BUTTERMILK PANCAKE



Bismillahirrohmanirrohim
Haloo...apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat ya. In shaa Allah. Kali ini aku mau posting tentang salah satu menu sarapan keluarga kami beberapa hari yang lalu, yaitu pancake. Membuat pancake memang cukup simpel dan cepat, jadi cocok sebagai salah satu menu sarapan. Biasanya dalam waktu sekitar 30 menit, pancake empuk nan hangat sudah siap disajikan di meja makan. Biasanya aku mulai membuat pancake sekitar pukul 5.30 pagi dan sudah siap disantap pada pukul 6 ketika anak-anak mulai sarapan. Jadinya susah banget untuk fotoin pancake, karena biasanya langsung dimakan hehehe. Kebetulan aja kalau ini bisa difotoin karena aku bikinnya agak banyak. Fotonya juga harus cepet-cepet karena pancake memang lebih enak kalau segera dihidangkan.

Bahan-bahan pembuat pancake memang cukup simpel, biasanya terdiri dari terigu, butter, telur, susu, baking powder dan tinggal diaduk-aduk aja. Susu bisa diganti dengan buttermilk, yoghurt atau bahkan krim kental. Bisa juga dengan menambahkan oat sehingga lebih bergizi. Saus dan toppingnya juga bermacam-macam. Bagiku yang paling simpel adalah menikmati pancake dengan madu dan potongan buah segar. Bisa juga memakai saus coklat, maple syrup, dulce de leche atau seperti yang kubuat kali ini yaitu memakai peanut butter sauce atau saus selai kacang. Karena stok buah segar yang kupunya gak cocok untuk dijadikan topping, jadi aku memakai raisin sebagai pelengkapnya. Enak juga ternyata.






Resep buttermilk pancake ini aku dapatkan dari salah 1 ratu dapur di IG, mbakku yang cantik dan baik hati Anita Joyo. Matur nuwun ya mbak Nit ^_^. Aku hanya modif sedikiiit aja.

BUTTERMILK PANCAKE

Bahan :
165 gr tepung terigu serbaguna
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
2 sdt baking powder
250 ml buttermilk (aku pakai homemade, dari susu + air jeruk nipis)
1 butir telur, kocok lepas
1 sdm butter lelehkan
1 sdm minyak

Cara Membuat :
1. Dalam suatu wadah, campur tepung terigu, gula pasir, garam dan baking powder.
2. Buat lubang di tengahnya dan tuang buttermilk. Aduk rata menggunakan whisk.
3. Tambahkan telur, aduk rata hingga halus dan tidak menggumpal.
4. Masukkan butter leleh dan minyak. Aduk rata dan diamkan kurang lebih 15 menit.
5. Panaskan wajan anti lengket, tuang 1 sendok sayur adonan dan ratakan. Kecilkan api dan biarkan adonan hingga berlubang-lubang baru dibalik.
6. Angkat.

PEANUT BUTTER SAUCE 

Bahan :
100 gr selai kacang creamy
2 sdm madu
150 ml susu

Cara Membuat :
1. Panaskan selai kacang dalam microwave selama kurang lebih 1-2 menit hingga teksturnya lembek atau bisa juga dipanaskan sebentar di atas kompor. Sisihkan.
2. Panaskan susu, tidak usah sampai mendidih kemudian masukkan selai kacang. Aduk rata.
3. Tambahkan madu, aduk hingga rata. Siap digunakan.

Cukup mudah dan simpel pembuatannya. Semoga bisa jadi salah satu insipirasi hidangan untuk keluarga ya.
Selamat mencoba ^_^


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar
Wednesday, 10 December 2014 at 00:00:00 GMT+7 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Wednesday, 10 December 2014 at 00:01:00 GMT+7 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Wednesday, 11 March 2015 at 17:21:00 GMT+7 delete

mbak, itu g pake cetakan kok bentuknya bisa cantik gitu ya...pengen bisa bikin cantik kaya gitu.. ada trik khusus g? salam silaturahmi... www.dbento.com

Reply
avatar
Wednesday, 11 March 2015 at 21:20:00 GMT+7 delete

saya cuma pakai teflon kecil aja kok, jadi gak ada trik khusus hehehe. Tebal tipisnya sesuai selera aja yaa

Reply
avatar
Anonymous
Sunday, 9 October 2016 at 18:13:00 GMT+7 delete

Butter ny bisa d ganti pake mentega biasa ga mba?

Reply
avatar