LUMPIA PRAKTIS ISI AYAM-UDANG



Bismillah..
Marhaban ya Ramadhan...Alhamdulillah masih diberi kesempatan bertemu dengan Ramadhan. Semoga Allah SWT memberkahi semua amal ibadah kita, diberi kelancaran dan kemudahan. Aamiin ya Rabb. Ramadhan Kareem..

Masih tentang postingan cemilan yang praktis dan simpel. Ini aja ngerasa seneeng banget bisa mencuri sedikit waktu untuk bikinnya hehehe. Kebetulan masih ada stok spring roll pastry siap pakai dan kebetulan juga pingin maem lumpia, jadi yuuk kita bikin lumpia praktis aja ya. Isiannya juga menyesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di kulkas, kebetulan cuma ada ayam, udang dan telur aja. Jadilah lumpia praktis isi ayam dan udang. Yang namanya lumpia memang paling enak pakai rebung, tapi karena lagi gak belanja rebung dipakai aja bahan yang ada. Kalau bikin lumpia rebung, biasanya isiannya juga aku campur dengan ayam dan telur atau bahkan udang, jadi rasanya tambah mantap. Postingan tentang lumpia isi rebung, silahkan dilihat disini ya.




Karena memang dengan bahan-bahan seadanya, kali ini juga tanpa pelengkap kucai atau acar. Aku cuma punya cabe rawit aja hehehe, jadi aku sempatkan bikin saus lumpianya. Biasanya saus cocolan lumpia itu ada yang memakai ebi, ada juga yang memakai tauco sehingga rasanya bisa enak banget. Lagi-lagi karena keterbatasan bahan, jadi aku bikin saus lumpia suka-suka aja deh. Lumayan juga kok hasilnya. Lumpianya sengaja aku bikin kecil-kecil, biar jadi banyak hehehe karena isiannya terbatas.





LUMPIA PRAKTIS ISI AYAM & UDANG

Bahan :
15 lembar spring roll pastry (atau bisa pakai kulit lumpia siap pakai)
minyak untuk menggoreng

Bahan Isian Ayam & Udang :
200 gr ayam cincang
100 gr udang kupas, cincang
2 butir telur, kocok lepas dan buat orak arik
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
2 sdm saus tiram
2 sdt kecap ikan
1 sdt minyak wijen
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
1 batang daun bawang, cincang.
2 sdm minyak untuk menumis

Bahan Saus Lumpia :
250 ml air
50 gr gula merah, sisir halus
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt cuka makan
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
2 siung bawang putih, cincang halus
3 cabe rawit, iris halus 

Cara Membuat Isian Ayam Udang :
- Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
- Masukkan ayam dan udang cincang, aduk rata dan masak hingga berubah warna.
- Masukkan telur orak arik, saus tiram, kecap ikan, minyak wijen, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata.
- Masak hingga matang dan bumbu meresap. Test rasa hingga sesuai selera.
- Sesaat sebelum diangkat, masukkan daun bawang, aduk rata.
- Angkat dan siap digunakan.

Cara Membuat Saus Lumpia :
- Masak air dan gula merah hingga mendidih.
- Masukkan gula pasir, garam dan cuka makan. Aduk hingga rata.
- Tuang larutan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk kemudian masukkan bawang putih dan cabe rawit. Aduk hingga mengental.
- Angkat dan siap digunakan.

Penyelesaian :
- Ambil selembar spring roll pastry atau kulit lumpia, beri isian secukupnya.
- Lipat bentuk amplop dan gulung sambil dipadatkan. Rekat bagian ujungnya dengan air atau putih telur.
- Lakukan hingga habis.
- Panaskan minyak, goreng lumpia hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
- Siap disajikan dengan saus, acar dan kucai bila suka.







Alhamdulillah lumayan banget untuk obat kangen nguprek di dapur dan juga bikin kesampaian makan lumpia walau lumpianya seadanya hehehe. Asyik juga untuk takjil buka puasa lho atau untuk cemilan setelah sholat tarawih. Yang pasti tetap anti ribet dan simpel banget. Isiannya silahkan disesuaikan dengan selera keluarga aja ya. 



"L" for Lumpia ^_^

Selamat menunaikan ibadah puasa dan selamat mencoba ya...

CUPCAKES DOKTER RIO



Cupcake 2 dimensi tema dokter ini dipesan oleh mbak Meydia untuk milad dokter Rio. Dibuat sehari sebelum berangkat keluar kota, disela-sela kesibukan bantuin Ayah packing. Mbak Meydia sudah pesan cupcake ini jauh-jauh hari, jadi walau lagi repot banget ya harus dikerjakan.
Untungnya beliau pesan dengan tema yang tidak terlalu rumit. Tau kali ya kalau akunya juga masih belajaran dan belum bisa bikin yang rumit hehehe. Seperti biasa kalau orderan selalu fotoinnya seadanya banget, ini juga cuma 3 atau 4 kali jepret pakai kamera hape aja karena keburu-buru mau diantar.

Semoga berkenan dengan cupcakenya ya. Happy Milad dokter Rio..Barakallahu fiik..

CLASSIC CHEESE CAKE PESANAN MBAK JO



Posting tentang orderan dulu yaaa.. Siapa tau juga bisa menjadi inspirasi dekor, walaupun dekornya masih gini-gini aja hehehe.
Classic cheese cake ini dipesan oleh tetangga kompleks yaitu mbak Jo untuk ultah bapak mertuanya. Pesennya mendadak banget, yaitu sehari sebelum hari H hehehe. Karena kebetulan masih sempat membuatnya dan juga pesanannya tidak terlalu ribet, jadi oke aja deh. Jadilah 2 layer classic cheese cake dengan filling buttercream yang tipiiis aja sesuai request dan taburan keju cheddar parut. Dicover seluruhnya dengan buttercream yang juga tipis dan dilapisi oleh keju cheddar parut.

Matur nuwun orderannya ya mbak Jo ^^ Selamat ultah untuk bapak mertuanya, semoga panjang umur dan bahagia selalu.
Maaf yaa...fotonya seadanya...keburu-buru banget nih.



VANILLA CUPCAKES



Bismillahirrohmanirrohim
Apa kabar blog-ku, lama banget ya gak update blog. Kebetulan masih ada kesibukan di luar kegiatan dapur yang tidak bisa ditinggalkan, jadi sementara off dulu kemarin itu. Selain off nge-blog, acara di dapur juga sedikit berkurang. Jangankan bisa mencoba resep-resep baru dan belajar foto, bisa masak dan bebikinan yang simpel aja kayanya udah berharga banget deh hihihi. Sejak minggu lalu, masih sering mondar mandir keluar kota dan In shaa Allah masih akan berlanjut hingga minggu depan. Jadi mohon dimaklumi kalau kurang lebih selama 3 minggu, blog-nya sepi postingan hehehe.
Karena itu juga maka tahun ini Dapur Nays tidak produksi cookies lebaran dulu yaa. Tetap bikin sih, tapi hanya untuk konsumsi keluarga aja. Masih kesulitan untuk membagi waktu antara kerjaan di luar dan kerjaan dapur. Semoga tahun depan sudah mulai bisa produksi lagi. In shaa Allah. Panjang banget yaa curcolnya heheh.

Postingan kali ini tentang vanilla cup cake. Jelas bukan fresh from the oven ya, entah kapan bikinnya juga udah lupa hihihi. Aku lebih sering bikin cup cake coklat dibandingkan dengan yang vanilla, karena memang biasanya customer lebih memilih yang rasa coklat atau bahkan browkus sebagai base cupcake-nya. Untuk vanilla cup cake biasanya aku memakai resep dari Joy of Baking atau duluu banget pernah pakai resep dari mbak Mae yang pernah kuposting disini. Kali ini aku tertarik dengan vanilla cupcake yang diposting Mbak Hesti. Pertama tentu saja tertarik dengan foto-foto beliau yang selalu cantik. Kedua tertarik dengan review bahwa vanilla cup cake ini enaak banget. Dan yang terakhir aku tertarik dengan metode pembuatannya. Resep asli berasal dari Cup Cake Project




Aku sudah bikin menggunakan resep ini 2x. Yang pertama bikin aku mengganti sour cream dengan yoghurt seperti yang dilakukan mbak Hesti. Yang kedua aku mengganti sour cream dengan whipcream bubuk yang dicairkan. Hasilnya...tetap enak kok. Tapi yang memakai whipcream bubuk ini aku rada-rada overbake kayanya, karna warnanya jadi kecoklatan dan bukannya kuning. Foto-foto yang ada disini adalah yang memakai whipcream bubuk ya, karena yang memakai yoghurt gak sempat kefoto karena keburu diangkut hehehe.

VANILLA CUP CAKES

Bahan :

225 gr gula kastor (atau gula pasir yang diblender halus)
1 batang vanilla bean, keruk bagian dalamnya yang berwarna kehitaman
175 gr tepung terigu protein rendah
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt garam
60 gr butter
2 butir telur
75 gr full fat sour cream (aku pakai yoghurt atau 30 gr whipcream bubuk ditambahkan air hingga berat 75 gr)
60 ml minyak canola (aku pakai minyak sayur biasa)
1 sdt vanilla bubuk
160 ml susu cair

Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang cupcake yang dialas paper cup
- Campur dan ayak, tepung terigu, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
- Dalam mangkok, campur gula kastor dan isi vanilla bean. Tekan-tekan vanilla agar tidak menggumpal.
- Masukkan campuran gula dan vanilla ke dalam tepung, tambahkan garam. Aduk hingga rata.
- Tambahkan butter, kocok sebentar dengan mixer kecepatan sedang selama kurang lebih 3 menit. Tekstur adonan akan terhambur seperti pasir.
- Dalam wadah lain, campur telur, yoghurt, minyak dan vanilla bubuk. Aduk rata.
- Tuang ke adonan tepung lalu mixer kecepatan sedang, asal tercampur saja.
- Tambahkan susu cair kemudian mixer dengan kecepatan rendah asal rata. Adonan akan cair ya.
- Tuang adonan ke dalam paper cup hingga 2/3 tinggi cup.
- Panggang selama 14 menit atau sampai tidak lengket ketika test tusuk. Cup cake akan berwarna kuning, jangan menunggu hingga cupcake berwarna keemasan ya dan apabila masih kurang tambahkan waktu memanggang hingga 2-3 menit lagi.
- Setelah matang, angkat dan dinginkan





Tekstur adonan yang cair membuat cupcake ini tidak bisa nge-dome ya permukaannya. Jadi kalau pengen bikin cupcake yang nge-dome tidak disarankan memakai resep ini. Tapi kalau mau bikin vanilla cupcake yang moist dan soft, resep ini recomended banget ^^
Sukaa deh dengan teksturnya. Eh ya kalau tidak punya vanilla bean, bisa diskip ya, jadi hanya memakai vanilla ekstrak atau vanilla bubuk biasa. Memang kalau pakai vanilla bean, harumnya beda, tapi it's oke lah kalau hanya pakai vanilla biasa.





Selamat mencoba ^_^

KOHU-KOHU






Bismillah
Last minutes setor di event Masak Bareng Yuuk yang kali ini temanya adalah salad. Pastinya udah pada familiar donk ya dengan salad, baik itu salad yang asli Indonesia ataupun yang berasal dari luar negeri. Salad sendiri dapat diartikan sebagai sejenis makanan yang berupa sayur-sayuran atau buah-buahan yang disiram dengan berbagai bumbu atau saus. Salad asli Indonesia juga sangat beragam, misalnya pecel, asinan, rujak manis, rujak cingur, gado-gado, trancam, lotek, urap-urap dan lain sebagainya. 





Kali ini saya membuat kohu-kohu, yaitu salah satu salad tradisional Indonesia yang berasal dari Maluku. Kohu-kohu mirip dengan trancam atau urap-urap. Apabila sayurannya mentah, maka kohu-kohu ini mirip dengan trancam namun apabila sayurannya dimasak terlebih dahulu, maka kohu-kohu mirip dengan urap. Yang membedakan kohu-kohu dengan trancam ataupun urap adalah pemakaian ikan, bisa berupa ikan tongkol, ikan teri basah, cakalang ataupun tuna. Ikannya bisa dikukus atau dibakar terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan sayuran. Bisa disajikan utuh ataupun diambil dagingnya baru kemudian dicampurkan. Bumbu pelengkapnya juga memakai kelapa parut seperti trancam atau urap. Bedanya bumbu kohu ini memakai air jeruk nipis. Hmmm...jadi penasaran. Kali ini saya memakai ikan tongkol yang dikukus dan disuwir-suwir terlebih dahulu sebelum dicampurkan bumbu dan sayurannya.






KOHU-KOHU

Bahan :

1 ekor ikan tongkol ukuran sedang
1 jeruk nipis, ambil airnya
1/2 sdt garam
200 g tauge
10 lonjor kacang panjang, iris 1/2 cm
15 tangkai kemangi, petik daunnya
1 buah mentimun, buang isinya dan potong dadu kecil
1/2 buah kelapa, parut memanjang

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
3 cabe merah
3 cabe rawit
1 sdt terasi goreng
2 sdt garam
1 sdt air jeruk nipis

Cara Membuat :
- Lumuri ikan tongkol dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan sejenak kemudian kukus hingga matang.
- Suwir-suwir ikan tongkol, sisihkan.
- Aduk kelapa parut dan bumbu halus hingga rata kemudian campurkan ke sayuran dan ikan tongkol suwir. Aduk rata.
- Segera sajikan.





Kohu-kohu lebih baik segera disajikan sesaat setelah dicampurkan. Pemakaian timun akan mengakibatkan kohu-kohu berair apabila tidak segera disantap. Rasanya memang unik karena ada aroma ikan di dalamnya. Lain kali ingin juga mencoba dengan ikan yang dibakar, kayanya lebih menggoda ya aromanya. Salad khas Maluku ini memang patut dicoba lho ^^

UDANG MASAK 3 SAUS



Bismillah...
Postingan simple menu lagi ya. Kali ini adalah menu kesukaan anak-anakku, yaitu udang masak 3 saus. Lumayan sering juga masak ini, karena memang cukup simple dan yang pasti karena jadi favorit anak-anak. Mirip-mirip dengan udang saus tiram tapi kalau udang masak 3 saus ini memakai kecap inggris (worcestershire sauce). Bikinnya cepat, mudah tapi rasanya istimewa....aaah...andai semua masakan bisa begitu hihihi.






UDANG MASAK 3 SAUS

Bahan :
500 gr udang, buang kepalanya dan bersihkan
1 buah lemon / jeruk nipis
1 butir bawang bombay, iris memanjang
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
5 sdm saus tomat
1 sdm saus sambal (bisa ditambah sesuai selera)
4 sdm saus tiram
2 sdm kecap inggris
1-2 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 batang daun bawang, potong-potong
1 sdm wijen putih sangrai untuk taburan (optional)
1 sdm margarin
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
- Kucuri udang dengan lemon / jeruk nipis. Aduk rata dan biarkan 20 menit.
- Panaskan minyak, goreng udang hingga matang. Angkat dan tiriskan.
- Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
- Masukkan saus tomat, saus sambal, saus tiram dan kecap inggris. Aduk hingga rata.
- Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Test rasa hingga sesuai selera.
- Masukkan udang, aduk hingga bumbu tercampur rata.
- Menjelang diangkat, masukkan daun bawang. Aduk rata.
- Angkat dan taburi dengan wijen putih.






Yang namanya udang, dimasak apa aja pasti enak ya hehehe. Demikian juga dengan udang masak 3 saus ini. Kalau kata anak-anak...enaaak banget. Ayah dan bundanya secukupnya aja makannya, kolesterol tinggi kan. Dinikmati dengan nasi hangat...pas sekali ^^

Happy Cooking
SAVOURY BREAD PUDDING

SAVOURY BREAD PUDDING



Bismillahirrohmanirrohim
Bikinnya kapan ya ini, udah lupa saking lamanya huhuhu. Gini ini deh kalau lagi kumat malasnya, ya malas foto-foto, malas ngedit dan merembet ke malas update blog. Smoga aja malasnya gak jadi keterusan ya. Bikin savoury bread pudding ini sebenarnya dalam rangka bingung karena pengen bread pudding dan juga macaronie schotel. Karena gak mungkin untuk bikin keduanya sekaligus, jadi aku bikin jadi bread pudding yang gurih aja. Isiannya layaknya macaronie schotel yaitu daging giling dan irisan sosis dengan taburan keju cheddar di atasnya. Biasanya bread pudding dijadikan sebagai salah satu dessert karena rasanya yang manis. Sedangkan savoury bread pudding ini dapat dijadikan sebagai menu utama. Cocok juga disajikan saat sarapan lho.




