EVENT MASBAR : VANILLA ROLL CAKE



Bismillahirrohmanirrohim
Nyaris absen dalam event Masbar di Instagram kali ini. Sebenarnya event-nya sudah dimulai sejak bulan lalu dan aku juga juga punya rencana untuk belajar bikin tiger roll cake sebagai setoran ke even ini. Tapi ternyata rencana tinggal rencana, tetap kalah dengan yang namanya sok sibuk dan malas huhuhu. Di hari terakhir masa penyetoran baru ingat kalau belum bikin roll cake...haduuh. Akhirnya bikin roll cake dengan resep andalan yang resepnya sudah dihafal aja, udah gak sempat lagi browsing resep karena kebetulan pas hari terakhir itu juga lagi banyak acara. Daaan...akhirnya lagi-lagi bikin vanilla roll cake ^^

Dulu aku paling takut dengan yang namanya bikin roll cake, karena aku ngerasa pasti gak bisa ngegulungnya. Yang namanya pengen belajar, jadi harus nekad juga kan. Setelah mencoba aku jadi tau kalau ternyata proses menggulung roll cake itu tidak sulit, bisa dilihat kok di youtube cara menggulung roll cake yang asyik. Menurutku yang lebih sulit adalah proses pemanggangan. Tapi ternyata setelah mengenal karakter oven masing-masing, kita bisa sukses kok bikin roll cake. Dulu pertama bikin roll cake, aku belum punya oven gas dan masih menggunakan oven tangkring yang tentu saja tanpa dilengkapi pengatur suhu. Pertama bikin roll cake, kulitnya sukses nempel di kertas roti hihihi. Percobaan kedua, roll cakenya sukses patah waktu digulung, berarti ngovennya kelamaan. Pedekate lagi deh sama oven dan Alhamdulillah yang selanjutnya bisa sukses. Selalu ada acara gagal dan coba ya dalam proses belajar ^^







Resep vanilla roll cake ini sudah beberapa kali aku posting, yaitu resep dari Mama. Udah cocok banget dengan resep ini karena memang lembut dah halus teksturnya. Aku biasanya membuat dengan all in one method, tapi kalau ingin membuat dengan spongecake method juga bisa kok. Resep asli dari Mama juga memakai spongecake method. 

Pas banget di rumah masih ada 9 telur, masih punya buttercream sisa orderan dan ada keju yang bisa dijadikan filling. Tapi ternyata anak-anak minta kalau fillingnya memakai meises...ya wiis turutin aja. Baru tau kan roll cake dengan filling buttercream dan meises hihihi. Walau terdengar aneh, tapi ternyata enaak juga lho. Resepnya aku tuliskan lagi disini ya...

VANILLA ROLL CAKE

Bahan :
9 kuning telur
3 putih telur
90 gr gula pasir
30 gr tepung terigu protein rendah
20 gr maizena
1/2 sdt emulsifier
1 sdt vanilla 
80 gr butter leleh
1/2 sdt pasta coklat untuk motif

Filling :
Bisa memakai selai, buttercream, keju atau ganache

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 190'C, siapkan loyang 28x28x4 cm atau 30x30x4 cm. Oles margarin, alasi kertas roti dan oles lagi. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu dan maizena.
3. Dalam sebuah bowl, kocok semua telur, gula pasir, campuran tepung dan emulsifier hingga mengembang dan kental berjejak. Masukkan vanilla, kocok hingga rata. Matikan mixer.
4. Tuang butter leleh, aduk balik menggunakan spatula hingga rata.
5. Ambil 1 sendok sayur adonan, beri pasta coklat, aduk hingga rata dan masukkan ke dalam piping bag. Gunting sedikit ujungnya.
6. Tuang adonan ke dalam loyang, beri motif di atasnya kemudian panggang selama kurang lebih 15 menit. Tergantung oven masing-masing ya.
7. Setelah matang, angkat dan balikkan di atas serbet bersih, kemudian balikkan lagi di atas rak kawat sehingga permukaan yang berkulit ada di atas. Biarkan hingga dingin.
8. Siapkan kertas roti yang ukurannya lebih besar dari cake atau bisa juga menggunakan serbet bersih, balikkan lagi cake di atasnya. Olesi dengan filling kemudian gulung sambil dipadatkan.
9. Simpan sebentar di lemari es hingga set baru dipotong-potong.

Tips :
- Kunci sukses pembuatan roll cake ada pada proses pemanggangan. Gunakan suhu tinggi sehingga roll cake bisa "berkulit" permukaannya dan waktu pemanggangan tidak terlalu lama.
- Kenali masing-masing oven karena karakter oven berbeda-beda.
- Waktu pemanggangan yang kurang lama mengakibatkan roll cake kulitnya mengelupas jika digulung. Sedangkan waktu pemanggangan yang terlalu lama mengakibatkan tekstur roll cake terlalu kering sehingga ketika digulung mudah retak atau patah.




Silahkan dikreasikan sesuai selera keluarga ya, bisa dibuat roll cake pandan, mocca, coklat ataupun roll cake zebra. 
Selamat mencoba....Happy Baking ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

komentar
Tuesday, 23 December 2014 at 11:53:00 GMT+7 delete

Sy jg srg mba bikin roll cake diisi pake meises hehehhe,roll ini kue yg bikin sy tertarik blajar baking,smpe2 ngebet pengen bs,nyoba berulang x gagal terus,smpe frustasi hikkss,brenti deh berteman sama alat perangnya..smpe akhirnya stahun kmudian ada kberanian mulai lg,dan alhamdulillah skrg udh lancaar..sy jg paling suka pake all in one methode mba,menurutku hslnya lbh halus.maaf ya mbaa,malah curhat ne

Reply
avatar
Saturday, 27 December 2014 at 10:03:00 GMT+7 delete

saya juga sering membuat roll cake kyk gini, tapi saya ganti dengan selai stroberi :) Tapi kalau vanilla kyknya yummy juga

Reply
avatar
Anonymous
Wednesday, 20 May 2015 at 08:14:00 GMT+7 delete

Mba Nina.. Pakai oven gas merk apa yah? Aku lagi cari oven gas tapi masih bingung merk apa. Teriamakasih sebelumnya Mba :)

Reply
avatar
Tuesday, 26 May 2015 at 21:35:00 GMT+7 delete

saya pakai merk Bima Master mbak. Merk yang recomended lainnya GS, itu lebih bagus dari Bima

Reply
avatar