkat dan tiriskan.
9. Sajikan dengan saus sambal favorit atau mayo.

Alternatif lain, ayam cincang tidak dicampurkan nasi tetapi dijadikan isian bersama keju. Atau kalau mau diisi dengan ragout juga enak. Kalau aku seperti biasa pilih yang praktis dan cepat aja, jadinya diisi mozzarella. Enak banget dinikmati hangat, ketika si mozza ini masih terasa lelehannya. Sebenarnya pakai keju quick melt bisa lebih enak rasanya lho, cuma memang tidak ada sensasi meleleh seperti si mozza ini. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga ya.




Bola nasi keju ini, enak juga disajikan untuk sarapan atau bekal anak ya. Kita bisa membuat malam hari dan keesokan harinya tinggal goreng aja. Selamat mencoba.
Happy Cooking ^_^

SUP KEPITING



Bismillah...
Sup kepiting atau Lue Sun merupakan salah satu Chinese Food yang banyak digemari. Sup ini terdiri dari sup krim yang berisi daging kepiting cincang, kocokan telur, jagung pipil atau bahkan ada yang menambahkan asparagus. Seperti halnya sup lainnya, sup kepiting ini sangat enak dinikmati hangat pada saat cuaca dingin.

Kebetulan Adek baru sembuh dari sakit dan untuk memacu kembali nafsu makannya yang sempat turun selama sakit kemarin, aku buatkan sup kepiting ini. Anak-anak suka sekali dengan olahan cream soup, baik itu dinikmati langsung atau dijadikan zuppa soup. Biasanya aku bikin chicken cream soup dan 1 panci itu bisa habis oleh mereka berdua aja hehehe. Entah doyan atau lapar itu namanya. Dan ternyata mereka suka juga dengan sup kepiting ini. Kali ini aku bikin sup kepiting dengan jagung manis pipil dan telur aja karena gak punya asparagus.






SUP KEPITING

Bahan :
200 gr daging kepiting
2 buah jagung manis, pipil
3 butir telur, kocok lepas
3 siung bawang putih, cincang halus
2 cm jahe, memarkan
1 liter air kaldu (aku pakai rebusan tulang ayam yang dimasak dengan api kecil)
1/2 butir pala, parut
garam, gula dan merica bubuk secukupnya
1 sdm tepung maizena larutkan dengan sedikit air
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Didihkan air kaldu dengan api kecil
2. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan daging kepiting, aduk hingga rata.
3. Masukkan tumisan ke dalam air kaldu, tambahkan jagung manis pipil.
4. Bumbui dengan pala, garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak hingga mendidih dan test rasa hingga sesuai selera.
5. Masukkan telur kocok sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat hingga berserabut.
6. Tuang larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan.
7. Angkat dan sajikan hangat.

Alhamdulilah...nikmat sekali dinikmati ketika hangat. Adek dan kakaknya tentu saja doyan sup ini. Semoga jadi salah 1 cara untuk mengembalikan nafsu makan dan kondisi badan adek ya.

Selamat mencoba...Happy Cooking


CHEESE CAKE BROWNIES





Bismillahirrohmanirrohim
Masih belum bisa "move on" dari brownies. Tiap minggu ada aja bebikinan brownies heheheh. Aku memang suka banget menikmati brownies, jadi gak heran setiap tau resep brownies yang lagi happening, pengennya nyobain juga. Beberapa waktu yang lalu baru aja bikin brownies prunes yang bahkan belum sempat keposting di blog ya, eeh...beberapa hari kemudian udah pengen brownies lagi. Kebetulan masih punya cream cheese di kulkas, yang terpikir adalah membuat cheese brownies. Kali ini aku memakai resep cheese cake brownies David Lebovitz yang memang enaak banget. Beberapa resep cheese brownies yang pernah kubuat, bisa dilihat disini dan disini

Cheese cake brownies ini teksturnya fudge, bagian dalamnya lembab dan rasanya unik. Penggunaan coklat dan cream cheese yang jauh lebih banyak dibanding bahan lainnya membuat brownies ini intens rasa coklatnya dan juga terasa kejunya. Penasaran? Cobain yuuk. Berikut resep yang sudah aku modifikasi ya..




CHEESE CAKE BROWNIES

Bahan :
85 gr butter, potong dadu kecil
115 gr coklat masak pekat (DCC)
120 gr gula pasir, blender hingga halus
2 buah telur ukuran besar
70 gr tepung terigu
10 gr coklat bubuk (aku pakai yang noir)
1 sdt vanilla
70 gr chocochips
250 gr cream cheese, suhu ruang
50 gr gula pasir halus
1 kuning telur

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang 18x18x4 cm atau 20x20x4 cm, oles margarin dan alasi kertas roti hingga ke sisi-sisinya. Sisihkan.
2. Lelehkan butter dan DCC dengan menggunakan api kecil, aduk perlahan hingga leleh seluruhnya. Angkat dari api.
3. Masukkan 120 gr gula dan telur. Kocok dengan mixer speed rendah sebentar saja atau bisa menggunakan hand whisker. 
4. Campur dan ayak tepung terigu dan coklat bubuk, kemudian masukkan ke dalam adonan. Masukkan pula vanilla dan chocochips. Aduk rata.
5. Tuang adonan ke dalam loyang. Sisihkan.
6. Dalam suatu wadah, campur dan kocok cream cheese, 50 gr gula dan kuning telur hingga lembut.
7. Sendokkan adonan cream cheese di atas adonan brownies. Buat motif marble bila suka (pakai sumpit atau garpu ya).
8. Panggang selama kurang lebih 35-40 menit hingga matang. Ketika masih panas, adonan cream cheese akan terasa basah, nanti akan set setelah dingin.
9. Setelah dingin, potong-potong dan siap dihidangkan.






Pokoknya sukaaa banget deh dengan brownies ini, walaupun sebenarnya rada-rada gak obyektif ya karena yang bilang enak penggemar brownies hihihi. Tapi beneran deh, recomended untuk dicoba, siapa tau seleranya juga sama kaya aku heuheuheu. Tuh potongan browniesnya juga gak pernah rapi, karena selalu gak sabar nunggu sampai benar-benar dingin. Aku sisihkan sepotong untuk dinikmati keesokan harinya, hmm...tambah legit, seperti halnya brownies panggang lainnya yang diinapkan.
Eh ya brownies buatanku selalu tampak "hitam" ya, maklum aku selalu stok coklat bubuk yang pekat untuk bikin browkus atau black forest. Kalau pakai coklat bubuk yang lebih terang warnanya juga gak masalah, nanti warna browniesnya juga bisa lebih cantik deh.

Happy Baking ^_^

PUDING SUSU PEACH



Bismillah...
Di tempatku, cuaca lagi kurang bersahabat. Kalau siang terik sekali, tapi anginnya cukup kencang dan terasa dingin. Cuaca yang terik itu yang bikin ingin selalu menikmati yang seger-seger. Salah satunya yaitu dessert yang kubuat kemarin, yaitu puding susu peach. Selalu suka bikin puding karena selain bikinnya cukup simpel, anak-anak juga suka puding. Kebetulan masih punya stok peach kaleng, jadi aku olah menjadi puding. Resepnya bisa memakai resep puding andalan masing-masing, nanti untuk lapisan berwarnanya bisa ditambah peach yang dihaluskan. Kemarin aku sengaja blender tersendiri dan tidak sampai halus sekali karena ingin mendapatkan serat-serat buah peach-nya. Jadi lebih terasa menurutku.




Sebenarnya puding ini lebih cantik bila dibuat layer atau lapisan yang lebih banyak. Seperti biasa, karena aku malas berlama-lama di dapur, 2 layer pun jadi lah bagiku hehehe. 

PUDING SUSU PEACH

Bahan Lapisan Kuning :
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk
750 ml susu cair
3-4 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
50 gr coklat masak putih (WCC), lelehkan
200 gr peach kaleng, blender
1 sdt vanilla
1/2 sdt pewarna kuning (optional)


Bahan Lapisan Putih :
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk
750 ml susu cair
3-4 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
50 gr coklat masak putih (WCC), lelehkan
1 sdt vanilla

Topping :
Buah peach kalengan secukupnya, potong dadu

Cara Membuat :
1. Lapisan Kuning : Campur gula pasir dan agar-agar bubuk, tuang susu cair dan masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk. Masukkan coklat masak putih, peach yang sudah diblender dan pewarna kuning bila suka. Masak hingga mendidih. 
2. Tuang di cetakan, biarkan hingga berkulit tapi belum set benar.
3. Lapisan Putih : Campur gula pasir dan agar-agar bubuk, tuang susu cair dan masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk. Masukkan coklat masak putih dan masak hingga mendidih. Angkat.
4. Dengan menggunakan sendok, tuang perlahan lapisan putih di atas lapisan kuning yang sudah 1/2 set.
5. Biarkan dingin dan bekukan di lemari es.
6. Sajikan dengan potongan peach di atasnya

Notes :
- Bila memakai cetakan agar-agar besar, tata peach di dasar cetakan, kemudian tuang lapisan putih terlebih dahulu baru kemudian lapisan kuning.
- Enak juga bila disajikan dengan vla peach, yaitu vla vanilla yang diberi campuran buah peach. Resep vla vanilla bisa dilihat disini
- Dibuat puding sutra juga oke. Resep puding sutra bisa dilihat disini






Nikmat banget disajikan dingin pada siang hari. Kalau tidak ada peach, bisa memakai mangga, jeruk dan tentunya strawberry. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga. Alhamdulillah...laris manis pudingnya ^_^

TERONG TERI PEDAS



Bismillahirrohmanirrohim
Postingan tentang menu sederhana, tapi katanya enaak banget. Dinikmati dengan nasi hangat, lauknya tahu tempe goreng aja, itu udah kerasa nikmatnya. Seperti biasa, tentu saja terong teri pedas ini gampang dan cepat. Bisa jadi salah satu menu andalan kalau kita lagi males masak hehehe. Kali ini aku memakai teri medan, bisa juga memakai ikan asin yang kecil-kecil itu...entah ikan asin apa namanya tuh. Kalau punya jambal roti bisa juga dipakai, goreng dahulu ikan jambalnya kemudian disuwir-suwir. Duuh...yummy banget.
Resep berikut ini untuk porsi kecil aja ya, cukup untuk sekali makan porsi berdua.




TERONG TERI PEDAS

Bahan : 
2 buah terong ungu, potong-potong dan goreng 
50 gr teri medan (bisa pakai ikan asin kecil)
3 cabe merah, iris serong
5 cabe rawit, iris halus
5 siung bawang putih, iris tipis
3 butir bawang merah, iris tipis
1 helai daun salam
1 ruas lengkuas, memarkan
1/2 sdm terasi bakar, haluskan
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan lengkuas, daun salam, cabe merah, cabe rawit dan terasi. Aduk hingga rata.
2. Masukkan terong dan teri. Aduk hingga rata.
3. Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Bila memakai teri yang asin, hati-hati penggunaan garamnya ya, biar gak keasinan.
4. Test rasa agar sesuai selera. Angkat dan siap dihidangkan.




Terong teri pedas ini bisa jadi alternatif selain kita mengolah terong menjadi sambalado terong atau terong penyet. Rasanya nikmat juga kok, semakin pedas kayanya semakin nikmat. Selamat mencoba ya..




SOTO UDANG



Bismillah...
Yang namanya olahan udang, kayanya selalu enak-enak ya. Udang goreng mentega, udang saus tiram, udang telur asin, sambalado udang, udang crispy, ebi furay, sup udang asam manis, udang masak tauco...duuh...enak semua hihihi. Kalau aku dan suami, makan udang secukupnya aja lah, maklum...biar enak tapi kolesterolnya kan lumayan juga tuh. Karena anak-anak selalu suka dengan olahan udang, tidak heran paling tidak seminggu sekali pasti mengolah udang. Yang paling sering adalah bikin udang saus tiram dan udang crispy kesukaan anak-anak.

Kali ini aku mengolah udang menjadi soto udang. Sengaja soto udangnya bening, tanpa santan sesuai request Naira yang lagi pengen maem soto bening. Jadi jangan disamain dengan soto Medan yang terkenal itu ya hihihi. Ini cuma soto udang ala bunda yang menyesuaikan selera keluarga. Kalau ingin membuat dengan memakai santan, enak juga lho karena kuahnya pasti akan terasa lebih gurih. Soto udang versi tanpa santan ini rasa kuahnya lebih ringan dan segar. Untuk pelengkapnya aku cuma memakai telur rebus, tauge, tomat segar, poyah, irisan seledri dan daun bawang serta perasan jeruk nipis. Kalau ingin yang lebih komplit bisa memakai emping dan juga soun. Poyah dibuat dari krupuk udang yang dihaluskan hingga berbentuk bubuk. Gunakan krupuk udang yang enak ya, jadi poyahnya juga enak.




SOTO UDANG

Bahan :
500 gr udang yang sudah dibuang kepalanya
1500 ml kaldu udang
1 ruas lengkuas memarkan
2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
3 lembar daun jeruk
1,5 sdm garam
2 sdt gula pasir
1 sdt merica bubuk
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
7 siung bawang putih
5 butir kemiri, sangrai
3 cm kunyit bakar
3 cm jahe
1 sdt ketumbar
1 sdm ebi

Pelengkap :
Telur rebus, belah 4
Tauge, siangi dan siram dengan air panas sebentar
Tomat, potong-potong
Daun bawang dan seledri, iris halus
Bubuk poyah / koyah (dibuat dari krupuk udang yang dihaluskan)
Jeruk nipis
Bawang goreng

Cara Membuat :
1. Didihkan kaldu udang, masak dengan api kecil. 
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan serai, lengkuas dan daun jeruk. Tumis hingga bumbu matang agar tidak langu.
3. Masukkan udang, aduk hingga udang berubah warna kemudian masukkan ke dalam kuah kaldu.
4. Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak hingga mendidih dan tes rasa hingga sesuai selera.
5. Matikan api dan sajikan soto udang dengan pelengkapnya.

Notes :
Kaldu udang dibuat dari kepala dan kulit udang yang dicuci bersih kemudian direbus. Setelah mendidih, saring kaldu dan siap digunakan.

Alhamdulillah...sesuai dengan selera keluarga, anak-anak terutama kakak Naira lahap sekali maemnya. In shaa Allah nanti diposting lagi ya soto udang yang versi santan. Tapi entah kapan bikinnya heheheh

Selamat mencoba, semoga bisa menjadi inspirasi...





BOLA-BOLA COKLAT (MONTHLY EVENT PI #36)



Bismillahirrohmanirrohim
Halo...pasti udah pada tau kan sama bola-bola coklat atau bahasa kerennya choco balls? Kayanya sejak jaman aku kecil dulu, cemilan yang 1 ini udah favorit banget apalagi buat penggemar coklat. Bikinnya juga gampang, tak heran kalau anak-anak juga bisa membantu kita membuatnya. Bola-bola coklat ini bisa dibuat dari biskuit atau cake yang dihancurkan. Apabila dibuat dari cake, jadinya mirip-mirip cake pops ya, cuma bedanya tidak memakai stick.

Biasanya aku membuat bola-bola coklat setelah membuat orderan cake potong. Maklum memanfaatkan sisa trim cake karena anak-anak juga udah bosen makan cake. Daripada "gak laku" atau bahkan mubazir, mending dibuat bola-bola coklat aja. Anak-anak jadi doyan lagi deh. 
Pastinya udah pada bisa kan membuatnya, gampang banget kok dan takarannya juga kira-kira aja. Sebagai "perekat" gunakan susu kental manis, bisa yang putih atau coklat apabila cake atau biskuitnya coklat. Untuk pelapisnya bisa menggunakan white cooking chocolate atau dark cooking chocolate. Taburannya juga suka-suka aja, sesuai selera anak-anak atau menyesuaikan bahan yang kita punya. Paling sering aku pakai meises, karena memang selalu sedia di rumah. Alternatif lainnya bisa memakai sprinkle warna warni atau kacang cincang.

Kebetulan beberapa waktu yang lalu ada orderan brownies kukus potong dalam jumlah lumayan banyak. Liat sisa potongannya juga udah gak pengen makannya, diniatin deh memang harus menyempatkan diri untuk menyulapnya jadi bola-bola coklat. 

BOLA-BOLA COKLAT 

Bahan :
Cake atau biskuit
Susu kental manis
Dark cooking chocolate (DCC) atau white cooking chocolate (WCC)
meises / sprinkle / kacang cincang atau sesuai selera

Cara Membuat :
1. Hancurkan cake atau biskuit kemudian tuang susu kental manis sedikit demi sedikit sambil diaduk rata hingga adonan bisa dipulung / dibentuk.
2. Bulat-bulatkan adonan, lakukan hingga habis. Paling oke kalau bisa bikin bulatan yang kecil-kecil, tapi aku suka males, jadi bikinnya gede-gede biar cepet selesai hehehe.
3. Lelehkan DCC atau WCC, celupkan bola-bola ke dalamnya hingga permukaannya tertutup rata. Gulingkan ke dalam bahan taburan.
4. Biarkan set kemudian bekukan di dalam lemari es.

Selain memakai DCC atau WCC sebagai pelapis, bisa juga pakai coklat masak warna-warni itu. Hasilnya bisa cantik juga, apalagi kalau meisesnya juga warna-warni. Ketika menuang susu kental manis, lakukan sedikit demi sedikit ya, apalagi kalau kita memakai cake sebagai base-nya karena cake biasanya sudah cukup moist.






Karena memakai brownies kukus, gak heran kalau terasa banget nyoklatnya. Teksturnya juga tetap moist dan lembut. Pas banget waktu selesai bikin bola coklat, ada teman-teman kakak Naira main ke rumah. Ambil sedikit buat iseng-iseng difotoin dan...sisanya langsung ludes. Alhamdulillah...




Bola-bola coklat ini spesial untuk Monthly Even Pawon Ibu  yang bertemakan Coooklat Cerrriaaa....


SEMUR BOLA DAGING DAN TELUR PUYUH



Bismillahirrohmanirrohim
Panjang banget ya nama menunya hehehe. Ini menu kami kemarin, seperti biasa masih bikin yang simpel dan cepat saja untuk hidangan keluarga. Alhamdulillah setelah Lebaran ini kesibukan terus bertambah, masih terus beradaptasi dan mencoba mengatur waktu lebih baik lagi jadi semua bisa "kepegang" dengan baik. Salah satu yang berubah adalah acara di dapur. Sekarang tidak sempat lagi mencoba resep yang rumit-rumit dan lama. Kalaupun bisa ya dikerjakan malam hari setelah anak-anak tidur, tapi biasanya aku juga udah ngantuk dan capek hehehe. Acara belajar foto-foto juga berkurang banyak waktunya, semoga ntar diberi kesempatan untuk belajar lebih serius lagi ya. Mohon maaf juga ya untuk yang komennya di blog agak lama balasnya. In shaa Allah semua akan direply, kebetulan akhir-akhir ini gak bisa on line lama-lama dan juga inetnya sering error.

Aiih...panjang banget ya curcol gak jelas ini. Kembali lagi ke menu semur bola daging dan telur puyuh. Semur merupakan salah satu menu yang cukup sering dibuat, maklum selain mudah dan cepat, anak-anak juga suka. Kalau ingin semur dengan rasa yang light, bisa dicoba semur peranakan Bogor. Sedangkan yang ingin mencoba semur pedas ala Pekalongan, mungkin bisa dicoba dendeng kecap. Semur bola daging biasanya disukai anak-anak, karena tidak perlu susah-susah mengunyah dagingnya ya hehehe. 




Untuk semur bola daging yang kubuat kali ini, sengaja warnanya tidak terlalu hitam. Kuahnya juga aku buat agak kental dan tidak terlalu banyak. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga aja ya. Isiannya pun bisa memakai daging biasa, ayam atau bahkan telur dan tahu.

SEMUR BOLA DAGING DAN TELUR PUYUH

Bahan :
300 gr daging giling
1 putih telur
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk

2 buah kentang, potong-potong dan goreng
15 telur puyuh rebus
6 sdm kecap manis (atau sesuai selera)
1 sdm gula merah, sisir halus
1/2 butir pala, parut (bisa juga pakai yang bubuk)
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
600 ml air kaldu
2 buah tomat, potong-potong
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri sangrai

Cara Membuat :
1. Campurkan daging giling, putih telur, garam dan merica bubuk. Aduk hingga rata dan bentuk bola-bola.
2. Rebus hingga matang dan tiriskan.
3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
3. Tuang air kaldu, beri parutan pala, kecap manis, gula merah, garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak hingga mendidih.
4. Masukkan kentang, telur puyuh dan bola daging. Lanjutkan memasak hingga meresap dan kuah menyusut. Kalau ingin kuah yang banyak, bisa ditambah lagi air kaldunya ya. Test rasa hingga sesuai selera.
5. Masukkan potongan tomat, masak sebentar.
6. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng

Note :
- Selain direbus, bola-bola daging bisa juga digoreng terlebih dahulu. Kalau aku lebih suka yang direbus karena teksturnya lebih lembut.
- Bisa ditambahkan irisan cabe bila ingin ada cita rasa pedasnya.






Alhamdulillah...semur dinikmati dengan nasi hangat dan kerupuk tuh enak banget ya. Kemarin aku bikin bening bayam juga dan jadinya digadoin setelah makan nasi plus semur. Menunya sederhana dan rumahan banget deh, tapi Alhamdulillah sangat nikmat bagi kami. Mungkin bisa menjadi salah satu inspirasi menu sehari-hari untuk keluarga di rumah. Happy Cooking...