CHOCOLATE BANANA CAKE WITH PEANUT BUTTER ICING



Bismillah....
Oooh...kenapa panjang sekali judul postingan kali ini yak hihihi. Gak apa-apa lah panjang karena biar jelas aja kalau kali ini adalah postingan tentang banana cake coklat yang pakai peanut butter icing. Eh ya...jangan bosan dulu ya dengan postingan peanut butter, karena memang keluargaku suka banget. Setelah kemarin bikin peanut butter sauce buat pancake, bikin peanut butter brownies, kali ini peanut butter icing di banana cake, In shaa Allah...masih ada edisi selanjutnya tentang peanut butter heuheuheu. 

Selain macaroni schotel dan brownies, banana cake adalah salah satu solmed-ku alias akunya doyan banget. Jadi kalau lagi-lagi postingannya tentang makutel, brownies dan bancake...harap maklum ya. Kali ini aku membuat chocolate banana cake dengan resep yang sudah biasa aku buat. Untuk variasi, aku membuat peanut butter icing sebagai toppingnya. Rasanya....sudah pasti enak, apalagi buat penggemar bancake dan peanut butter seperti aku. Abaikan penampilannya yang tidak meyakinkan ini ya, lagi gak punya chocochips, adanya chips yang warnanya hijau kecoklatan gitu yang kalau dilihat-lihat sepintas mirip kacang ijo huhuhu. Monggo kalau ada yang mau mencoba resepnya.




CHOCOLATE BANANA CAKE WITH PEANUT BUTTER ICING

Bahan :
115 gr butter
220 gr gula pasir halus
2 butir telur
1/2 sdt vanilla
230 gr tepung terigu
20 gr coklat bubuk
1/2 sdt soda kue
3-4 buah pisang, lumatkan dengan garpu
65 ml buttermilk (susu + air jeruk nipis)

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang (aku pakai loyang tulban 20cm), olesi margarin dan tabur tipis terigu. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan soda kue. Sisihkan.
3. Kocok butter dan gula hingga lembut, masukkan vanilla dan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
4. Masukkan campuran tepung, aduk rata menggunakan spatula. Jangan overmix ya.
5. Masukkan pisang dan buttermilk. Aduk hingga rata.
6. Tuang ke dalam loyang dan oven hingga matang. Lakukan test tusuk dan test sentuh.
8. Matikan api, biarkan hangat dan keluarkan dari loyang. Dinginkan di atas rak kawat.

Bahan Peanut Butter Icing :
100 gr selai kacang creamy
50 gr gula pasir halus
70 ml susu cair

Cara Membuat Peanut Butter Icing :
1. Letakkan selai kacang di wadah tahan panas, masukkan ke dalam microwave sebentar hingga teksturnya lebih melted atau teksturnya lebih cair. Bisa juga dengan memanaskan sebentar dengan cara ditim di atas kompor.
2. Masukkan gula pasir halus dan susu cair. Aduk hingga rata hingga encer.
3. Siap dituang ke atas cake.




Selamat mencoba ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »