LBT #36 APPLE CINNAMON BREAD PUDDING



Bismillahirrohmanirrohim
Tema LBT #36 bulan ini adalah Puding Panggang. Di Indonesia kita mengenal kalau yang namanya puding identik dengan sajian penutup yang berbahan dasar agar-agar, jelly atau custard dengan tekstur yang lembut. Metode pembuatannya pun beragam, mulai dari yang cukup dengan diaduk-aduk saja, dikukus dan tentu saja dipanggang. Sedangkan di Eropa, puding memiliki cakupan yang lebih luas, yaitu meliputi berbagai hidangan penutup baik itu manis ataupun gurih. Puding atau pudding disana bisa juga berupa cake dengan tekstur lembut yang disajikan dengan ukuran personal dengan berbagai varian rasa. 

Untuk LBT #36 yang temanya puding panggang, sebenarnya sangat beragam, misalnya adalah agar bakar atau yang populer disebut puding casablanca, bread pudding, puding karamel, custard puding dan lain sebagainya. Kali ini aku membuat yang gampang dan simpel aja yaitu apple cinnamon bread pudding. Kebetulan semua bahan ada di rumah, jadi tinggal eksekusi aja.







Bread pudding sebenarnya merupakan salah satu jenis 'hot dessert' yang seharusnya disajikan dalam keadaan panas atau hangat. Tapi menurutku bread pudding enak juga kok disajikan dingin. Teksturnya tetap lembut karena dalam proses pemanggangan menggunakan teknik steam bake atau au bain marie. Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat bread pudding adalah adonan custard atau bahan yang akan disiramkan ke roti. Selama ini aku sering membuat bread pudding, baik yang menggunakan full susu UHT atau yang dicampur dengan krim kental atau whipcream cair. Hasilnya memang lebih enak yang menggunakan whipcream cair. Kadang kalau tidak ada whipcream cair, aku memakai whipcream bubuk yang dicairkan terlebih dahulu. 


Sebenarnya dulu udah pernah bikin juga apple cinnamon bread pudding, tapi kali ini kubuat beda. Filling dan topping apelnya seperti yang dibuat untuk isian apple pie. Sesuai dengan namanya, kalau bisa cinnamon atau kayu manisnya jangan diskip ya, karena ini yang bikin enak. Seperti kalau kita bikin apple pie, kayanya kayu manis tuh wajib dipakai ya. 






APPLE CINNAMON BREAD PUDDING

Bahan :
8 lembar roti tawar gandum, potong 4 bentuk segitiga
350 ml susu cair
250 ml krim kental (whipcream cair)
85-100 gr gula pasir (sesuaikan dengan selera)
4 butir telur
2 kuning telur
3 sdm butter leleh

Bahan Filling & Topping Apel :
3 buah apel, kupas dan iris tipis
1 sdt air lemon (bisa juga pakai air jeruk nipis)
60 gr gula pasir
2 sdm gula palem
1 sdt kayu  manis bubuk
1/8 sdt garam
1 sdm maizena

Cara Membuat Filling & Topping :
1. Campurkan apel dengan air lemon, aduk hingga rata.
2. Masukkan gula pasir, gula palem, kayu manis bubuk dan garam. Aduk hingga rata.
3. Simpan di dalam lemari es kurang lebih selama 15 menit hingga apel berair atau keluar juicenya.
4. Keluarkan dari lemari es, taburi maizena dan aduk hingga rata.
5. Panaskan apel bersama juicenya di atas api kecil hingga mengental dan apel lunak. 
6. Angkat dan siap digunakan.

Cara Membuat Bread Pudding :
1. Panaskan oven 160'C, siapkan loyang atau pinggan tahan panas yang dioles butter atau margarin. Siapkan juga loyang lebar dengan tinggi 3-4 cm untuk proses steam bake.
2. Dalam bowl, campur susu cair, krim kental, gula, telur dan butter leleh. Aduk hingga rata menggunakan whisk.
3. Tata sebagian roti di dasar pinggan, siram dengan sebagian campuran susu. Biarkan sejenak hingga meresap kemudian tata sebagian aple di atasnya.
4. Tata sisa roti di atas apel dan siram kembali dengan sisa campuran susu. Selanjutnya tata sisa apel sebagai topping di atasnya.
5. Panggang dengan cara steam bake (pinggan diletakkan di dalam loyang pendek yang berisi air mendidih) selama kurang lebih 40 menit. Tergantung masing-masing oven ya.
6. Angkat dan siap disajikan hangat atau dingin.

Sebenarnya jadinya lumayan juga lho, aku bikin di beberapa ramekin kecil dan 2 buah ramekin ukuran sedang ini. Seperti biasa kalau bikin bread pudding selalu laris manis ketika hangat, jadi aku harus menyisihkan 1 ramekin sedang ini untuk difoto keesokan harinya heuheuheu.




Happy Baking ....Salam LBT ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »