MARTABAK MANIS KEJU



Bismillah...
Ini camilan yang kubuat untuk keluargaku beberapa hari yang lalu. Sekarang ini kalau bikin camilan harus milih yang praktis dan kalau bisa cepat. Maklum...sekarang lebih sering "beredar" daripada di rumah hehehe, dan waktu di rumah itu sangat berharga bagiku. Sebisa mungkin tetap masak dan membuat camilan untuk keluarga, walau yang praktis-praktis aja. Jadinya sekarang ini aku lebih banyak mengulang lagi resep-resep yang aku udah hafal, bisa dibilang udah lancar bikinnya gitu heuheuheu, itu bikin tambah cepat kan. Salah satunya adalah martabak manis atau terang bulan. Resep dari Mbak Fifi ini udah sering kubuat dan selalu puas dengan rasanya. Yaah...walau sampai saat ini belum bisa bikin serat martabak yang halus dan heboh, tapi aku udah cocok dengan tekstur dan rasa martabak manis ini. Resepnya dulu sudah pernah kuposting disini. Kali ini aku modif sedikit resepnya dengan menambahkan 1 kuning telur. Hasilnya...jadi lebih empuk. Sayangnya martabak manisnya pucat banget ya, karena aku lagi gak punya pewarna kuning telur, jadinya plain aja. Jadi kalau mau warna martabak manisnya kuning kecoklatan cantik seperti yang dijual abang-abang itu, bisa menambahkan pewarna kuning telur ya.

Kali ini semuanya full aku topping keju request anak-anak. Silahkan disesuaikan dengan selera aja ya, bisa pakai coklat, meises, wijen, kacang tanah cincang atau kalau yang mantap pakai nutella hehehe. Yummyy...





MARTABAK MANIS KEJU
untuk 2 loyang diameter 22 cm

Bahan :
250 gr tepung terigu serbaguna
1 sdt baking powder
75 gr gula pasir
1/4 sdt garam halus
2 kuning telur
350 ml air
1-2 tetes pewarna kuning telur (optional)

Bahan tambahan per loyang :
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue

Bahan taburan per loyang :
1 sdm margarin
1 sdm gula pasir
keju cheddar parut secukupnya
susu kental manis (SKM) secukupnya

Cara Membuat :
- Campur dan ayak tepung terigu beserta baking powder. Tambahkan gula pasir, garam halus dan kuning telur. Aduk hingga rata.
- Beri pewarna kuning telur ke dalam air kemudian tuang air ke dalam adonan, mixer dengan kecepatan rendah hingga lembut.
- Diamkan adonan selama 1 jam. Adonan siap digunakan.
- Panaskan cetakan dengan api kecil hingga benar-benar panas. Bagi adonan menjadi 2 bagian. 
- Sesaat sebelum adonan dituang, masukkan baking powder dan soda kue. Aduk rata. Tuang adonan, biarkan hingga adonan berbusa / berlubang kecil-kecil. Tabur gula dan tutup hingga matang. Angkat.
- Oles terang bulan dengan margarin,keju cheddar dan SKM . Potong 2 bagian sama besar dan tumpuk. Oles bagian kulitnya dengan margarin.
- Siap disajikan.

Notes :
- Cetakan harus dalam keadaan benar-benar panas ya. Sebelum adonan dituang seluruhnya, bisa ditest dengan menuang sedikit adonan.
- Penambahan baking powder dan soda kue ke dalam adonan sebelum dituang tergantung pada ukuran cetakan ya. 1/4 sdt baking powder dan soda kue untuk cetakan ukuran 22 cm.





Fotonya gak banget deh ya huhuhu. Sebenarnya gak ada rencana foto-foto martabak manis ini sih, yang ada akunya lagi fotoin jeruk. Liat martabak manis, akhirnya ikut difotoin deh dengan set yang sama dengan jeruk yang kufoto. Fotoinnya keburu-buru karena mau ke rumah Mama, jadinya gini deh hasilnya hehehe.

Selamat Mencoba ^_^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
Friday, 20 February 2015 at 18:05:00 GMT+7 delete

mbk ini jadi berapa kali martabak nya?
bisa dicetak di teflon ngga?
klo adonan masi sisa bisa disimpan?

Reply
avatar
Monday, 23 February 2015 at 22:57:00 GMT+7 delete

Hai mbak Suci..di resep sudah saya tuliskan untuk 2 loyang ukuran 22 cm.
Adonan bisa disimpan, tapi saya kurang tau maksimal sampai berapa lama

Reply
avatar
Saturday, 27 June 2015 at 11:56:00 GMT+7 delete

Mba kalau masak martabak nya dipanggang di oven bs ga ya?

Reply
avatar