IDFB #14 AREM-AREM



Bismillahirrohmanirrohim....kembali berpartisipasi dalam challenge IDFB setelah beberapa kali absen.
IDFB challenge #14 kali ini temanya adalah "Olahan Beras", bekerjasama dengan PUREGREEN sebagai salah satu merk dagang dan pemasok beras organik.

PUREGREEN Organic Rice adalah beras 100% Organik bebas kimia dan pestisida yang sangat sehat dikonsumsi oleh seluruh keluarga. Sejak diluncurkan tahun 2009 PUREGREEN mendapat respon yang luar biasa dari konsumennya. Hingga kini PUREGREEN tetap berupaya mempersembahkan beras yang terbaik untuk kesehatan keluarga Anda.
Beberapa keunggulan dari beras PUREGREEN antara lain adalah :
1. Lebih sehat
2. Rasa lebih gurih
3. Lebih tahan basi
4. Kaya mineral dan vitamin
5. Karena tidak mengandung bahan
kimia, maka baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, wasir,
kolesterol, asam urat, darah tinggi, dll
6. Kaya anti oksidan dan zat2 lain yang membantu mencegah kanker dan serangan jantung
7. Meningkatkan daya tahan tubuh, terutama untuk anak-anak.
8. Cocok untuk program diet.
Sumber : http://puregreenorganic.com/

 Untuk challenge kali ini saya memilih mengolah beras menjadi Arem-arem. 
Arem-arem adalah salah satu sajian tradisional Indonesia yang berupa nasi aron setengah matang dengan isian sambel goreng yang dibungkus daun pisang. Arem-arem kemudian dikukus sampai benar-benar matang. Sekilas arem-arem mirip dengan lontong, tapi bentuknya lebih pendek. Arem-arem juga mirip dengan lemper, tapi beda bahan baku karena lemper menggunakan ketan sebagai bahannya. Tekstur arem-arem cukup lembut, tapi tidak seperti lontong yang sudah tidak terlihat lagi butiran berasnya. Teksturnya juga lebih lembut apabila dibandingkan dengan tekstur nasi bakar atau bahkan lemper. Gurihnya nasi aron dipadukan dengan sambel goreng, tentunya sedap untuk dinikmati.

Arem-arem ini cukup mengenyangkan sehingga banyak yang menyantapnya sebagai menu sarapan. Pada beberapa daerah di Jawa, arem-arem sering dijajakan di terminal, stasiun atau bahkan dalam bis. Hal tersebut disebabkan karena cukup mengenyangkan, maka arem-arem cocok dijadikan sebagai bekal dalam perjalanan. Selain berisi sambel goreng, pada perkembangannya banyak variasi isian arem-arem, mulai dari tumisan sayur dan tahu tempe, oncom atau bahkan abon. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga.








Sedikit cerita tentang arem-arem. Keluarga saya yang dulu berdomisili di Jawa Tengah, tentunya sangat familier dengan arem-arem. Papa sangat menyukai arem-arem dan tentu saja dulu Mama cukup sering membuatnya. Apabila Papa akan bertugas ke luar kota, bisa dipastikan arem-arem ini jadi salah satu bekal yang dibawa. Sampai sekarang, disaat kondisi Papa yang sudah cukup lama sakit, arem-arem tetap jadi salah satu favorit beliau. Kebetulan beberapa hari ini nafsu makan Papa menurun, otomatis kondisi badan beliau juga menurun. Hidangan rumah yang biasanya dengan lahap disantap, kali ini hanya separuhnya saja. Alhamdulillah...beliau tetap lahap menikmati arem-arem yang saya buat ini. Sedikit lega, karena paling tidak tetap ada makanan yang beliau konsumsi. Sehat terus ya Pa ^^

AREM-AREM

Bahan :
350 gr beras PUREGREEN 
900 ml santan dari 1 butir kelapa
1,5 sdt garam
2 lembar daun pandan, simpulkan
daun pisang untuk membungkus

Bahan Isian Sambel Goreng:
250 gr fillet ayam potong dadu kecil
300 gr kentang, potong dadu kecil
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, geprek
1 sdt air asam jawa
1 sdm gula pasir (sesuai selera)
1/2 sdm garam (sesuai selera)
300 ml santan kental
3 cabe merah besar, iris tipis
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus Isian Sambel Goreng :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 butir kemiri sangrai
5 cabe merah besar
3 cabe rawit (sesuai selera)

Cara Membuat  Sambel Goreng :
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan cabe merah iris tipis, daun salam dan lengkuas. Aduk rata.
- Masukkan fillet ayam, aduk rata dan biarkan sebentar.
- Tuang santan kental sedikit demi sedikit sambil diaduk. Masukkan kentang.
- Tuang air asam jawa dan bumbui dengan garam serta gula pasir.
- Masak hingga bumbu meresap dan santan menyusut. Test rasa.
- Angkat dan siap digunakan.

Cara Membuat Arem-Arem
- Rebus santan bersama daun pandan dan garam hingga mendidih sambil terus diaduk.
- Masukkan beras puregreen yang sudah dicuci bersih, masak hingga santan terserap sambil diaduk sesekali. Matikan api.
- Ambil selembar daun pisang, sendokkan aronan beras dan ratakan. Tambahkan bagian isi dan tutup kembali dengan aronan beras.
- Gulung sambil dipadatkan dan sematkan batang lidi pada kedua sisinya. Lakukan hingga semuanya habis.
- Panaskan kukusan dan masukkan arem-arem. Kukus selama kurang lebih 45-60 menit.
- Angkat dan siap disajikan.



Nasi aron dan sambal goreng siap dibungkus




Arem-arem siap dikukus hingga matang

Arem-arem ini sengaja saya buat tidak terlalu pedas agar anak-anak juga bisa menikmatinya. Anak-anak juga menyukai arem-arem dan cukup lahap memakannya. Takaran pedas pada isian sambel goreng silahkan disesuaikan dengan selera ya.







Terima kasih challenge-nya IDFB dan PUREGREEN.

BLUEBERRY CHEESE TART



My first blueberry cheese tart. Bentuknya asli gak karuan hihihi. Entah kenapa waktu bikin ini rasanya blank aja, mulai dari bikin crust sampai isian kayanya gak mood banget. Tapi tetap maksain karena kebayang cheese tart dan juga stok cream cheese yang harus segera digunakan. Hasilnya...crust pie dan fillingnya gak mulus sama sekali :( Soal rasa...Alhamdulillah enaaak deh. Buat penggemar keju bisa dicobain.

Pertama kali tahu blueberry cheese tart dari blog Mbak Hesti. Ternyata resep aslinya adalah punya Kak Ita Masam Manis. Terima kasih inspirasinya ya buat mbak Hesti dan kak Ita. Please...jangan bandingkan buatanku dengan buatan beliau berdua ya...bagaikan bumi dan langit hihihi.






Tutorial lengkap dan resep asli Kak Ita silahkan klik disini ya...

BLUEBERRY CHEESE TART

Bahan Crust  :
170 gr margarin / butter (aku pakai 100 gr margarin, 70 gr butter)
50 gr gula pasir halus
1 butir telur, kocok lepas
300 gr tepung terigu protein sedang
1/4 sdt garam

Bahan Filling :
250 gr cream cheese
50 gr gula pasir halus
1 butir telur
1/2 sdt essens vanilla
selai blueberry secukupnya
1 tetes pewarna ungu

Cara Membuat :
- Crust : Campur terigu, gula halus dan garam. Aduk hingga rata. Tambahkan margarin / butter, aduk dengan pisau pastry atau menggunakan garpu hingga adonan berbulir-bulir. Masukkan telur, aduk hingga rata dan satukan dengan tangan hingga membentuk adonan (jangan diuleni ya).
- Bungkus dengan cling wrap kemudian simpan di dalam kulkas selama 30 menit.
- Siapkan cetakan pie, oles tipis dengan margarin atau minyak. Cetak adonan  di atasnya. Lakukan hingga habis. Tusuk-tusuk dasar adonan dengan garpu agar tidak menggelembung ketika dipanggang.
- Oven crust di oven dengan suhu 170'C selama kurang lebih 20-30 menit hingga matang. 
- Filling : keluarkan cream cheese dari kulkas, kurang lebih 20-30 menit sebelum digunakan. Jangan sampai mencapai suhu ruang. Kocok cream cheese dan gula hingga rata. Tambahkan jeruk dan essens vanilla, kocok hingga rata.
- Ambil 1 sdm filling, beri 1 tetes pewarna ungu. Aduk hingga tercampur rata.
- Masukkan selai bluberry ke dalam piping bag. Semprotkan ke dasar crust pie.
- Masukkan filling ke dalam piping bag, semprotkan hingga penuh di atas selai blueberry hingga menutup seluruh bagian pie. 
- Beri sedikit motif warna ungu dengan menggunakan tusuk gigi. Buat 3-4 garis pendek, kemudian ditarik memanjang. (lebih jelasnya bisa dilihat di link Masam Manis di atas ya).
- Panggang dalam oven 160'C selama kurang lebih 15-20 menit. Lakukan test sentuh, apabila tidak lengket berarti sudah matang.
- Angkat dan dinginkan baru dikeluarkan dari cetakan.


Buat penggemar keju....monggo bisa dicoba resepnya. Aku paling suka makan dalam keadaan dingin . Gurihnya kulit pie dan filling keju dipadukan dengan selai blueberry yang asam manis...pas sekali.
Selamat mencoba ^_^





DARI DAPUR NAYS #9

Bismillahirrohmanirrohim...berikut ini adalah beberapa dokumentasi dari orderan yang sempat kefoto. Maafkan kalau banyak foto orderan yang terlewatkan. Karena keterbatasan waktu dan tenaga, akhirnya suka keburu-buru kalau mengerjakan orderan. Terima kasih customer Dapur Nays atas kepercayaannya ^^



Nasi kotak orderan mbak Dessy. Terdiri dari ayam bumbu bali, urap, mie goreng, lalap timun + sambel dan kerupuk udang tentunya. Terima kasih ya mbak..



Apple, Strawberry and Dark Cherry Clafoutis. Panjang amat judulnya yaa hihihih. Repeat order dari mas Ricky untuk istri tercinta. Terima kasih ya mas



2 buah lapsur ekonomis ukuran 30x30 cm orderan Keluarga Syamsul. Matur nuwun pak



Biasanya udah gak pernah lagi fotoin orderan browkus. Bosen kali ya...masa browkus mulu yang difotoin. Alhamdulillah selama ini browkus selalu jadi best seller Dapur Nays. Kalau yang ini terasa istimewa makanya difotoin, karena browkus ini adalah orderan yang terakhir dikerjakan tahun 2013 yang lalu. Alhamdulillah...



Puding bunga matahari untuk bu Esti. Matur nuwun bu...



Rombongan pie susu ori, keju dan coklat orderan dari beberapa teman.



Kalau ini pie susu orderan dari mbak Ika Rahma. Makasiih ya mbak ..

Alhamdulillah buat semua orderannya. Semoga bisa terus belajar dari mengerjakan orderan ini. 
Terima kasih ya customer Dapur Nays ^^


TALAM LABU




Talam adalah salah satu jajanan tradisional yang cukup populer. Biasanya talam terbuat dari tepung beras atau tepung tapioka yang diadoni dengan santan dan kemudian dikukus dalam cetakan kecil. Selain menggunakan tepung beras atau tepung tapioka, talam juga bisa dibuat dengan campuran labu, ubi, kentang, talas atau juga singkong. Terdapat pula talam gurih yang terbuat dari ebi. 
Talam biasanya dibuat 2 warna sehingga cukup menarik. Warna bisa didapat dari bahan tambahan atau juga memakai pewarna. Misalnya saja talam yang menggunakan ubi ungu sebagai salah satu bahannya, maka akan didapatkan warna ungu yang cantik. Selain itu talam bisa dikreasikan dengan berbagai topping, misalnya nangka, kelapa muda atau bahkan mutiara. Menarik yaa.

Kali ini aku membuat talam labu. Kebetulan masih ada sisa labu kuning yang kubuat kolak, jadi segera diberdayakan menjadi talam. Awalnya aku tertarik sekali dengan talam buatan Mbak Hesti. Penampilannya cantik sekali dan setelah membaca resepnya ternyata talam ini memakai telur. Penasaran sekali karena selama ini aku hanya pernah mencoba resep talam yang tanpa telur. Menurut Mbak Hesti talam dengan resep ini jadinya lembut banget. Jadi....mari kita coba ya resepnya.




TALAM LABU
 Original recipe by Ira Rodrigues - Cooking Tackle

Bahan Adonan Labu :
180 gr labu kuning, kukus dan haluskan
200 ml santan kental
50 gr tepung beras
25 gr tepung tapioka
100 gr gula pasir
1/2 sdt garam
2 butir telur
1/4 sdt vanilli

Bahan Adonan Santan :
180 ml santan kental
40 gr tepung beras
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan, simpulkan

Cara Membuat :
- Campur semua bahan adonan labu kemudian blender hingga halus. Diamkan beberapa saat.
- Panaskan kukusan hingga mendidih dengan api besar. Setelah mendidih, kecilkan apinya dan bungkus tutup kukusan dengan serbet bersih agar air tidak menetes.
- Tuang adonan ke cetakan / cucing yang sudah dioles minyak hingga 2/3 bagian. Kukus selama kurang lebih 10 menit.
- Campur semua bahan adonan santan dan aduk hingga rata. 
- Tuang adonan santan di atas adonan labu kemudian kukus kembali selama kurang lebih 5-8 menit hingga set.
- Angkat dan biarkan hingga tidak telalu panas baru dikeluarkan dari cetakan.
- Siap dihidangkan.

Notes :
Untuk membuat motif di atas adonan santan adalah dengan menuang sedikit adonan labu setelah adonan santan dikukus selama kurang lebih 2 menit.
Tarik adonan dengan tusuk gigi hingga membentuk motif yang diinginkan dan kukus kembali hingga matang.






Beneran deh...teksturnya benar-benar lembut. Enak sekali. Alhamdulillah talam labu ini laris manis. Jadinya sore, eh...sore itu juga langsung ludes hehehe. Mungkin karena memang kami sekeluarga penggemar talam ya, jadi cepet habisnya ^^

HOMEMADE EKKADO



Proyek iseng tadi siang setelah kerjaan selesai adalah bikin homemade ekkado. Buat penggemar 'Hokben' pasti gak asing lagi kan sama yang namanya ekkado. Ekkado adalah salah satu variasi gorengan Jepang yang terdiri dari daging ayam cincang, udang cincang, telur puyuh dan dibungkus dengan kulit kembang tahu. Bentuknya lucu, mirip buntelan. Sebenarnya cara membuatnya cukup mudah, tapi yang membuatku maju mundur adalah aku kesulitan menemukan kulit kembang tahu yang mulus di tempatku. Akhirnya aku coba dengan bahan yang ada aja, it's mean pakai kulit kembang tahu yang memang gak mulus hihihi. Daripada penasaran terus dengan homemade ekkado sih ya. Ternyata memang lebih susah deh kalau kembang tahunya gak mulus, jadi gak heran kalau ekkado buatanku ini gak karuan bentuknya. Sebenarnya bisa juga diganti dengan kulit lumpia atau spring roll, cuma kok menurutku gak kaya ekkado donk ya karena gak pakai kembang tahu. Akhirnya cuma bisa menghibur diri....jangan liat bentuknya ya, yang penting rasanya enak heuheuheu.





Resep homemade ekkado, aku adaptasi dari Mbak Rachmah. Ini dia resepnya...

HOMEMADE EKKADO

Bahan :
Kulit kembang tahu
(aku pakai yang kaku/keras)
20 butir telur puyuh rebus
3 siung bawang putih, haluskan
200 gr daging ayam
200 gr udang kupas
1 butir telur
1 sdt garam halus
1/4 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
sejumput pala bubuk
1 sdt saus tiram
1/2 sdt saus teriyaki
1/2 sdt tepung tapioka
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
- Siapkan kulit kembang tahu. Apabila memakai yang kaku / keras, rendam dalam air panas hingga lemas. Angkat dan tiriskan baru kemudian dipotong-potong kurleb 10x10 cm. Apabila memakai kulit kembang tahu yang lemas, bisa langsung dipotong.
- Haluskan ayam dan udang dengan menggunakan food processor (bisa juga pakai blender atau diuleg biasa).
- Campurkan daging yang sudah dihaluskan dengan telur, bawang putih, tepung tapioka, garam, gula pasir, merica bubuk, pala bubuk, saus tiram dan saus teriyaki. Aduk hingga rata.
- Ambil selembar kulit kembang tahu, letakkan di tengahnya 1 sdm adonan kemudian letakkan 1 telur puyuh di atasnya. Tangkupkan sisi-sisinya ke tengah dan ikat dengan benang. Lakukan hingga habis.
- Panaskan kukusan, kemudian kukus ekkado dengan api kecil selama kurang lebih 20 menit. Angkat.
- Setelah uap panasnya hilang, goreng ekkado dengan api sedang hingga kecoklatan dan renyah.
- Angkat dan tiriskan, lepaskan benangnya dan siap disajikan hangat.

Notes :
 Perhatikan tulisan pada kulit kembang tahu. Apabila tertera kulit kembang tahu sudah asin, maka hati-hati dalam penggunaan garam. Kulit kembang tahu yang kupakai ini  tidak terasa asin.

Enak sekali disajikan dengan sambal bangkok favorit keluarga. Kalau suka pakai saus mayonaise juga boleh, sesuaikan dengan selera keluarga aja ya. Lain kali pengen nyobain lagi bikin ekkado dengan tambahan wortel, kayanya enak juga deh. Tapi ntar aja ya, kalau sudah berhasil nemu kulit kembang tahu yang muluus.


BANANA CAKE



Bismillahirrohmanirrohim
Kembali dalam edisi panen pisang...Alhamdulillah. Harap maklum kalau sering posting tentang olahan pisang, karena memang pisang itu memang hasil kebun yang paling sering panen. Padahal kayanya baru kemarin ya bikin banana bread, eh...sekarang udah ada pisang lagi. Sebelum diolah menjadi banana cake, pisang ini sudah diolah menjadi kolak, pisang aroma, nagasari dan tentu saja pisang goreng. Banana cake ini adalah request Ayah yang memang suka sekali dengan kue-kue beraroma pisang. Biasanya aku membuat banana bread seperti yang beberapa waktu lalu kuposting. Sering juga aku membuat banana spongecake yang lembut. 

Kali ini aku  mencoba resep banana cake dari Joy of Baking. Tertarik dengan resep ini karena metode pembuatannya yang 'sedikit' berbeda dibandingkan banana cake yang biasa kubuat. Joy of Baking menyebutnya dengan metode 'quick method' atau 'one bowl'. Konon apabila metode ini dilakukan dengan tepat akan mengurangi struktur dari gluten sehingga akan menghasilkan cake yang terasa melt in the mouth, moist namun tetap padat. Naah...ini yang bikin aku penasaran. Karena ingin mengetahui tekstur aslinya, jadi metode pembuatannya aku nurut deh sesuai intruksi resepnya. Sedangkan bahan dan takaran resep, sedikit dimodif dari resep asli, yaitu penggunaan sour cream aku ganti dengan buttermilk dan dikurangi takaran gulanya.. Bisa juga kalau mau pakai yoghurt ya. Kebetulan masih punya sedikit kismis, jadi aku tambahkan sekalian. Karena memang sedikit banget, gak heran kalau kismisnya malu-malu tuh, banyak ngumpetnya daripada keliatannya hihihihi.




BANANA CAKE

Bahan :
3 buah pisang 
80 ml buttermilk
2 butir telur ukuran besar
230 gr tepung terigu serbaguna
180 gr gula pasir 
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt kayu manis bubuk (optional)
140 gr butter suhu ruang (boleh juga pakai margarin)
kismis secukupnya

Cara Membuat :
- Panaskan oven 170'C, siapkan loyang (aku pakai loyang tulban), olesi margarin dan taburi sedikit terigu. Sisihkan.
- Ayak tepung terigu, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
- Dengan menggunakan blender atau food processor, haluskan 2 pisang dan buttermilk hingga lembut. Tambahkan telur dan proses kembali hingga tercampur rata. 
- Lumatkan asal hancur 1 buah pisang menggunakan garpu kemudian tambahkan ke dalam campuran pisang dan telur. Sisihkan.
- Dalam suatu wadah, letakkan campuran terigu, gula dan kayu manis. Kocok dengan mixer speed rendah hingga tercampur rata. 
- Masukkan kismis, kocok rata.
- Tambahkan butter / margarin, kocok kembali hingga lembut.
- Masukkan sebagian campuran pisang dan kocok kembali dengan speed rendah hingga tercampur rata. Naikkan kecepatan mixer hingga speed tinggi selama kurang lebih 1,5 menit.
- Masukkan sisa campuran pisang dalam 2 bagian. Kocok rata dahulu sebelum memasukkan bagian selanjutnya. 
- Tuang ke dalam loyang dan oven selama kurang lebih 25-45 menit. 
- Angkat dan dinginkan di atas cooling rack.

Notes :
- Menurut joy of baking, yang paling penting dalam metode ini adalah proses pengocokan. Pastikan waktunya benar-benar sesuai. 
- Pastikan bahan-bahan dalam kondisi suhu ruang.
-  Pada resep asli, semua pisang langsung diblender menjadi 1 hingga benar-benar lembut. Kalau aku lebih suka menyisihkan 1 buah pisang untuk dilumatkan dengan garpu dan kemudian ditambahkan pada campuran pisang. Maksudnya adalah agar masih terasa tekstur potongan pisang pada cake. Silahkan disesuaikan dengan selera masing-masing ya. 

Penggunaan buttermilk pada cake konon bisa membuat cake lebih empuk terutama ketika sudah dingin. Di Indonesia buttermilk tidak mudah dijumpai, jadi kita bisa membuat buttermilk homemade.

Cara Membuat Buttermilk Homemade :
- Hangatkan di atas api sebentar saja 1 cup (240-250 ml) susu cair. Angkat.
- Tambahkan 1 sdm air jeruk nipis / lemon atau 1 sdt cuka masak. Aduk rata.
- Diamkan selama kurang lebih 5-10 menit maka susu akan pecah dan menggumpal. Sepintas mirip dengan susu basi. 
- Siap untuk digunakan

Hasilnya...memang banana cake yang cukup moist.  Rasanya cukup enak, walau hanya memakai 2 butir telur. Not bad laah.  Manisnya pas menurut seleraku. Lumayan sekali untuk cemilan di sore hari. Entah karena lapar, adek langsung habis 2 potong sekali makan hehehe. Alhamdulillah..








Selamat mencoba...Happy Baking ^^

MARI BIKIN MAKUTEL LAGI ^^



Iseng aja ya posting lagi tentang macaroni schotel alias makutel. Kayanya di blog ini sudah terlalu sering deh postingan tentang makutel. Udah bosen juga fotoin makutel karena yang baca blog juga bisa bosen liat kalau makutel mulu yang difotoin. Jadi kalau kali ini fotoin makutel berarti karena lagi bener-bener iseng gak ada yang difotoin hahaha.

Sekedar cerita, biasanya aku selalu membuat makutel saat selera makan mulai turun. Biasanya kalau aku lagi banyak kesibukan dan ngerasa capek, selera makan bisa turun. Kalau diturutin ya bisa gak makan deh, jadi mending dibawa ke dapur dan bikin makanan yang kusuka. Yang kubuat ya makutel ini. Selain mudah dan praktis, yang paling penting keluargaku memang penggemar makutel. Tiap aku bikin selalu laris manis. Jangan-jangan bagi mereka, rasa makutel itu cuma ada 2 kali ya, enak dan enak sekali hihihihi.

Bahan-bahannya bisa dilihat dari foto di atas ya...eh tapi di fotonya kelupaan naruh garam, gula pasir dan juga oregano >_<  Biasanya aku gak pernah nimbangin lagi kalau bikin makutel, asal cemplang cemplung aja. Salah satu contoh resep makutel yang kubuat bisa dilihat disini. Kali ini aku bikin tanpa saus bechamel, karena memang stok susu cair yang terbatas. Sebagai variasi, atasnya aku taburi dengan bread crumbs atau tepung panir. Kejunya selain memakai keju cheddar parut, juga memakai keju parmesan. Rasanya?? Jelas mantaap....ngeju tapi tidak terasa eneg.









Dinikmati dengan saus sambal favorit...Alhamdulillah enak sekali. Kalau masih ada sisa, tinggal masukkan kulkas dan dihangatkan keesokan harinya. Siap disajikan untuk sarapan. Jadi...mari bikin makutel lagi ^^

HELLO KITTY PINATA CAKE FOR AMANDA



Alhamdulillah...orderan pinata cake lagi. Kali ini adalah repeat order dari mas Ricky untuk ultah keponakannya Amanda. Request-nya adalah HK cake sesuai dengan contoh hehehe. Padahal sebenarnya bakulnya pengen banget tuh bikin HK cake model lain. Enaknya kalau sudah request sesuai contoh udah gak perlu lagi cari ide ya hihihi. Karena Amanda suka sekali dengan permen coklat, maka disepakati akan dibuatkan pinata cake.




2 Layer spongecake vanila dengan filling buttercream, isiannya adalah permen coklat warna warni. Dicover seluruhnya dengan buttercream istimewa. Hiasannya gak pakai macem-macem ya, cukup topper HK kecil dan tulisan HBD. 
Selamat ulang tahun Amanda....semoga jadi anak sholeha, penyejuk hati keluarga. Aamiin. Terima kasih orderannya ya mas Ricky.


LBT #29 CROQUEMBOUCHE FOR 3rd ANNIVERSARY LBT


Happy 3rd Anniversary LBT !! So proud being a LBT'ers.
LBT adalah grup baking pertama yang aku ikuti. Disini aku belajar banyak, mulai dari teori baking, jenis-jenis kue dari manca negara dan tradisional serta mendapatkan teman-teman yang luar biasa. Sejak bergabung dengan LBT 3 tahun yang lalu, banyak pengalaman seru yang kudapatkan. Pokoknya I Luv LBT banget.
Untuk event anniversary kali ini aku membuat Croquembouche. Berawal dari rasa penasaran ingin membuat "angel hair" dari spun sugar, makanya nekad aja bikin croquembouche. Karena memang masih pengalaman pertama, jadi harap maklum ya kalau buatanku ini berantakan banget. Kalau dibandingkan dengan versi aslinya, kayanya buatanku ini gak layak disebut sebagai croquembouche deh hehehe.




Croquembouche adalah dessert klasik yang berasal dari Prancis. Terdiri dari choux pastry (sus) yang berbentuk bola-bola kecil dengan isian vla dan kemudian disusun membentuk kerucut (cone) serta dililit oleh karamel. Di Prancis dan Italy, croquembouche biasanya dihidangkan untuk pengganti wedding cake. Biasanya croquembouche dengan dihias dengan bunga-bunga atau pita sehingga akan terlihat semakin cantik.
Konon croquembouche pertama kali dibuat oleh Antonin Careme pada awal abad 19. Istilah croquembouche berasal dari bahasa Prancis croque en bouche yang berarti something that crunches in the mouth atau crunchy ketika digigit. Di Prancis sendiri selain croquembouche ada pula Gateux St Honore. Sama-sama menggunakan karamel, yang membedakan adalah bentuknya. Kalau croquembouche dibentuk menjulang seperti menara, sedangkan gateux st honore bentuknya mirip mahkota. Semoga suatu saat ada kesempatan untuk membuatnya juga ya.

Untuk croquembouche ini, aku memakai resep choux pastry yang biasa kupakai, tapi untuk penggunaan tepung terigu nya aku memakai full protein tinggi. Hal ini dimaksudkan agar teksturnya tetap kokoh dan mudah ketika penyusunan. Bila menyukai choux dengan tekstur lebih lembut, bisa dimix dengan tepung terigu protein sedang ya. Silahkan disesuaikan dengan selera. Agar lebih istimewa dan berbeda dengan sus yang biasa kubuat, untuk isian vla-nya aku memakai vla napoleon ala NCC.  Yuuk kita bikin choux pastry dan vla-nya terlebih dahulu

CROQUEMBOUCHE

 CHOUX PASTRY (SUS)
Bahan :
200 ml air
125 gr margarin
1/4 sdt garam
150 gr tepung terigu protein tinggi (boleh mix protein sedang)
4 butir telur ukuran sedang

Cara Membuat :
- Masak air, margarin dan garam hingga mendidih. Kecilkan api.
- Masukkan tepung terigu, aduk hingga kalis menggunakan sendok kayu. Matikan api.
- Angkat dan dinginkan.
- Masukkan telur satu persatu, sambil dikocok hingga tercampur rata.
- Masukkan adonan ke dalam piping bag dan beri spuit.
- Semprotkan di atas loyang yang sudah dioles tipis margarin.
- Panggang dengan suhu 190'C selama kurang lebih 25 menit (tergantung masing-masing oven ya). Jangan buka oven apabila buih-buih di adonan belum hilang.
- Angkat dan dinginkan di atas cooling rack.

VLA NAPOLEON
source : NCC modified by Riana Ambarsari

Bahan :
800 ml susu cair
100 gr gula pasir
5 butir kuning telur
50 gr maizena
100 ml whipping cream
(aku pakai 50 gr whipcream bubuk + 50 ml air)
1 sdm mentega tawar
1 sdt vanilla

Cara Membuat :
- Cairkan maizena dengan sebagian susu. Aduk rata dan sisihkan.
- Kocok lepas kuning telur, cairkan dengan sedikit susu. Sisihkan.
- Didihkan sisa susu dan gula, masukkan campuran maizena. Aduk rata dengan api kecil.
Masukkan larutan kuning telur dengan teknik pancing, lalu masukkan kembali ke dalam campuran susu. Aduk rata.
- Masukkan whipping cream, aduk rata dan didihkan sekali lagi.
- Angkat dari api, masukkan mentega tawar dan aduk hingga mentega meleleh serta tercampur rata. Permukaan vla akan mengkilat.
- Aduk hingga uapnya hilang kemudian masukkan vanilla. Dinginkan.

Notes :
- Teknik pancing diperlukan agar kuning telur tidak menggumpal atau berserabut dalam vla. Caranya adalah tuang sedikit adonan susu panas ke dalam cairan telur, langsung aduk cepat agar tidak menggumpal. Suhu adonan telur akan menjadi hangat atau mendekati suhu adonan susu. Masukkan adonan telur ke dalam adonan susu panas, aduk cepat hingga rata. 
- Agar vla tidak tidak "berkulit", aduk terus vla selama proses pendinginan. Untuk mempercepat proses pendinginan, bisa meletakkan mangkok/ panci vla di atas es batu atau dalam wadah yang berisi air dingin. Tanggung deh vla tidak akan berkulit.

Penyelesaian :
- Masukkan vla ke dalam piping bag kemudian semprotkan ke dalam sus.
- Untuk croquembouche aku tidak membelah sus untuk mengisi vla tapi memasukkan melalui bagian bawah sus.




Nah...sus sudah jadi dan siap untuk disusun menjadi croquembouche. Saatnya menyiapkan bagian tersulit yaitu membuat karamel / spun sugar yang akan dililitkan ke croquembouche. Spun sugar disebut juga sebagai angel hair atau dalam bahasa Indonesia ada juga yang menyebutnya sebagai rambut nenek. Hal ini dikarenakan bentuknya adalah benang tipis yang menyerupai rambut. Spun sugar bisa digunakan sebagai topping dessert atau untuk dekor aneka hidangan. Selain croquembouche, spun sugar bisa digunakan pada aneka cake, cupcake atau juga puding.

Sempat keder juga sebelum membuat karamel ini, karena banyak yang gagal ketika membuatnya. Hunting resep akhirnya aku memilih resep dari Pawonike. Mantap deh pakai resep ini karena menurut teh Ike, setelah sempat gagal membuat karamel, beliau akhirnya berhasil dengan menggunakan resep ini.

SPUN SUGAR (KARAMEL)

Bahan :
100 gr gula pasir
2 sdt air

Cara Membuat :
- Masak gula dan air dengan api sedang.
- Selama proses, jangan pernah mengaduknya agar tidak terjadi kristalisasi, cukup digoyang-goyangkan saja pancinya.
- Gula akan menggerindil, tetap goyangkan panci.
- Tunggu sampai gula di pinggiran panci berwarna kecoklatan, tanda mulai timbul karamel. Goyangkan panci.
- Setelah warna kecoklatan sampai ke tengah-tengah panci, tetap goyangkan pancinya. Proses ini akan meletup-meletup kecil.
- Test kekentalan dengan garpu. Apabila belum kental, tunggu sebentar lagi, tapi jangan sampai terlambat ya. Setelah cukup kental baru matikan api
- Siap digunakan

Berikut beberapa step proses pemasakan karamel yang sempat difotoin ya...



Penyelesaian Croquembouche
- Siapkan wadah, bisa berupa piring atau single tier. Mulai susun bagian dasarnya. Gunakan karamel sebagai lem. Susun hingga membentuk kerucut / cone.
Aslinya untuk membentuk cone, ada cetakan khusus yang mirip dengan cetakan tumpeng tapi ujungnya berlubang dan tidak lancip. Aku tidak pakai, jadi langsung susun saja.
- Setelah tersusun rapi, baru mulai melilitkan spun sugar. Aku memakai bantuan 2 buah garpu.
Caranya adalah celupkan 2 garpu ke dalam karamel, angkat dan diamkan sejenak. Satukan kedua buah garpu tersebut kemudian tarik hingga terbentuk benang dan langsung lilitkan pada croquembouche.
- Lakukan hingga croquembouche tertutup lilitan karamel.

Lebih jelasnya, proses pembuatan spun sugar bisa dilihat di youtube, salah satunya silahkan klik disini. Proses melilit spun sugar di croquembouche bisa dilihat disini atau disini.

Panjaaang banget ya ceritanya hehehe. Biarpun hasilnya masih berantakan dan belum layak disebut croquembouche, aku sudah cukup lega karena bisa juga membuatnya. In shaa Allah semoga besok bisa buat yang lebih bagus lagi. Sst...sebenarnya aku pengen remidi lho untuk PR LBT ini. Gak pede banget deh dengan PR-ku kali ini. Apa daya, udah terlanjur sibuk dan gak sempat bikin lagi. Jadi setor yang ini aja ya.




Happy 3rd Anniversary LBT. Semoga bisa selalu menebar manfaat ^_^

PANDAN FRUITY CAKE FOR BU TIN



Alhamdulillah repeat order kesekian kalinya dari Bu Ernik. Kalau beberapa waktu yang lalu order BDCK untuk putri dan keponakan tercinta, kali ini adalah cake untuk Ibunda. Pesannya udah jauh-jauh hari. Bahkan merancang kue-nya sudah sebulan lebih ya say hihihi.
Kali ini, spesial untuk Milad Ibunda tercinta orderannya adalah cake pandan dengan topping buah. Buahnya menyesuaikan yang ada ya. Muter cari buah naga putih, tapi gak dapat. Di daerahku banyaknya yang merah. Hadeeh...terpaksa coret list white dragon fruit. Kebetulan ada kiwi juga, tapi ternyata gak nyadar kalau yang diambil adalah gold kiwi dan taunya sesaat sebelum dekor. Duuh...gak dapet deh warna hijaunya >_<

4 Layer spongecake pandan yang lembut dengan filling buttercream spesial. Topping full fruit, jeruk mandarin, anggur, gold kiwi dan strawberry. Dekornya sesuai request Ernik yang dilihatnya dari koleksi foto orderan Dapur Nays. Just enjoy the picts ^_^






Sugeng tanggap warsa bu Tin...Barakallahu fii umrik.
Matur nuwun repeat ordernya ya say Ernik. Smoga berkenan dengan cake dari Dapur Nays.

IKAN KUAH ASANG



Bismillahirrohmanirrohim....entry untuk event MasBar (Masak Bareng Yuuk). Untuk bulan ini temanya adalah Masakan Manado. 
Masakan Manado mempunyai cita rasa yang khas. Biasanya bumbunya simpel dan ringan, kaya dengan rempah daun dan pedas. Rempah daun yang biasa dipakai antara lain daun jeruk, daun kunyit, kemangi dan juga pandan. Mungkin bagi yang lain terasa aneh ya kalau daun pandan dijadikan sebagai rempah dalam masakan, karena biasanya hanya sebagai penyedap dalam pembuatan dessert atau kue. Namun bagi masyarakat Manado, daun pandan umum digunakan dalam masakan. 




Untuk entry bulan ini aku memilih membuat ikan kuah asang atau ada juga yang menyebutnya ikan kuah asam. Menu ini cukup mudah pembuatannya, hanya memakai bumbu iris-iris saja, jadi cocok lah ya buatku yang males masak ribet hehehe. Ikan yang digunakan bisa kakap, tenggiri, kerapu atau juga patin. Kali ini aku memakai fillet ikan tenggiri yang dipotong memanjang. Maksud hati sih biar mantap makannya, jadi gak dipotong kecil-kecil ^_^




Resep yang kupakai adalah adaptasi dari Primarasa dan aku tambahkan lagi beberapa rempah-rempah. Berikut ini resep modifikasinya ya

IKAN KUAH ASANG

Bahan :
500 gr ikan tenggiri / kakap / kerapu (aku pakai fillet), potong sesusai selera
1/2 sdt garam
1500 ml air
10 helai daun jeruk, buang tulang daunnya dan sobek-sobek
1 helai daun kunyit, ikat
1 helai daun pandan, ikat
1 batang serai, memarkan
3 cm jahe, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
8 butir bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
5 buah cabe merah besar, iris serong
15 cabe rawit 
2 sdt garam
1 sdm gula pasir
4 buah tomat hijau, belah 4
1 ikat kemangi
2 batang daun bawang, potong-potong
1 buah jeruk nipis, ambil airnya

Cara Membuat :
- Lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
- Didihkan air, masukkan daun jeruk, daun kunyit, daun pandan, serai, jahe dan lengkuas. 
- Kecilkan api kemudian masukkan bawang merah, bawang putih, cabe merah besar dan cabe rawit. Tutup panci dan biarkan mendidih kembali di atas api kecil.
- Besarkan api, masukkan ikan, tomat hijau, daun bawang, garam dan gula. Masak selama kurang lebih 10  menit hingga meresap (jangan terlalu lama dan terlalu sering diaduk, supaya ikan tidak hancur).
- Menjelang diangkat, masukkan kemangi dan air jeruk nipis. Masak sebentar hingga kemangi layu.
- Hidangkan panas.

Banyak yang mengatakan kalau resep aslinya tanpa gula lho. Tapi bagiku  rasanya kurang pas aja kalau memasak tanpa gula hehehe. Silahkan disesuaikan dengan selera aja ya.
Rasa asamnya memang tidak terlalu kuat, mungkin karena hanya memakai tomat hijau ya. Beda misalnya kita memakai belimbing wuluh (emangnya mau bikin garang asem hihihi). Yang pasti rasanya segar, aroma rempah daunnya kerasa juga. Tapi bukan berarti ikan kuah asang ini harum aroma pandan ya hehehe. Samar aja aroma pandannya, masih kalah dengan rempah yang lain. Disajikan hangat-hangat saat cuaca dingin...enak banget deh.






Happy cooking...selamat mencoba hidangan dari Manado ya ^_^

BANANA BREAD (REPOST)



Bismillahirrohmanirrohim....memulai aktivitas lagi setelah liburan. Sebenarnya liburannya juga gak kemana-mana sih hihihi. Hanya berkumpul di suatu tempat bersama keluarga, tidak ada acara spesial tapi sudah cukup jadi obat jenuh akan aktivitas sehari-hari. Alhamdulillah.
Acara baking pertama di tahun ini, pengennya bikin yang simpel aja tapi enak dan disukai keluarga. Pilihanku jatuh pada banana bread. Pembuatannya cukup mudah dan cepat serta no need to mixer. Banana bread ini masuk dalam kategori "quick bread" karena memang pembuatannya yang cepat apabila dibandingkan dengan proses pembuatan bread yang menggunakan ragi. Walau pembuatannya cukup simpel, rasanya gak simpel lho, alias enaak. Setidaknya itu menurutku sih hehehe.




Banana bread ini memakai resep dari Joy of Baking. Resep ini kayanya juga udah tekenal banget ya hehehe. Aku sudah berulang kali menggunakan resep ini dan selalu puas dengan hasilnya. Menurutku ini anti gagal ya dan rasanya juga enak lho. Resepnya juga sudah pernah diposting disini. Resep asli Joy of Baking bisa dilihat disini. Berikut aku tuliskan lagi resepnya

BANANA BREAD

Bahan :
230 gr tepung terigu serbaguna
100 gr gula pasir
40 gr gula palem
1 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1/4 sdt garam
1/2 sdt kayu manis bubuk
2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
113 gr butter / margarin leleh
450 gr pisang (aku pakai 4 buah pisang cavendish), lumatkan dengan garpu
1 sdt vanilla (aku pakai vanilla susu bubuk)

Topping (optional) :
1 buah pisang, iris tipis
bisa juga memakai keju, chocochips, almond atau kenari, sesuai selera yaa

Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C, siapkan loyang (aku pakai loyang loaf 23x10x7 cm), olesi dasar dan sisinya dengan margarin, taburi dengan sedikit terigu. Sisihkan.
- Dalam sebuah wadah, campur dan ayak terigu, baking powder, soda kue dan garam. Masukkan gula pasir, gula palem, vanilla bubuk dan kayu manis bubuk. Aduk rata dan sisihkan.
- Dalam wadah lain, campurkan pisang yang sudah dilumatkan, telur dan margarin leleh. Aduk rata.
- Masukkan ke dalam campuran tepung, aduk perlahan hanya sampai tercampur rata saja. Teksturnya akan seperti lumpur, tidak perlu sampai halus.
- Tuang adonan ke dalam loyang, taburi topping dan panggang selama kurang lebih 50-60 menit hingga matang (tergantung oven masing-masing ya).
- Lakukan test tusuk dan angkat. Dinginkan.

Teksturnya cukup empuk dan moist. Cocok sebagai teman minum teh di sore hari atau sebagai salah satu menu sarapan. Buat bekal juga oke lho karena banana bread ini cukup mengenyangkan. Aku sengaja melumatkan pisang tidak terlalu halus, jadi lebih terasa pisangnya. Harumnya aroma gula palem, kayu manis dan pisang...yummyyy. Kalau di rumahku, walau sudah bosan makan cake, tapi kalau yang dibuat banana bread ini pasti cepat ludesnya. Anak-anak juga suka banget.






Pasti udah banyak kan yang mencoba resep ini. Buat yang belum pernah nyobain...monggo dipraktekkan resepnya, siapa tau jadi salah satu favorit keluarga.
Happy Baking ^_^