Bikinnya sih asli cuma cemplang-cemplung aja. Moga-moga gak salah ya resepnya karena memang udah lama banget hiiks. Untung isiannya bisa disesuaikan dengan selera aja. Mau pakai tuna, ayam, jamur, smoke beef atau bahkan full sosis juga oke kok. Lebih enak lagi kalau diberi juga bawang putih dan bawang bombay, tapi kemarin aku gak pakai karena lupaaa >_<

SAVOURY BREAD PUDDING

Bahan :
1 bungkus (200 gr roti tawar), potong-potong
600 ml susu cair
5 butir telur, kocok lepas
200 gr daging giling, tumis hingga matang
5 buah sosis, tumis dan iris tipis
100 gr keju cheddar parut
1-1,5 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk

Cara Membuat :
- Siapkan pinggan tahan panas, oles tipis dengan margarin. Sisihkan.
- Campur susu cair dan telur, masukkan garam, merica bubuk dan pala bubuk. Aduk hingga rata.
- Tata 1/2 bagian roti di dasar pinggan, tuang 1/2 campuran susu di atasnya dan diamkan sejenak hingga meresap.
- Taburi dengan daging giling, sosis dan sebagian keju. Letakkan kembali roti tawar di atasnya.
- Tuang sisa susu, biarkan sebentar hingga meresap. Taburi dengan sisa keju parut.
- Panggang dalam oven 160'C dengan cara steam bake (au bain marie)  hingga set dan matang.
- Angkat dan sajikan hangat.

Notes :
- Savoury bread pudding ini tidak bisa keras tapi cukup kokoh untuk dipotong.
- Jangan gunakan api terlalu besar, agar permukaan tidak mudah gosong sedangkan bagian dalamnya belum set.






Fotonya seadanya banget ya, burem pula hihihi. Maklum ini bikinnya menjelang sarapan, jadi difoto kilat aja. Kalau kelamaan dan kebanyakan gaya, anak-anak bisa gak sarapan tuh heheheh.
Rasanya mirip macaronie schotel tapi teksturnya lebih lembut. Masih tersisa rasa roti tawarnya, yaa iyaa lah namanya juga pakai roti tawar. Bisa jadi salah satu alternatif menu sarapan dan juga variasi lain dari bread pudding.
Happy Baking ^^

CLASSIC BLACK FOREST FOR BENZ



Yang ini masih repeat order dari Mbak Betty. Kali ini untuk suaminya yang kebetulan hanya terpaut 1 hari dari ultah Fathan. Mbak Betty memilih classic black forest dengan dekor sesuai contoh yang sudah pernah kubuat sebelumnya. Sayangnya saat mengerjakan black forest ini ada tragedi, entah kenapa cetakan sabuk coklat dengan motif yang diminta mbak Betty, patah jadi beberapa bagian. Whuaaa....kalau hanya jadi 2 atau 3 bagian, pasti masih bisa kupakai, tapi ini jadinya pendek banget. Akhirnya tanpa persetujuan mbak Betty aku ganti pagar coklatnya dengan motif lain. Mau nanya dulu ke mbak Betty juga gak mungkin karena aku ngerjainnya tengah malam sedangkan cake ini harus selesai pagi-pagi. Keesokan paginya baru kutunjukkan hasilnya ke mbak Betty, Alhamdulillah ternyata beliau berkenan dan bilang kalau motif pagar coklat yang ini juga bagus. Legaaa...

Terima kasih repeat ordernya ya mbak Betty...in shaa Allah mau mulai belajar untuk request tahun depan ya hihihi. Sugeng tanggap warsa untuk suaminya...Barakallah fii umrik  



CARS BDCK FOR FATHAN



Masih postingan tentang orderan, kali ini dipesan oleh Mbak Betty untuk milad putranya Fathan. Kalau tahun lalu mbak Betty memilih cake tema angry bird untuk Fathan, maka kali ini yang dipilih adalah cake dengan tema cars. 
Basecake-nya adalah lapis surabaya, dihias menggunakan pagar coklat, buttercream dan topper tema cars. 
Terima kasih repeat ordernya ya Mbak Betty. Happy Milad untuk Fathan, semoga menjadi anak sholeh ya...Aamiin



HK CAKE FOR ARA



Bismillahirrohmanirrohim
Punten kali ini postingan tentang beberapa orderan dulu ya. Salah satu orderan yang sempat dikerjakan beberapa waktu yang lalu adalah HK cake (again...again) orderan Ernik untuk milad putrinya Ara. Alhamdulillah Ernik selalu repeat order ke Dapur Nays setiap ada anggota keluarganya yang milad. Thanks  say ^^






Untuk milad Ara, kali ini Ernik memesan HK cake seperti yang sudah kubuat sebelum-sebelumnya. Request-nya tentu saja dengan warna pink kesukaan Ara. Basecakenya adalah 2 layer orange spongecake dengan filling dan cover buttercream spesial.  Selain HK cake, ada juga 12 pcs cupcake aneka warna yang juga dipesan. Memakai dekor buttercream dengan sedikit fondant sebagai pemanis.

Happy Milad ya Ara sayang, semoga senantiasa sholehah dan bisa menjadi penyejuk hati keluarga. Aamiin

IDFB #15 MISOA KUAH OYONG



Bismillahirrohmanirrohim
IDFB Challenge #15 kali ini temanya adalah kuliner peranakan. Kuliner peranakan adalah makanan yang merupakan campuran dari kebudayaan 2 bangsa, misalnya kuliner Indonesia yang dipengaruhi budaya Tionghoa. Pada jaman dahulu, para imigran Cina sampai ke Asia bagian tenggara dan menetap di Indonesia atau Malaysia serta menikah dengan penduduk setempat. Para penduduk setempat yang dinikahi oleh imigran Cina ini kemudian membuat berbagai masakan yang dipengaruhi oleh masakan Cina dan kemudian disesuaikan dengan bahan-bahan dan kebudayaan Indonesia. Salah satu contoh, bakpao yang berasal dari Cina aslinya berisi daging babi cincang kemudian disesuaikan dengan masyarakat Indonesia yang sebagian penduduknya muslim dan diganti isiannya dengan ayam cincang, kacang hijau, coklat dan sebagainya.

Kuliner peranakan sendiri sangat banyak macamnya antara lain adalah bakpia, bakpao, bakso, lumpia, lontong cap gomeh, wedang ronde, bakcang, kue doko, kue mangkok dan lain sebagainya. Sebenarnya saya ingin sekali membuat kue doko, tetapi ternyata belum sempat juga karena berbagai kesibukan di luar rumah. Akhirnya saya membuat masakan sederhana yaitu misoa kuah oyong.




Menurut Wikipedia Indonesia, misoa atau misua adalah mie halus dan tipis berwarna putih yang terbuat dari tepung terigu. Misoa selalu dijual dalam bentuk kering dan untuk memasaknya, tinggal diseduh dengan air panas. Misoa tidak bisa dimasak terlalu lama karena akan menjadi sangat lembek. 
Bagi masyarakat Cina, misoa melambangkan panjang umur. Pada saat perayaan ulang tahun orang Cina yang sudah tua, biasanya disajikan dan telur yang berwarna merah beserta tulisan "fuk" yang berarti panjang umur dan sehat selalu. Pada upacara pernikahan, pengantin diberi misoa yang disajikan dengan telur rebus berwarna hitam yang juga berarti panjang umur dan dengan harapan mempunyai anak laki-laki dan perempuan. Pengantin biasanya saling menyuapi misoa dengan menggunakan sumpit.
Misoa kuah biasanya disajikan hangat baik untuk anak-anak atau orang dewasa di saat cuaca dingin atau dalam kondisi badan yang kurang sehat. Pada kebudayaan Cina, misoa disantap dengan menggunakan ciu atau arak untuk menghangatkan badan.

Kali ini saya memadukan misoa dengan oyong, udang dan telur kocok. Dengan bumbu-bumbu yang minimalis,  misoa oyong ini tetap terasa nikmat, apalagi bila dinikmati hangat pada saat cuaca dingin.




MISOA KUAH OYONG
untuk 4 porsi

Bahan :
200 gr misoa kering
5 butir bawang putih, memarkan
250 gr udang kupas, bersihkan
2 buah oyong, kupas dan potong-potong
1-2 butir telur kocok lepas
1 liter air (bisa juga pakai air kaldu)
2 sdt garam 
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
2 batang daun bawang, iris-iris
2 batang seledri, simpulkan
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum dan berwarna kekuningan. Angkat dan tiriskan.
- Didihkan air atau kaldu, masukkan tumisan bawang putih, bumbui dengan garam, gula pasir dan merica.
- Masukkan udang dan oyong dan masak hingga matang menggunakan api kecil.
- Tuang telur dengan menggunakan saringan, tekan-tekan di atas panci hingga telur berbentuk serabut.
- Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang dan seledri. Matikan api.

Penyelesaian :
- Siapkan mangkok saji, beri misoa kering di dalamnya.
- Panas-panas tuang kuah ke dalam mangkok dan segera sajikan

Notes :
- Misoa bisa juga dimasukkan ke kuah sesaat sebelum diangkat, tapi jangan terlalu lama agar tidak lembek.
- Bisa menggunakan kuah kaldu udang atau ayam kampung.






Selain menggunakan udang, bisa juga memakai ayam yang dipotong-potong. Telurnya juga bisa memakai telur rebus yang dibelah atau telur yang diceplokkan ke dalam kuah. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga ya. 

Sekarang ini aktivitas IDFB tidak hanya di FB grup ya. Silahkan untuk mengunjungi website baru IDFB di http://www.indonesianfoodblogger.com/.  Thanks for the challenge IDFB.
Special thanks for my Mom Wiwiek Sulistyo for the info about misoa. Hugs

SEMUR PERANAKAN BOGOR



Bismillah...
Postingan tentang simple menu lagi ya. Biar kata dibilang simple menu tapi belum tentu rasanya simple lho. Salah satu simple menu yang rasanya mantaap menurutku adalah Semur Peranakan Bogor. Konon menu ini merupakan salah satu menu peranakan yang bisa dijumpai di Bogor. Bumbu-bumbunya lebih simple dibanding dengan semur yang biasa dibuat Mamaku. Biasanya kalau bikin semur seperti buatan Mama, harus nguleg bumbu dulu, kadang juga dikasih sedikit santan. Atau kalau tidak memakai santan, semurnya memakai kemiri. Kalau semur peranakan bogor ini bumbunya cukup diiris-iris aja, tapi rasanya gak kalah enak lho dibanding semur yang memakai bumbu uleg. Rasanya ringan sehingga mirip-mirip dengan bistik.

Aslinya semur peranakan bogor ini memakai daging sengkel, tapi karena anak-anak suka dengan daging yang empuk jadi aku pakai daging has aja. Kalau suka boleh lah dicampur memakai daging has dan sengkel. Semur ini cocok dijadikan sebagai salah satu menu berbuka saat Ramadhan nanti, terutama kalau gak mau masak yang terlalu ribet...seperti aku yaa hihihi. Disajikan sebagai menu sahur, oke juga kok. Kebetulan saat ini NCC ada event yaitu NCC Culinary Week : Menu Ramadhan dan Lebaran, jadi aku submit aja semur ini di event NCC. Postinganku bisa dilihat disini ya ^^




Original recipe aku lihat dari Resep Warisan Kuliner Bango. Monggo yang mau mencoba

SEMUR PERANAKAN BOGOR

Bahan :
500 gr daging has, potong-potong
2 buah kentang, potong-potong dan goreng sebentar hingga berkulit
7 butir bawang merah, iris kasar
2 cm jahe, memarkan
2 buah tomat, potong-potong
1 liter air
5 sdm kecap manis
1 sdt garam
1/2 sdt lada putih bubuk
1 butir pala, parut
2 sdm margarin untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan margarin, masukkan daging dan aduk hingga berubah warna.
2. Masukkan bawang merah, jahe dan sebagian tomat. Aduk rata.
3. Tuang air dan masak hingga mendidih.
4. Masukkan kentang, kecap manis, garam, lada bubuk dan pala. Masak dengan api kecil hingga daging empuk dan bumbu meresap.
5. Menjelang diangkat, masukkan sisa tomat. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.







Semur peranakan Bogor ini adalah salah satu menu kesukaan anak-anak, jadi dapat dipastikan setiap membuatnya aku selalu memakai daging has hehehe. Eh ya sedikit cerita, ini masih males aja foto-foto dengan aneka properti, jadi bisa dilihat kan kalau fotoku belakangan ini sepi-sepi aja huhuhu. Gak apa ya, entah mood belajar fotonya lagi hilang entah kemana, jadinya tiap foto makanan, ambil 1 properti seadanya aja buat wadahnya. Nah...kali ini kesannya gak nyambung juga karena semurnya cuma ditemani dengan seledri. Setelah sebelumnya keasyikan dengan mint, sekarang ini aku lagi sayang banget sama tanaman seledriku. Alhamdulillah tumbuh subur dan daunnya bisa dilihat di foto ini hihihi. Senangnya sekarang kalau butuh seledri tinggal keluar sebentar ke belakang dapur ^^




Here's the badge from NCC CW...Happy Cooking yaa

CORNFLAKE CHOCOCHIPS COOKIES



Bismillahirrohmanirrohim
Quick post !! Gak cerita ngalor ngidul dulu ya...hanya cerita sedikit karena masih banyak kerjaan di luar rumah yang harus diselesaikan. Disempatkan posting resep sebentar.
Minggu lalu aku bikin cookies lagi, mumpung lagi "agak rajin" nih ceritanya. Kebetulan waktu beres-beres lemari dapur, liat ada stok cornflake dan entah kenapa yang terpikir saat itu adalah bikin cornflake cookies. Aku paling suka kalau pas ngoven aroma butter merajalela di rumahku hihihi dan kalau bikin cookies bisa dipastikan aromanya kemana-mana kan ^^ Tadinya aku pingin buat blueberry atau chocolate thumbprint yang memakai cornflake, tapi kok ya males buat buletin adonannya ya. Jadi akhirnya bikin drop cookies lagi aja yang cepat dan anti ribet. Aku tambahkan chocochips di adonannya biar tambah enak hehehe.

Monggo yang mau mencoba resepnya, bisa jadi salah 1 alternatif cookies yang dihidangkan saat Lebaran nanti lho.

CORNFLAKE CHOCOCHIPS COOKIES

Bahan :
75 gr cornflake, blender
50 gr cornflake utuh
50 gr chocochips
60 gr butter
50 gr margarin
75 gr gula tepung
2 kuning telur
1/2 sdm air jeruk lemon (bisa diskip atau diganti air jeruk nipis)
150 gr tepung terigu protein rendah (bisa juga pakai protein sedang)
1/2 sdt baking powder

Cara Membuat :
- Panaskan oven 130'C, siapkan loyang , alasi dengan silpat atau kertas roti.
- Kocok butter, margarin dan gula tepung selama kurang lebih 1 menit atau asal tercampur rata.
- Masukkan kuning telur sambil dikocok rata. Masukkan air jeruk lemon, kocok rata. Matikan mixer
- Masukkan tepung terigu dan baking powder dengan cara diayak. Aduk rata menggunakan sendok kayu.
- Masukkan cornflake yang sudah dihaluskan, chocochips dan cornflake utuh. Aduk hingga rata.
- Sendokkan adonan di loyang, pipihkan sedikit. 
- Panggang selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang.
- Dinginkan di atas rak kawat baru dimasukkan ke dalam wadah kedap udara





Selamat mencoba, semoga sesuai dengan selera keluarga ya ^^