TUMIS SUKA-SUKA



Bismillahirohmanirrohim
Mungkin ada yang heran ya, tumis kaya gini aja kok diposting di blog heheheh. Padahal, yakin banget deh kalau semua juga pasti bisa bikinnya, tinggal iris-iris, cemplang cemplung, mateng deh tumisnya. Tapi...gak apa-apa deh ya kalau postingan gak penting ini dijadikan entry di blog, siapa tau ada yang mupeng liatnya hihihi. Padahal gak yakin juga kalau bakal ada yang mupeng. Kalau gitu mau cerita aja deh ya, janji deh ceritanya dikiiit aja gak panjang-panjang. 

Ceritanya tentu saja tentang si tumis ini. Kebetulan setiap weekend, kami sekeluarga selalu nginap di rumah Mama, karena memang harus menemani Mama dan Papa. Padahal mah aslinya juga tiap hari mondar mandir ke rumah Mama untuk merawat Papa. Nah...setiap weekend itu, berarti isi kulkasku terutama sayur harus sudah bersih. Tentunya kalau sayur dan buah, lebih enak yang fresh kan. Kadangkala kalau belanja kan pasti ada sisanya juga tuh dan yang paling gampang untuk menghabiskan stok sayur di kulkas adalah dengan bikin tumis. Masaknya anti lama dan praktis, cocok banget lah buat aku yang pemalas ini. Seperti misalnya tumis suka-suka yang kubuat ini. Kacang panjang masih ada seuprit, tauge juga tinggal seplastik kecil dan tempe masih sisa 1 blok kecil. Jadinya semua aku campur deh jadi 1, tinggal nambahin bumbu iris, kecap, garam dan gula, udah jadi deh menu baru. Paling enak kalau tumis ini dibuat super pedas dan kebetulan anakku gak suka dengan menu campur aduk ala cowboy gini, jadi bisa lah dibuat pedes banget hihihi. Bahan-bahan yang bisa dibuat tumis suka-suka ala aku antara lain adalah sawi hijau + tauge + tahu, wortel + buncis + telur orak-arik, pokcoy + tahu + wortel dan lain sebagainya. Pokoknya tergantung dengan bahan yang ada di kulkas. Kalau mau yang special, bisa ditambahin ayam, udang, jamur atau teri medan. Kebetulan yang kubuat ini gak special alias biasa-biasa aja hehehe. Untuk bumbu-bumbunya juga gak lepas dari duo bawang, cabe merah, cabe rawit, lengkuas, daun salam, kecap manis dan tentu saja garam serta gula. Bisa juga memakai saus tiram kalau ingin yang rasanya oriental. Namanya juga suka-suka ya, mau pakai cabe hijau pun tetap oke.




TUMIS SUKA-SUKA

Bahan :
Kacang panjang, potong-potong
Tauge / kecambah, siangi dan cuci bersih
Tempe, iris kecil memanjang
Bawang merah, iris tipis
Bawang putih, iris tipis
Lengkuas, memarkan
Daun salam
Cabe merah, iris serong
Cabe rawit, iris halus
Kecap manis
Garam dan gula pasir secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih,lengkuas dan daun salam hingga harum. Masukkan cabe merah dan cabe rawit, aduk hingga rata.
2. Masukkan kacang panjang dan tauge. Masak hingga 1/2 layu.
3. Masukkan tempe, tambahkan kecap manis, garam dan gula pasir. Aduk rata dan test rasa hingga sesuai selera.
4. Angkat dan siap dihidangkan.




Semoga cerita tentang si tumis suka-suka ini gak kepanjangan ya. Semoga semangat baking dan cooking-ku cepat tumbuh lagi, jadi gak lagi posting tentang tumis hehehe.
Happy Cooking ^_^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »