CAKE KUKUS LABU KUNING LAPIS COKLAT



Bismillahirrohmanirrohim
Aku suka sekali dengan olahan labu kuning. Setiap ke pasar dan melihat penjual labu kuning, pasti disempatkan untuk membeli. Di tempatku, labu kuning tidak harus beli sebutir utuh, tapi biasanya penjualnya sudah menyediakan labu kuning dalam bentuk potongan. Selain dibuat kolak labu, biasanya labu kuning ini aku kukus dan haluskan untuk kemudian disimpan di dalam freezer. Sewaktu-waktu aku ingin membuat olahan labu, harta karun labu kuning ini siap untuk dikeluarkan hihihi. Anak-anakku suka sekali dengan donat dan roti labu kuning. Selain teksturnya yang lebih lembut, tentu saja warnanya jadi lebih cantik. Kalau aku sendiri suka dengan kue lumpur labu kuning. Menurutku tidak kalah enak dibanding kue lumpur kentang lho. 

Kebetulan masih ada sisa 1 pack pure labu kuning di freezer dan kali ini aku olah menjadi cake kukus favorit keluargaku. Resepnya diambil blog inspiratif milik Mbak Diah Didi. Menurut beliau, resep asli didapat dari Tabloid Saji edisi lama. Aku sudah beberapa kali membuat cake labu dengan resep ini, tapi karena keseringan malasnya, biasanya aku langsung tuang aja ke loyang hehehe. Jadi baru kali ini aku bikin sesuai resep asli yang berlapis coklat. Resepnya simpel dengan bahan-bahan yang sederhana, tapi hasilnya enaak banget. Teksturnya moist dan lembut serta manisnya pas. Recomended untuk dicoba deh ^_^




CAKE KUKUS LABU KUNING LAPIS COKLAT

Bahan :
75 gr pure labu kuning (labu kuning dikukus dan dihaluskan)
75 ml santan dari 1/4 butir kelapa (aku pakai 50 ml santan instan ditambahkan air hingga 75 ml)
3 butir telur
75 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1 sdt emulsifier (aku pakai SP)
85 gr tepung terigu protein sedang (aku pakai protein rendah)
15 gr susu bubuk full cream
1/4 sdt vanilli bubuk
1/2 sdt pasta coklat

Bahan Taburan :
coklat serut (bisa juga pakai meises) secukupnya

Cara Membuat :
- Siapkan cetakan plastik / cetakan bolu sakura, oles tipis minyak. Gunakan cetakan kecil tapi agak tinggi ya, agar lapisannya bisa terlihat cantik.
- Blender pure labu kuning bersama santan kemudian saring hingga halus. Sisihkan.
- Kocok telur, gula pasir, garam dan emulsifier hingga mengembang dan kental.
- Masukkan tepung terigu dan susu bubuk dengan cara diayak, sambil diaduk hingga rata. Bisa juga menggunakan mixer speed rendah sebentar saja ya.
- Masukkan campuran labu kuning sedikit demi sedikit. Aduk hingga tercampur rata. 
- Ambil 1/3 adonan, beri pasta coklat dan aduk hingga rata.
- Tuang adonan coklat hingga 1/3 tinggi cetakan. Kukus ke dalam kukusan yang sudah panas selama 5-7 menit dengan menggunakan api sedang.
- Tabur coklat serut / meises, kemudian tuang adonan kuning hingga cetakan penuh. Kukus kembali hingga matang kurang lebih selama 10-15 menit.
- Angkat dan keluarkan dari cetakan.

Notes :
- Apabila memakai dandang, jangan lupa bungkus tutupnya dengan lap bersih sehingga tetesan air tidak jatuh ke kue. Apabila memakai klakat, tidak perlu membungkus tutupnya dengan lap.
- Masukkan adonan ketika air dalam kukusan sudah mendidih dan gunakan api sedang selama proses pengukusan.






Kue ini enaak banget dinikmati dalam keadaan hangat, karena coklat serutnya masih meleleh di dalamnya. Kue ini juga masih tetap lembut ketika dinikmati keesokan harinya lho. Kebetulan kemarin sengaja aku simpan 1 untuk dilihat teksturnya ketika sudah menginap. Ketika masih hangat, kue ini sudah jadi rebutan karena ya itu ingin dapat lelehan coklatnya hihihi. Aku sempatkan ambil 4 buah untuk foto-foto, itu pun setelah selesai yang 3 langsung ludes. Duuh...kayanya anak-anak kangen ya sama cake buatan bundanya heuheuehe. Alhamdulillah..




Karena difoto dalam keadaan dingin, jadinya isian coklatnya gak terlihat meleleh ya. 

Kalau malas buat lapisan, bisa langsung dituang ke dalam cetakan, yaa...seperti yang kulakukan biasanya. Tapi memang rasanya lebih spesial yang ada lapisan dan isian coklatnya, jadi jangan malas kaya aku ya :)

Selamat mencoba, semoga sesuai dengan selera keluarga. Happy Steaming...



MISOA GORENG



Bismillahirrohmanirrohim
Haloo...pastinya udah pada tau kan misoa goreng? Gorengan yang satu ini memang cukup familiar dan banyak penggemarnya. Pastinya udah pada bisa juga kan bikinnya, karena memang cukup mudah dan simpel proses pembuatannya. Misoa goreng juga sangat mudah divariasikan menyesuaikan selera keluarga. Kalau aku biasanya bikin dengan campuran wortel dan daging atau ayam cincang. Bisa juga diberi campuran sosis, jamur atau bahkan udang. Bahan pelapisnya juga bisa menggunakan panir, jadi nanti terlihat seperti nugget atau yang lebih umum hanya memakai kocokan telur. Sama enaknya kok.
Misoa goreng ini enak sekali disajikan hangat dengan cocolan saus sambal atau dengan cabe rawit. Teksturnya tentu saja lembut khas misoa.

Pertama kali tau misoa goreng dari salah satu kerabat saat masih SMA dulu. Beliau sering sekali membuat misoa goreng dan aku juga sering banget ngicipin hehehe. Dulu waktu masih belum tertarik belajar masak dan baking, misoa goreng dan macaronie schotel benar-benar jadi andalanku kalau pengen bebikinan di dapur. Yaa...gimana gak jadi andalan, karena memang cuma 2 itu yang bisa aku bikin hihihi.




Pastinya udah pada bisa kan bikin misoa goreng, gak apa ya tetap aku posting resepnya. Kali ini aku bikin dengan isian wortel dan ayam cincang aja karena menyesuaikan dengan bahan yang ada di rumah.

MISOA GORENG

Bahan :
250 gr misoa
700 ml air
1 butir bawang bombay ukuran kecil, cincang halus
3 siung bawang putih, haluskan
1 buah wortel iris dadu kecil
100 gr ayam cincang, tumis hingga matang
1 batang daun bawang, cincang halus
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1/2 butir pala, haluskan
1 sdm minyak untuk menumis
minyak secukupnya untuk menggoreng

Bahan Pelapis :
3 butir telur kocok lepas

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih halus hingga harum dan layu. Angkat dan sisihkan.
- Didihkan air, masukkan wortel dan masak sebentar hingga agak lunak.
- Masukkan bumbu tumisan dan ayam cincang. Bumbui dengan garam, gula pasir, merica bubuk dan pala. Test rasa hingga sesuai selera.
- Masukkan daun bawang dan misoa. Masak hingga air terserap. Matikan api.
- Tuang di loyang yang sudah dioles tipis minyak atau margarin. Biarkan hingga dingin dan set.
- Setelah dingin, keluarkan dari loyang dan potong-potong sesuai selera.
- Celupkan ke dalam kocokan telur dan goreng hingga berwarna kecoklatan.
- Angkat dan tiriskan, siap disajikan hangat dengan saus sambal atau cabe rawit.


Misoa yang sudah set dan dingin


Setelah dikeluarkan dari loyang dan dipotong-potong




Misoa goreng ini oke juga dijadikan salah satu isian snack box. Tinggal taruh di paper cup, beri cabe rawit atau saus sambel sachet, cakep deh. 
Selamat mencoba ya ^_^


VERY BANANA CAKE




Bismillahirrohmanirrohim
Resep very banana cake ini sudah ku bookmark sejak bulan lalu. Biasa deh, sebagai banana cake lover, selalu tertarik dengan judul banana cake yang 'mengundang' untuk dicoba. Resep ini kulihat di dailydelicious, dengan tag line for banana lover like me. Jadi penasaran kan baca judulnya hehehe. Banana cake-nya memang cantik sekali dengan topping pisang dan taburan gula di atasnya. Kebetulan beberapa hari yang lalu stok pisang ambon masih banyak di rumah, belum sampai menghitam sih kulitnya tapi akunya sudah keburu pengen bikin banana cake. Jadinya nekad bikin aja deh, mumpung mood bakingnya mulai muncul hihihi. Takutnya kebablasan jadi baking blue alias malees baking. 



Aku hanya modif sedikit dari resep aslinya, takaran gulanya aku kurangi karena pisang yang kupakai manis sekali. Selain itu di resep asli pakai whipping cream cair, sedangkan aku pakai whipping cream bubuk yang dicairkan. Resep asli memakai loyang ukuran 20x20 cm dengan topping potongan pisang di atasnya dan taburan gula torbinado. Aku gak ngerti, apa yang dimaksud gula torbinado itu. Karena aku pakai loyang tulban, jadi aku skip topping pisang dan tentunya taburan gulanya.

VERY BANANA CAKE

Bahan :
195 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
130 gr butter
120 gr gula pasir halus
1 butir telur
1/2 sdt vanilla
190 gr pisang, haluskan
85 gr whipping cream (aku pakai 20 gr whipcream bubuk ditambahkan air matang hingga berat 85 gr, aduk rata)
1 sdt air lemon

Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C, siapkan loyang (aku pakai loyang tulban), oles margarin dan alasi kertas roti. Karena pakai loyang tulban, jadi aku oles margarin dan taburi sedikit terigu.
- Campur dan ayak, tepung terigu, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
- Tuang air lemon ke dalam whipping cream, aduk rata dan sisihkan.
- Kocok butter hingga hingga lembut, masukkan gula dan kocok kembali hingga agak pucat. Masukkan vanilla. Kocok hingga tercampur rata.
- Masukkan telur, kocok hingga tercampur rata kemudian masukkan pisang yang sudah dihaluskan. Lanjutkan mengocok hingga rata. 
- Tuang 1/3 bagian tepung terigu, aduk hingga rata kemudian tuang sebagian whipping cream. Aduk rata.
- Tuang kembali 1/3 bagian tepung terigu, aduk rata dan tuang sisa whipping cream. Aduk rata.
- Tuang sisa tepung terigu. Aduk rata (diawali dan diakhiri dengan terigu ya).
- Tuang ke dalam loyang, panggang selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang. 
- Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan di dalam loyang selama kurang lebih 10 menit baru dibalikkan ke cooling rack.





Teksturnya cukup moist, tidak terlalu padat dan manisnya sudah pas menurutku. Enak sih, tapi kalau disuruh memilih aku tetap lebih suka dengan resep soft & moist banana cake atau resep banana cake ala Joy of Baking yang kuposting disini. Dicobain aja resep-resepnya ya jadi kita bisa milih yang sesuai dengan selera. Seperti biasanya kalau bikin banana cake selalu cepat ludesnya. Ini selama proses foto, udah ada 2 gadis cilik yang gak sabar pingin nyoba cake-nya hehehe. Jadi gak boleh lama-lama ya fotoinnya.

Eh ya...akhir-akhir ini aku ngerasa susah banget dapat foto yang pas kalau memakai banyak properti. Gak tau juga kenapa. Udah berbagai angle dicoba tapi hasilnya tetap aja aneh menurutku, ada yang propertinya seakan-akan mengganggu fokus utama atau bahkan yang lebih parah, gak jelas mana fokusnya hihihi. Jadinya bisa dilihat kalau akhir-akhir ini aku jarang banget pakai properti macam-macam. Hasilnya memang belum oke juga sih, tapi menurutku masih mendingan dibanding dengan yang memakai banyak properti. Maklum super amatir banget  heuheuheu. Semoga nanti ada kesempatan untuk bisa belajar lagi yaa.



Happy Baking ^_^

MARTABAK PRAKTIS ISI AYAM



Kali ini gak posting resep ya, cuma posting fotonya aja karena resepnya sama dengan yang dulu pernah kuposting. Bikinnya sudah lama juga ini, waktu masih libur baking jadi bikin yang simpel-simpel aja tetapi tetap jadi favorit keluarga, yaitu martabak praktis isi ayam. Dinamakan martabak praktis karena memang memakai spring roll pastry siap pakai untuk kulitnya. Kalau dulu pernah bikin memakai daging sapi giling, kali ini aku pakai daging ayam giling sebagai isiannya. Tetap enak kok, walau menurutku lebih mantap yang pakai daging sapi. Resepnya bisa dilihat disini, hanya daging sapi kuganti dengan ayam.






Selain menggunakan ayam giling, kali ini lipatannya aku buat beda dibandingkan yang dulu. Kalau yang dulu bahan isian diletakkan di tepi kemudian dilipat seperti amplop. Sedangkan yang ini, bahan isian diletakkan di tengah kulit kemudian dilipat ke tengah. Hasilnya yang ini lebih mirip martabak telur kan ya, karena bahan tetap terlihat setelah digoreng. Kalau dengan cara melipat seperti amplop dahulu itu, kulitnya lebih terasa tebal dan renyahnya lebih tahan lama. Mau pilih yang mana? Sesuaikan aja dengan selera ya, sama enaknya kok ^_^



BANANA CEREAL COOKIES

Bismillahirrohmanirrohim
My first cookies in 2014 hihihi. Terakhir bikin cookies bulan Ramadhan tahun lalu dan baru bikin lagi sekarang ini. Kebiasaan setiap habis ngerjain cookies di bulan Ramadhan, pasti deh bikin cookiesnya di tahun berikutnya hahaha. Kayanya masih kebayang-bayang capeknya ngerjain cookies, jadi males banget. 
Kalau sekarang ini, mumpung lama gak bikin cookies jadi disempatkan bikin. Keluargaku pastinya udah gak eneg lagi sama aroma-aroma cookies di rumah seperti halnya kalau Ramadhan tiba hehehe. Kebayang deh, kalau tiap Lebaran pasti udah gak ada yang doyan ama cookies. Mending makan krupuk deh daripada makan cookies. 







Karena masih pemanasan, jadi bikinnya cookies yang gampang-gampang aja, yaitu bikin drop cookies. Sesuai dengan namanya drop cookies ini bikinnya cukup disendokin aja ke loyang, tanpa harus ribet membentuk atau mencetak. Spesial untuk anak-anakku kali ini aku membuat drop cookies yang ada campuran pisang dan cereal, yaitu Banana Cereal Cookies. Resepnya diambil dari Buku Sedap dengan sedikit modifikasi. Selama ini belum pernah bikin cookies yang memakai pisang, jadinya penasaran dengan hasilnya.

BANANA CEREAL COOKIES

Bahan :
100 gr butter dingin, potong dadu kecil
70 gr margarin
75 gr gula pasir yang dihaluskan
125 gr pisang ambon, haluskan (berat tanpa kulit)
2 kuning telur
220 gr tepung terigu protein rendah (bisa pakai protein sedang)
20 gr susu bubuk full cream
25 gr maizena
1/2 sdt baking powder
50 gr cereal (aku pakai Milo yang bentuknya bola-bola kecil)

Cara Membuat :
- Dalam suatu wadah, kocok butter, margarin dan gula kurang lebih selama 1-2 menit, hingga asal tercampur rata.
- Masukkan pisang ambon, kocok rata.
- Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
- Masukkan tepung terigu, susu bubuk, maizena dan baking powder dengan cara diayak sambil diaduk dengan sendok kayu hingga rata.
- Masukkan cereal, aduk rata.
- Siapkan loyang, alasi dengan silpat atau oles tipis margarin. Cetak cookies dengan cara disendokkan, beri jarak satu dengan yang lainnya.
- Panggang dalam oven suhu 140'C hingga bagian bawah kecoklatan dan matang.
- Angkat dan biarkan hingga benar-benar dingin di atas cooling rack baru dimasukkan ke wadah kedap udara.

Kalau tidak ada cereal, bisa juga diganti dengan chocochips ya. Bisa juga ditambahkan potongan kismis atau kurma di dalamnya. Cookies ini juga bisa dimodifikasi menjadi oatmeal banana cookies, yaitu dengan mensubstitusi beberapa bagian tepung terigu dengan oatmeal. 
Pas dipanggang...aromanya tuh udah keluar kemana-mana. Harumnya butter dipadukan dengan aroma pisang, enaak deh. Kayanya kalau diberi sedikit campuran kayu manis bubuk juga sedap ya. Ntar kapan-kapan coba bikin lagi. Jangan lupa setiap membuat cookies, selalu gunakan api kecil ya. Kalau ovenku maksimal di suhu 140'C, sering juga aku bikin hanya pakai suhu 120'C dengan waktu yang lebih lama. Kalau semua rak di oven terpakai, jangan lupa untuk merotasi loyang sehingga semua cookies bisa matang sempurna dan penampilannya juga cantik.




Surpraise buatku, ternyata banana cookies ini juga renyah lho. Tadinya kan penasaran, apa bisa ya cookies yang ditambahkan pisang bisa renyah, ternyata bisa juga. Setelah matang, aroma pisangnya memang tidak terlalu terasa dibandingkan jika kita membuat banana cake misalnya, mungkin kalah dengan aroma butternya. Di cookiesnya ada bintik-bintik berwarna keemasan, ya itu pisangnya.     




Karena udah lama banget gak makan cookies buatan bundanya, gak heran kalau anak-anak suka bangeet.  Alhamdulillah...
Adek tuh udah langsung pelukin toplesnya dan duduk manis ngemil cookies di teras belakang rumah Yangtinya hihihi. Pantesan dicariin gak ada, ternyata lagi santai-santai ngemil di belakang ^_^



Semoga bisa jadi salah satu inspirasi cookies untuk keluarga ya. Happy Baking



NUTELLA BROWNIES WITH 3 INGREDIENTS !!






Bismillahirrohmanirrohim
Udah seminggu lebih libur baking, ternyata benar-benar kangen. Akhirnya kemarin menyempatkan diri baking sebentar karena kebetulan pas pulang ke rumah. Pengennya baking kilat aja tapi hasilnya enak hehehe. Buka-buka lemari masih ada stok 1 botol nutella yang belum dibuka. Akhirnya bikin deh nutella brownies. Bener-bener quick baked, bahannya aja cuma 3 yaitu nutella, telur dan tepung terigu. Waktunya juga sebentar banget, kurang lebih 30 menit, nutella browniesnya udah mateng tuh .






Sebenarnya kalau mau bikin nutella brownies harusnya seperti halnya kita bikin brownies biasa  dan ditambahkan nutella di adonannya. Berhubung ini semua serba kilat dan mendadak, jadi bikin yang agak melenceng deh. Yang mau mencoba bikin nutella brownies kilat...berikut ini resepnya ya

NUTELLA BROWNIES (3 INGREDIENTS)

Bahan :
1 botol nutella (200 gr)
2 butir telur ukuran kecil (atau bisa pakai 1 butir ukuran besar), kocok lepas
55 gr tepung terigu serbaguna

Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C, siapkan loyang oles margarin dan alasi kertas roti.
- Dalam suatu wadah, campur nutella dan telur. Aduk hingga rata.
- Masukkan tepung yang sudah diayak, aduk hingga rata.
- Tuang ke dalam loyang yang sudah dialas kertas roti atau bisa juga dituang ke dalam cupcase.
- Panggang selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang.
- Angkat dan dinginkan.






Dari 1 resep tersebut, jadinya mungil ya, tapi aku lupa deh ukuran pastinya loyang yang kupakai. Besok deh kalau pulang ke rumah diukurin dulu loyangnya heheheh. Keren juga kalau dijadikan nutella brownies cupcake. Untuk variasi rasa, bisa diberi topping almond slice atau sesuai selera. Kalau aku cukup disajikan dengan gula halus sebagai dustingnya. 
Rasanya...ternyata enak juga lho. Hihihi...gimana gak enak ya, nutella gitu lho. Bisa juga pakai chocolate spread merk lain ya, ada beberapa merk yang lebih ekonomis harganya tetapi rasanya juga enak.




Selamat mencoba...happy baking ^_^

PUDING TAPE KETAN HIJAU



Masih dalam rangka libur baking, jadi bikin cemilan yang simpel-simpel aja buat keluarga. Salah satunya yaitu puding tape ketan hijau. Selain puding gula merah, puding tape ketan hijau ini juga jadi favorit Mama. Jadi mumpung masih stay sementara di rumah Mama, disempatin deh bikin puding ini. Kalau anak-anak dan suami, jangan tanya deh...suka banget. Selama ini kalau beli tape ketan hijau, pasti tergiur untuk bikin puding, tapi seringnya tape ketan hijaunya udah ludes duluan digadoin hehehe. Naah...kemarin karena niat banget bikin puding, jadi begitu beli sampai rumah langsung diolah. Amaan deh.



PUDING TAPE KETAN HIJAU

Bahan :
1 bungkus (7gr) agar-agar plain atau bisa juga pakai warna hijau
6 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
2 helai daun pandan, simpulkan
850 ml santan
200 gr tape ketan hijau

Cara Membuat :
- Campur agar-agar bubuk, gula pasir dan garam. Aduk hingga rata.
- Tuang santan dan masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk. 
- Menjelang mendidih, masukkan tape ketan hijau. Aduk rata.
- Setelah mendidih matikan api dan tuang larutan agar-agar ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air matang.
- Dinginkan.







Pilih tape ketan hijau yang manis ya, agar pudingnya juga manis rasanya. Untuk variasi bisa disajikan dengan sisa tape ketan hijau. Dinikmati dingin di siang hari yang panas...Alhamdulillah nikmat banget.
Selain menggunakan tape ketan hijau, bisa juga pakai tape ketan hitam ya. Sama enaknya kok. Puding tape ketan hijau dan puding tape ketan hitam dulu pernah juga kupostingi disini dan disini

Selamat mencoba ^_^

LBT #32 PUMPKIN SOFT PRETZEL



Bismillahirrohmanirrohim
LBT #32 ini temanya adalah pretzel bread. Sebenarnya sudah setor di grup sejak minggu lalu, ternyata belum sempat diposting di blog.
Pretzel bread adalah merupakan sejenis roti yang berasal dari Eropa dan mempunyai bentuk unik berupa simpul yang terikat unik. Pretzel dikenal juga sebagai "brezel", di Jerman disebut juga brezn atau breze. Pretzel umum ditemui di Jerman bagian selatan dan Swiss. Pretzel juga sangat populer di Amerika, khususnya Pennsylvania yang merupakan pusat dari sejarah dan produsen pretzel di Amerika. Pretzel umumnya bercita rasa asin, walau ada pula pretzel yang manis. Teksturnya juga ada yang lunak dan keras. Pretzel bisa disajikan dengan dilapisi coklat, madu, selai, mentega ataupun mustard. Ada pula yang pretzel yang disajikan dengan saos sosis putih. Di Hungaria pretzel dengan jenis tersebut disebut perec


Selain bentuknya yang khas, hal unik yang bisa kita temui di pretzel bread adalah permukaannya yang berwarna gelap kecoklatan dan mengkilat sedangkan bagian dalamnya masih lembut dan empuk. Tampilan dan tekstur tersebut bisa didapatkan  dengan mencelupkan adonan pretzel yang telah dibentuk ke dalam larutan lye. Penggunaan larutan lye ini harus dengan sangat hati-hati karena sifatnya korosif dan cukup berbahaya. Untuk membuat pretzel bread ini kita tidak perlu pusing mencari larutan lye, tapi cukup menggantinyanya dengan baking soda. Baking soda merupakan salah satu bahan yang mengandung lye tetapi mempunyai pH yang lebih rendah. Karena baking soda mempunyai kandungan alkali yang lemah maka disarankan untuk mencampurkannya dengan air mendidih sehingga kemampuannya meningkat. Itulah mengapa dalam pembuatan pretzel bread ada proses mencelupkan adonan ke dalam baking soda yang sudah dicampurkan dengan air mendidih.






Untuk LBT kali ini aku membuat pumpkin soft pretzel. Kebetulan masih ada sisa sedikit pure pumpkin di freezer, jadi dipakai aja. Pikirku dengan memakai labu maka tekstur pretzel akan lebih lembut.
Resepnya aku modifikasi dari resep Alton Brown yang kulihat di Just Try & Taste

PUMPKIN SOFT PRETZEL

Bahan :
4 sdm mentega / margarin, lelehkan
375  air hangat (jangan pakai air panas ya)
1 sdm gula pasir
2 sdt garam
2 1/2 sdt ragi instan
550 gr tepung terigu serbaguna
125 gr pure labu

Glaze :
1 buah kuning telur + 1 sdm susu cair
garam untuk taburan

Topping : 
wijen hitam
(bisa juga pakai wijen putih, sunflower seed atau poppy seed)

Bahan Pencelup :
1 liter air
20 gr baking soda

Cara Membuat :
- Dalam suatu wadah, campurkan tepung dan garam. Aduk hingga rata.
- Siapkan bowl mixer (bila akan diuleni menggunakan mixer atau bisa pakai bowl biasa kalau akan diuleni manual). Masukkan air hangat dan ragi instan. Diamkan selama 5 menit atau hingga larutan mulai mengeluarkan busa atau gelembung.
-Masukkan tepung ke dalam larutan ragi, tambahkan pure labu dan mentega leleh. Mixer atau uleni hingga kalis dan elastis. Karena menggunakan labu, awalnya adonan akan terasa lengket, teruskan menguleni hingga kalis, elastis dan tidak lengket, bisa ditambahkan terigu secukupnya (jangan kebanyakan ya).
- Bulatkan adonan, tutup bowl dengan kain bersih dan fermentasikan selama kurang lebih 1 jam atau hingga adonan mengembang 2x lipat.
- Panaskan oven 170'C, olesi loyang dengan margarin tipis atau bisa dialasi silpat atau kertas roti.
- Kempiskan adonan, bagi menjadi beberapa bagian sama besar (aku timbang @75 gr dan jadinya cukup besar).
- Ambil 1 bagian adonan bentuk memanjang dengan menggunakan telapak tangan . Bentuk pretzel dengan cara mengambil satu ujung adonan dan tarik ke bagian tengah hingga membentuk lengkungan. Tarik ujung yang lain hingga ke tengah juga hingga melekat ke lengkungan pertama tadi. Lakukan hingga adonan habis.
- Tata adonan di loyang, taburi permukaannya dengan garam dan panggang selama kurang lebih 10-15 menit atau hingga pretzel mengembang dan permukaannya sedikit kecoklatan. Angkat dan keluarkan dari oven.
- Siapkan panci, masukkan air dan baking soda. Rebus hingga air mendidih. Masukkan pretzel dan celupkan selama kurang lebih 30 detik sambil dibolak balikkan. Tiriskan dan dinginkan. Lakukan hingga habis.
- Setelah dingin, olesi permukaan pretzel dengan campuran kuning telur dan susu cair kemudian taburi dengan wijen hitam atau topping lainnya. 
- Oven kembali selama 30-35 menit atau hingga permukaannya mulai kecoklatan dan mengkilat.
- Angkat dan siap disajikan.

Panjang ya cara pembuatannya. Benar-benar pengalaman pertamaku bikin pretzel. Gak heran ya kalau bentuknya jadi aneh gini huhuhu. Masih belum puas banget akan penampilannya, karena menurutku belum mirip pretzel. Smoga lain kali ada kesempatan untuk belajar bikin pretzel lagi. Kalau tekstur dan rasanya sudah oke menurutku, tambah lembut karena ada pemakaian labu, walau warna kuning labunya kurang jelas ya. Disajikan dengan dikucuri madu...enaak deh. 




Tuuh...warna labunya gak begitu keliatan ya, masih kurang kuning. Mungkin juga tergantung jenis labunya.
Thanks LBT, bertambah lagi pengetahuanku tentang berbagai jenis roti. Salam LBT ^_^




ROTI TAWAR PANDAN



Bismillahirrohmanirrohim
Haloo...masih dalam rangka libur baking nih, jadi yang diposting sebenarnya adalah foto-foto lama. Roti tawar pandan ini bikinnya hampir sebulan yang lalu dan ternyata baru muncul sekarang hehehe, maklum malasnya lagi kumat ^_^
Sebenarnya lumayan sering bikin roti tawar sendiri, baik itu yang plain, pandan ataupun coklat. Kali ini saya posting yang versi pandan dulu ya. Resepnya masih setia dengan resep yang kudapat dapat dari Buku Sedap. Dari resep tersebut bisa divariasikan menjadi beberapa varian roti tawar. Resepnya sendiri sudah kumodif sedikit yaitu dengan memakai tepung protein tinggi dan sedang, serta aku tidak memakai bread improver. 

ROTI TAWAR PANDAN

Bahan :
400 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
20 gr susu bubuk
2 sdt tagi instan
40 gr gula pasir
300 ml air es
40 gr mentega / margarin
1/2 sdt garam
1/2 sdt pasta pandan

Cara Membuat :
- Campur tepung terigu, susu bubuk, ragi dan gula pasir. Aduk rata.
- Campurkan pasta pandan ke dalam air es, aduk rata kemudian tuang sedikit demi sedikit ke campuran tepung sambil diuleni hingga kalis.
- Masukkan mentega dan garam, uleni hingga kalis dan elastis. Bulatkan adonan dan diamkan 30-45 menit.
- Kempiskan adonan, bagi menjadi 4 bagian sama besar dan bulatkan kembali. Diamkan 10 menit.
- Giling adonan memanjang kemudian gulung sambil dipadatkan.
- Letakkan di loyang roti tawar (aku pakai yang ada tutupnya) ukuran 30x10x12 cm yang sudah dioles margarin dan dialas kertas roti. Bila memakai loyang tertutup, olesi tutupnya dengan mentega putih atau margarin. Tutup loyang hingga 3/4 bagian.
- Diamkan selama 40-50 menit hingga adonan setinggi 3/4 loyang. Tutup rapat loyang dan diamkan 20 menit.
- Oven dengan suhu 180'C selama 50 menit atau hingga matang.
- Angkat, buka tutupnya dan keluarkan dari loyang. Dinginkan.







Sepintas kalau hanya membaca resepnya, terkesan ribet ya membuat roti tawar sendiri, jauuh lebih praktis membeli di abang-abang yang lewat di depan rumah. Walaupun ribet, tapi sesuai kok dengan hasilnya. Kita juga bisa menikmati roti dengan tenang tanpa khawatir ada bahan pengawet di roti tersebut. Kalau aku biasanya mulai bikin roti tawar sore hari, malamnya matang dan disimpan di plastik atau wadah tertutup agar roti tetap empuk. Esok harinya siap deh disajikan saat sarapan.
Selamat mencoba membuat roti tawar di rumah ya ^_^

AYAM LODHO - REPOST






Bismillahirrohmanirrohim
Alhamdulillah mulai bisa posting blog lagi. Selama 2 minggu ke depan ada kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan, jadi sementara blog-nya bakal jarang posting yaa. Hehehe..biasa deh sok sibuk. Postingan kali ini adalah postingan yang ke-3 tentang ayam lodho. Kenapa sering banget masak dan fotoin ayam lodho? Karena memang menu ini favorit banget. Selain sedap dan menggugah selera, ayam lodho selalu jadi menu boros nasi heheheh. Resepnya kurang lebih sama dengan yang pernah diposting dahulu, bedanya kali ini daun jeruknya dihaluskan bersama bumbu halus lainnya. Hasilnya...lebih sedap menurutku.

Ayam lodho adalah salah satu menu masaka khas tradisional yang berasal dari Jawa Timur. Ayam lodho mirip dengan opor ayam, tetapi cita rasanya pedas dan ayamnya dibakar terlebih dahulu. Biasanya ayam lodho disajikan dengan urap sayur dan juga nasi uduk. Sangat cocok disajikan untuk acara spesial keluarga. Ayam lodho dibuat dari ayam kampung yang masih muda sehingga ukurannya juga tidak terlalu besar. Biasanya aku memakai ayam kampung muda yang berat hidupnya kurang dari 1 kg per ekornya, sehingga serat dagingnya tidak terlalu keras, tidak berlemak dan juga lebih gurih.


AYAM LODHO

Bahan :
1 ekor ayam kampung muda (berat hidup kurang dari 1 kg, berat bersih sekitar 600-700 gr)
1 butir kelapa, jadikan 300 ml santan kental dan 500 ml santan encer
10 buah cabe rawit
1 ruas lengkuas, memarkan
2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
3 helai daun salam
1 sdt garam
 1 sdt gula pasir
2 sdm minyak goreng

Bumbu Halus :
12 butir bawang merah
12 siung bawang putih
5 cm kunyit, bakar
5 cm jahe
2 cm kencur
2 cabe merah keriting
5 cabe rawit hijau
5 helai daun jeruk, buang bagian tulangnya
1 sdt garam

Bumbu Uleg Kasar :
1 sdm merica butiran
1 sdm ketumbar
1 sdt jintan

Cara Membuat :
- Belah ayam dari bagian dada depan hingga ke bawah kemudian bentangkan ayam. Lumuri dengan garam kemudian bakar di atas bara api hingga setengah matang.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan bumbu uleg kasar, serai, lengkuas dan daun salam. Aduk hingga rata.
- Masukkan santan encer ke dalam tumisan, masak sambil sesekali diaduk-aduk hingga mendidih.
- Masukkan ayam bakar, teruskan memasak dengan api kecil sampai mendidih kembali.
- Tambahkan santan kental, bumbui dengan garam dan gula pasir hingga rasanya pas. Teruskan memasak hingga kuah mengental dan bumbu meresap ke ayam.
- Sesaat sebelum diangkat, masukkan cabe rawit. 
- Angkat dan siap dihidangkan.

URAP SAYUR

Bahan :
100 gr kecambah / tauge, siangi
10 helai kacang panjang, potong-potong
1 ikat kangkung
1 ikat bayam
1 ikat kenikir
atau bisa pakai sayuran sesuai selera
1 butir kelapa, parut memanjang

Bumbu Halus :
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
5 cabe merah
3 cabe rawit
2 cm kencur
1 sdt garam
2 sdt gula kelapa

Cara Membuat :
- Rebus masing-masing sayuran hingga matang. Angkat dan tiriskan.
- Campurkan bumbu halus dengan parutan kelapa, aduk hingga tercampur rata. Bungkus dengan daun pisang kemudian kukus selama kurang lebih 15 menit. Angkat
- Campurkan bumbu urap dengan sayur.
- Siap disajikan.

Notes : bumbu urap bisa langsung dicampurkan dengan sayur tanpa dikukus terlebih dahulu. Proses pengukukusan bertujuan agar bumbu urap lebih tahan lama.







Alhamdulillah...nikmat sekali. Memang lebih enak dibuat super pedas, tapi karena anak-anak juga ikut makannya, jadi aku buat yang tidak terlalu pedas. Monggo yang belum pernah nyobain ayam lodho, tidak ada salahnya membuat sendiri, siapa tau jadi salah satu menu favorit keluarga ya.
Happy Cooking ^_^





PUDING EMAS





Bismillahirohmanirrohim
Pastinya pada geli ya kalau baca postingan ini, secara judulnya gaya banget gitu, puding emas hihihi. Padahal aslinya ini hanya puding santan gula merah biasa. Biasanya kalau bikin puding santan gula merah, aku pasti cari gula merah yang warnanya coklat tua, jadi warna pudingnya juga eksotis gitu. Kebetulan liat gula merah yang warnanya coklat muda bersih, jadi kepikiran kalau dibuat puding, warnanya seperti apa ya. Karena bikin puding itu cepat dan mudah, jadi diniatin lah pagi-pagi bikin puding. Apalagi puding santan gula merah ini adalah puding favorit keluarga. Yang kebayang adalah siang-siang begitu sampai di rumah bisa langsung menikmati puding dingin. Yummy....

Suka banget lihat hasil jadinya, karena warnanya cantik. Anak-anak bilang warna pudingnya emas, jadi deh kunamakan aja ini puding emas hehehe. Seperti yang sudah disebutkan tadi, untuk mendapatkan warna puding seperti ini, gunakan gula merah / gula jawa yang berwarna coklat muda. Resepnya bisa menggunakan resep andalan masing-masing ya. Aku masih tetap memakai resep yang biasa kupakai kalau membuat puding karang. Kutuliskan lagi disini ya.






PUDING EMAS

Bahan :
1 (7 gr) bungkus agar-agar bubuk plain 
850 santan (aku pakai 120 ml santan instan ditambahkan air hingga 850 ml)
180 gr gula merah yang berwarna coklat muda bersih, sisir halus
35 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1 butir telur, kocok lepas
1 butir kelapa muda, keruk memanjang
2 helai daun pandan, simpulkan

Cara Membuat :
- Campurkan gula merah, daun pandan dan santan, masak hingga gula larut. Angkat dan saring.
- Dalam sebuah panci, campur agar-agar bubuk, gula pasir dan garam. Tuang larutan santan. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Matikan api.
- Ambil 2 sendok sayur larutan agar-agar, tuang ke dalam kocokan telur. Aduk rata,
- Tuang kembali ke larutan agar-agar, aduk cepat hingga berserabut dan masak kembali hingga mendidih.
- Masukkan kelapa muda, aduk dan matikan api.
- Tuang agar-agar ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air.
- Biarkan dingin.




Alhamdulillah...ternyata keluarga tidak pernah bosan dengan puding yang satu ini. Jadi walau sering bikinnya, tapi selalu cepat ludes. Kalau ingin membuat motif karang, gunakan santan yang lebih encer ya, sehingga terlihat motifnya. Sama enaknya kok.
Enjoy your day with pudding ^_^