TAHU BUMBU PETIS



Bismillah...
Tahu bumbu petis ini maksudnya bukan tahu goreng yang dimakan dengan colekan petis ya. Ini mirip dengan tahu tek, tahu bumbu, kupat tahu atau ada juga yang bilang lontong tahu. Kalau di Jawa Timur, selain memakai bumbu kacang, juga memakai petis udang dalam bumbunya. Menurutku petis ini memang bikin lebih gurih, tapi memang ada juga yang gak doyan petis. Mungkin karena warnanya itu ya hehehe. It's oke, tanpa petis juga enak kok, tinggal menyesuaikan aja dengan selera.

Kebetulan hari ini pengen bikin tahu telur bumbu petis. Tahu masih banyak, tapi telur tinggal 2 butir, gak punya lontong juga, jadi masaknya menyesuaikan bahan yang ada ya. Karena telurnya cuma dikit, gak bisa dibuat tahu telur model dadar, tapi telurnya berupa serabut-serabut diantara tahunya. Tanpa lontong juga gak apa-apa, udah kenyang juga makan tahu sepiring gini. Kalau mau, bisa juga ditambahkan nasi, jadinya nasi tahu bumbu petis hehehe. Kalau gak suka petis, bisa diskip petisnya ya.




TAHU BUMBU PETIS

Bahan :
2 blok besar tahu, potong dadu
2 butir telur, kocok lepas
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
Minyak goreng 

Bahan Bumbu Petis :
1 genggam kacang tanah, sangrai
2 siung bawang putih, goreng
5 cabe rawit, goreng
1-2 sdt petis udang
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
2-3 sdm kecap manis (sesuaikan selera)
50 ml air (atau secukupnya)

Pelengkap :
kol, iris halus
tauge, siangi dan rebus
seledri, iris halus
bawang goreng
lontong / ketupat (skip)

Cara Membuat :
1. Campurkan tahu dengan telur, bumbui dengan garam dan merica bubuk. Aduk hingga rata dan goreng hingga kecoklatan. Angkat. Bisa dibuat model dadar tahu atau bisa juga digoreng lepas hingga telur membentuk serabut-serabut halus.
2. Uleg kasar kacang tanah sangrai, tambahkan bawang putih dan cabe rawit yang sudah digoreng. Tambahkan petis udang, garam dan gula pasir. Uleg hingga rata.
3. Tambahkan kecap manis, aduk hingga rata kemudian tuang air sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan.
4. Siapkan piring saji, tata tahu di atasnya, beri kol dan tauge. Siram dengan bumbu petis, beri taburan bawang goreng dan seledri.
5. Siap dihidangkan.




Biasanya kalau makan tahu bumbu atau tahu tek model begini, pake krupuk kecil juga sebagai pelengkapnya. Karena aku cuma punya krupuk udang, jadi gak apa donk ya kalau pake krupuk udang aja hehehe. Namanya juga masak-masak sendiri, dimakan sendiri sekeluarga, jadi ya menyesuaikan bahan yang ada aja. Setiap bikin tahu bumbu petis gini, aku selalu membuat 2 macam bumbu, yaitu yang pedas dan tidak pedas buat anak-anak. 

Happy Cooking ^_^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »