TEMPE SAMBEL KEMANGI



Bismillahirrohmanirrohim
Salah satu menu pembangkit seleraku adalah tempe penyet. Simpel dan sederhana sekali kan. Mudah dibuat, bahannya murah meriah...eh ...tapi sekarang cabe lagi mahal hihihi. Selain tempe penyet, aku suka juga dengan tempe sambel kemangi ini. Miriip banget dengan tempe penyet, bahan-bahannya juga sama, cuma beda bentuk aja. Kalau tempe penyet kan tempenya digoreng tipis kemudian dipenyetkan ke sambel terasi dan dihidangkan dengan lalapan yang biasanya juga pakai kemangi. Sedangkan tempe sambel kemangi ini tempenya dipotong dadu dan digoreng kemudian dicampurkan dengan sambel terasi dan kemangi. Rasanya...mantaap!! Apalagi kalau dibuat super pedes pakai cabe keriting. Karena lagi gak punya cabe keriting, pake cabe merah biasa aja dan banyakin rawitnya. Disajikan dengan nasi hangat dan setelah itu gadoin sayur asem....Subhanallah...nikmat banget.




TEMPE SAMBEL KEMANGI

Bahan :
200 gr tempe, potong dadu
1 sdt garam
1 sdt ketumbar bubuk
minyak goreng secukupnya
kemangi secukupnya

Bahan Sambel :
7 cabe merah
10 cabe rawit
5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt terasi bakar
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 tomat, potong-potong

Cara Membuat :
1. Bumbui tempe dengan garam, ketumbar bubuk dan sedikit air. Biarkan kurang lebih 15 menit hingga meresap kemudian goreng hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
2. Goreng cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, terasi dan tomat hingga layu. Angkat dan tiriskan,
3. Uleg kasar bahan sambal, bumbui dengan garam dan gula pasir.
4. Panaskan sedikit minyak, masukkan sambel dan tempe. Aduk hingga tercampur rata dan test rasa hingga sesuai selera. 
5. Menjelang diangkat, masukkan kemangi, aduk sebentar hingga layu.
6. Angkat dan siap disajikan.







Menu simpel dan praktis tapi nikmaat bagiku. Mungkin bisa jadi salah satu alternatif menu olahan tempe, kadang bosen juga kan kalau tempe dibuat mendoan terus. Eits...tapi aku gak pernah bosan tuh mendoan, apalagi kalau itu mendoan buatan Mamah hihihi.

Happy Cooking

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »