SOTO MIE



Bismillahirrohmanirrohim
Pertama kali tau soto mie, jaman masih nge-kost di Semarang dulu. Bareng teman-teman kost nyobain menu yang waktu itu terasa aneh namanya, soto mie. Ternyata setelah dicobain, enak banget ya. Kuahnya seger, pakai kol, tomat, daging dan tentu saja risol. Kalau dulu sih judulnya soto mie betawi, ternyata yang lebih ngehits soto mie bogor ya. Aku sendiri gak tau bedanya apa antara soto mie betawi dan soto mie bogor. Di tempatku gak ada yang jual soto mie, jadi kalau mau makan soto mie harus nunggu pas mudik dulu hehehe. Kasian yaa. Nah karena suami request soto mie, jadi aku harus belajar juga bikinnya. Kayanya ini bukan termasuk soto mie betawi ataupun soto mie bogor deh, jadinya soto mie abal-abal ala aku hihihi. Biarpun abal-abal..Alhamdulillah laris manis.

Soto mie ini isiannya terdiri dari daging atau kikil sapi yang dipotong-potong, mie kuning, risol bihun, irisan tomat, kol, jeruk nipis, irisan seledri dan daun bawang serta tentu saja bawang goreng. Ada juga yang menambahkan potongan kentang, tapi kali ini aku gak pakai. Pelengkapnya adalah emping.  Karena versi abal-abal, jadi aku bikin aja dengan bahan yang ada aja ya.

Sebelum bikin soto mie, kita bikin risolnya dulu aja yuk. Risol yang dipakai adalah risol yang isinya bihun dan wortel. Ada pula yang menyebutnya risol kampung. Asal jangan pakai amris aja ya untuk soto mie ini.

RISOL BIHUN

Bahan Kulit :
250 gr tepung terigu serba guna
2 butir telur
1/2 sdt garam
500 ml air (bisa ditambahkan sedikit apabila adonan terlalu kental)
2 sdm margarin, lelehkan

Cara Membuat :
1. Campur tepung terigu dan garam, buat lubang di tengahnya dan masukkan telur. Aduk hingga rata.
2. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan halus dan tidak bergerindil. 
3. Masukkan margarin leleh, aduk hingga rata.
4. Panaskan wajan anti lengket dan buat dadar. Lakukan hingga adonan habis.
5. Kulit risol siap digunakan.

Bahan Isian :
200 gr bihun jagung, tuang air panas dan tiriskan
2 buah wortel, potong dadu kecil
7 siung bawang putih, haluskan
5 butir bawang merah, haluskan
1 batang daun bawang, iris halus
1 sdt kecap asin
garam, gula pasir dan merica secukupnya
sedikit air
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah halus hingga harum, masukkan wortel dan sedikit air. Aduk-aduk hingga wortel lunak.
2. Masukkan bihun, bumbui dengan kecap asin, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata dan koreksi rasa.
3. Menjelang diangkat, tambahkan daun bawang, aduk rata.
4. Matikan api dan siap digunakan.

Penyelesaian Risol Bihun :
1. Beri isian pada kulit risol, gulung sambil dipadatkan dan rekatkan ujungnya dengan memakai putih telur atau dengan terigu yang diberi sedikit air. Lakukan hingga habis.
2. Panaskan minyak dan goreng risol hingga berwarna kecoklatan.
3. Angkat dan tiriskan.






Nah...kalau udah bikin risol, kita bisa bikin soto mie-nya atau mau bikin soto mie-nya dulu baru bikin risol juga boleh hahaha. Suka-suka aja deh ya. Kenapa aku bikin risol dulu, soalnya kan waktu menggoreng risol bisa dilakukan bersamaan kita merebus kuah soto mie. Kalau risolnya udah mateng, juga bisa dicemilin kan hihihi.

SOTO MIE

Bahan Soto :
500 gr daging (aku pakai has dan tetelan)
atau ada juga yang pakai kikil
2 helai daun jeruk
1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
2 liter air untuk merebus
garam dan gula pasir  secukupnya
200 gr mie telur (rebus sebentar hingga lunak, tiriskan)
1/2 bonggol kol, iris halus
4 buah tomat, potong-potong
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
7 siung bawang putih
2 sdt garam
2 butir kemiri, sangrai
1/2 sdt merica butiran

Pelengkap :
risol bihun, potong-potong
daun bawang dan seledri, iris halus
jeruk nipis
emping
bawang goreng
kecap manis
sambal

Cara Membuat :
1. Rebus daging atau kikil hingga setengah lunak, angkat daging, potong-potong kemudian saring air kaldunya.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai dan daun jeruk hingga harum dan matang.
3. Rebus kembali daging dalam air kaldu hingga mendidih, kemudian masukkan tumisan bumbu halus. Bumbui garam dan gula, lanjutkan memasak hingga daging empuk serta bumbu meresap. Jangan lupa test rasa ya.
4. Matikan api, siap disajikan.

Penyelesaian :
1. Siapkan mangkok saji, tata mie kuning, daging, kol, irisan tomat, risol bihun, daun bawang, seledri dan bawang goreng. Tuang kuah soto.
2. Sajikan hangat dengan emping, kecap manis, sambal dan perasan jeruk nipis.

Notes :
- Kalau memakai mie basah, tidak perlu direbus dulu ya, cukup diseduh sebentar dengan air panas.
- Pelengkapnya bisa juga memakai tambahan soun dan kentang kukus atau bahkan kripik kentang.

Ini dia racikan soto mie-nya




Tuang kuah hangat...siap untuk disajikan. Seger banget



Biarpun masih belum mirip dengan versi aslinya...Alhamdulillah bisa jadi tombo pengen maem soto mie. Ntar ya kalau pas mudik, makan soto mie lagi ^^

Happy cooking

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »